gk-logo-axisSaya bingung dengan situasi ini. Mulai putus asa. Sudah sampai kepikiran ganti kartu saja. Soalnya berpikir berapa banyak keluar uang kalau saya mengirim banyak SMS.

Oleh: Mochamad Yusuf*

Beberapa hari lalu saya mengalami kejadian yang tidak biasanya. Normalnya setelah kirim 5 SMS, saya dapat bonus 10.000 SMS. Dari sejumlah SMS itu 9.950 SMS untuk ke pengguna AXIS dan 50 SMS ke operator lain. Kirim 5 SMS berarti saya mengeluarkan uang Rp 500. Karena 1 SMS biayanya Rp 100.

Dulu malah 10.000 SMS itu semuanya dapat digunakan ke operator lain. Tapi setelah pergantian skema dari SKA (Sender Keeps All) ke ‘Cost Based’ jadi hanya 50 SMS. Wajar sih… Karena dengan SKA, operator pengirim tidak dikenakan biaya oleh operator penerima, sehingga AXIS tenang saja memberikan 10.000 SMS itu.

Setelah ganti ke ‘Cost Based’, maka operator penerima meminta biaya. Makanya operator pengirim tidak berani gila-gilaan memberikan bonus SMS. Tapi meski begitu, saya bandingkan bonus AXIS masih paling murah dibandingkan operator lain.

Karena itu saya tenang-tenang saja hari itu berSMS. Karena saya pikir, “Toh maksimal hanya mengeluarkan Rp 500.” Lalu saya iseng cek sisa bonus SMS. Betapa terkejutnya saya, karena dikatakan tidak ada bonus. Aneh, padahal sudah lebih dari 5 SMS.

Saya coba kirim-kirim SMS lagi. Tidak dapat juga bonus gratis SMSnya. Saya hitung saya sudah mengirim 15 SMS. Itu berarti sudah mengelurkan Rp 1.500. Makanya kok pulsa saya menyusut dengan cepat. Tapi kejadian ini saya biarkan meski agak heran.

Besoknya saya ngirim SMS lagi. Tapi agak hati-hati. Selalu memantau bonus. Namun sampai saya kirim 7 SMS, bonus SMS tidak kunjung datang. Saya mulai curiga. Ini berarti nggak beres.

Saya cari-cari informasi di internet khususnya ke official website, Facebook dan Twitter AXIS. Ternyata saya menemukan beberapa orang yang mempunyai keluhan yang sama. Saya coba ‘complain’ lewat media ini, namun tidak ada tanggapan. Saya lihat yang lain juga tidak mendapat tanggapan.

Saya bingung dengan situasi ini. Mulai putus asa. Sudah sampai kepikiran ganti kartu saja. Soalnya berpikir berapa banyak keluar uang kalau saya mengirim banyak SMS.

Akhirnya setelah mulai putus asa, saya coba lagi cari informasi di internet. Dan akhirnya saya putuskan ‘complain’ dengan mengirim email lewat tautan di website official AXIS. Ajaib, ada tanggapan meski harus mengisi beberapa informasi yang diminta. Tapi saya tetap tidak terlalu berharap banyak dengan mengirim email keluhan ini.

Akhirnya 2 hari kemudian saya dapat SMS dari AXIS yang menyatakan bahwa keluhan saya sudah diselesaikan. Artinya sudah dapat bonus SMS gratis lagi. Asyiiik… Tapi ada perubahan aturan. Kalau dulu hanya kirim 5, sekarang harus 7 SMS. Tapi bonusnya berbeda. Yakni dapat 200 SMS ke operator lain dan sepuasnya ke pengguna AXIS. Ya, memang tidak disebutkan berapa jumlah sepuasnya itu.

Oke, saya puas meski harus mengeluarkan lebih banyak uang seharinya. Tapi bonusnya lebih banyak lagi. Jadi kalau Anda pengguna AXIS yang tiba-tiba tidak dapat bonus SMS lagi, mungkin saatnya berubah skema gratis SMSnya. Hehehe. [PUTA, 27/11/2013]

~~~
Update terakhir:
Hari ini, Kamis 28/11/2013, saya baru mencobanya dengan mengirim 7 SMS. Dan benar seperti saya tulis, saya langsung dapat bonus SMS. Cuma ketika saya cek bonusnya dengan *889#, untuk ke sesama AXIS pengertian sepuasnya adalah sebanyak 9.800 SMS. Tapi pengalaman saya, saya pernah mencoba kirim SMS gila-gilaan, paling maksimal hanya menghabiskan 6.000 SMS.

~~~
*Mochamad Yusuf adalah online analyst, konsultan tentang ‘online communication’, pembicara publik tentang IT, host radio, pengajar sekaligus praktisi IT. Aktif menulis dan beberapa bukunya telah terbit. Yang terbaru, “Jurus Sakti Memberangus Virus Pada Komputer, Handphone & PDA”. Anda dapat mengikuti aktivitasnya di personal websitenya, http://yusuf.web.id atau di Facebooknya, http://facebook.com/mcd.yusuf.

1 thought on “Bonus SMS yang Berubah di AXIS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *