(ref: sxc.hu)
(ref: sxc.hu)
Interestingly the local brand mobile phone with the same specs with a global brand, the price could be cheaper. It is sring into indecision Indonesian consumers to buy: local or global brands. Moreover, they often added a variety of bonuses such as ‘flipcover’, ‘screen protector’, ‘powerbank’ and others.

Oleh: Mochamad Yusuf*

Saat ini sudah tidak perlu diperdebatkan lagi, apakah perlu memiliki ponsel atau tidak. Karena jelas, ponsel diperlukan sebagai alat komunikasi. Lalu lintas yang macet dan semakin jauhnya jarak, maka komunikasi yang murah dan efisien saat ini adalah lewat ponsel.

Jadi siapapun sekarang ini kalau ditanya pasti butuh ponsel. Apalagi sekarang ponsel yang dijual beragam harganya. Mulai dari murah sampai mahal. Maka segala lapisan masyarakat akan terjangkau dengan harga ponsel yang dijual. Mulai dari murah, medium, mahal sampai premium, ada. Anda tinggal tunjuk.

Ponsel mahal biasanya adalah merk global. Merk global adalah merk yang penjualannya menjangkau seluruh dunia. Bila kita bisa mendapatkan ponsel merk ini di Jakarta, maka juga mudah ditemukan di New York, Tokyo, Berlin atau Beijing.

Sebaliknya ponsel murah biasanya adalah merk lokal. Merk yang hanya dijual di negeri tercinta ini. Jadi kita hanya mendapatkan merk ponsel di Indonesia. Kita tidak dapat membelinya di luar Indonesia. Tidak dijual.

Tapi sejalan waktu, merk global juga menawarkan tipe-tipe ponsel yang murah. Semurah merk lokal. Sebaliknya merk lokal juga membuat produk-produk premium yang dijual mahal. Jadi susah sekarang mengidentifikasi merk global atau merk lokal dari harganya.

Untuk mengecek apakah merk global atau lokal, Anda bisa melihatnya di website-website teknologi luar negeri seperti www.gsmarena.com atau www.phonearena.com. Daftar merk yang terpampang di sana adalah merk global. Bila tidak ada di sana, biasanya itu adalah merk lokal.

Untuk sekedar contoh merk global itu seperti Samsung, Nokia, Motorolla, Sony, ZTE, Huawei, Lenovo dan lainnya. Sedangkan merk lokal itu seperti Mito, Zyrex, Polytron, Axio, SPC dan sebagainya.

Yang menarik ponsel merk lokal ini dengan spesifikasi sama dengan merk global, namun harganya bisa lebih murah. Ini yang sring menjadi kebimbangan konsumen Indonesia untuk membeli merk global atau lokal. Apalagi seringkali masih ditambah beragam bonus seperti ‘flipcover’, ‘screen protector’, ‘powerbank’ dan lain-lain.

Lalu apa yang sebaiknya kita beli? Global atau lokal? Saran saya ada 2.

Bila Anda ingin membeli ponsel untuk jangka waktu lama, Anda bisa membeli merk global. Alasannya, pertama, kualitas merk global relatif baik. Ini karena standar kualitas dan Quality Control (QC) yang menggunakan standar tinggi. Sehingga relatif lebih awet.

Kedua, ‘After Sales’nya yang baik. Bila Anda mengalami masalah dengan ponsel global Anda, maka Anda bisa mengandalkan ‘service center’ resminya. Mereka relatif akan memperbaiki ponsel kita secepatnya tanpa perlu emngeluarkan banyak uang.

Ketiga, update. Bagi Anda yeng menggunakan ponsel pintar seperti Android, dengan menggunakan ponsel merk global, ada harapan untuk selalu mendapatkan update versi terbaru. Meski dari pabriknya sudah tidak ada versi teranyarnya, dari penggunanya kadang dibuatkan update versi terbaru. Tentu saja ini bukan versi resmi. Tapi pengalaman saya kualitasnya juga baik.

Lalu kapan saat Anda perlu membeli ponsel merk lokal?

Anda patut mempertimbangkan merk lokal, bila budget Anda tidak cukup banyak namun tetap ingin mencicipi fitur dan spefisikasi terbaru. Atau Anda termasuk orang yang gampang bosan, karena Anda tidak berniat memiliki ponsel dalam jangka waktu lama. Maksimal Anda hanya ingin menggunakan selama setahun.

Atau Anda hanya ingin menggunakan ponsel dari fitur dasarnya yakni telpon dan SMS. Tidak perlu canggih-canggih. Maka ponsel merk lokal bisa jadi pilihan Anda. Ponsel seperti ini malah sangat murah.

Maka sekarang kembali pada kebutuhan dan tujuan Anda berponsel. Maka itu akan menjadi keputusan Anda membeli ponsel merk global atau lokal. Bagaimana menurut Anda? [GM-MLG, 6/2/2014]

~~~
*Mochamad Yusuf adalah online analyst, konsultan tentang ‘online communication’, pembicara publik tentang IT, host radio, pengajar sekaligus praktisi IT. Aktif menulis dan beberapa bukunya telah terbit. Yang terbaru, “Jurus Sakti Memberangus Virus Pada Komputer, Handphone & PDA”. Anda dapat mengikuti aktivitasnya di personal websitenya, http://yusuf.web.id atau di Facebooknya, http://facebook.com/mcd.yusuf.

1 thought on “Which You Need To Buy: Local or Global Brand Mobile Phone?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *