gk-nokia-5030-1Satu fitur HP yang hampir menggantikan benda berfungsi tersebut adalah radio. Sayangnya kebanyakan harus menancapkan headset sebagai antena. Berikut 5 HP murah dengan radio tanpa antena layak lirik!

Oleh: Mochamad Yusuf*

Suatu saat anda pasti mengalami sebuah peristiwa seperti ini. Anda tak melakukan apa-apa, tapi tak bisa apa-apa. Anda harus menunggu. Yang harus anda melakukan menyibukkan diri. Kejadian ini kerap kali terjadi saat menunggu di ruang dokter, bank atau bandara.

Bisa saja anda membaca atau mengajak ngobrol dengan teman sebelah. Tapi tentu saja seringkali anda tak membawa buku atau bahan bacaan. Bahkan anda sedang tak minat membaca. Mengajak bicara teman sebelah yang belum dikenal bukanlah hal yang mudah. Ada keseganan atau malah ketakutan untuk mengajaknya bicara.

Solusi paling gampang, anda keluarkan handphone dan menikmati dendangan lagu kesayangan. Namun sayangnya tak semua HP memiliki fitur ini. Kalaupun ada harganya tak terjangkau. Kalau terjangkau, kualitasnya tak bagus.

Masalah lain adalah memori yang terbatas, sehingga anda bosan dengan lagu yang itu-itu saja. Atau ingin tak mendengarkan lagu, misal sebuah talk show atau wawancara. Untuk ini, solusinya adalah HP yang memiliki fitur radio.

Sayangnya kebanyakan HP yang memiliki fitur radio, harus mencolokkan headset dulu. Headset ini digunakan sebagai antena. Tanpa headset, radio tak bisa dinikmati. Dan kita tak selalu kita membawa headset. Solusinya HP radio tanpa headset!

Jadi solusinya adalah HP yang memiliki fitur radio tanpa harus menancapkan headset. HP ini memiliki antena internal. Jadi kita tinggal mengaktifkan dan kemudian langsung bisa menikmatinya.

Tak banyak HP seperti ini. Tapi jangan khawatir, saya sudah mencarikan untuk anda. Bahkan saya hanya membatasi HP dengan merk yang terkenal seperti Nokia, LG, Samsung dan Sony Ericsson. Dan semuanya anda bisa mendapatkan tak lebih dari 500 ribu rupiah.

Sudah kebelet ingin mengetahui? Pantau saja 5 HP Bermerk yang memiliki antena radio internal:

1. Nokia 5030 XpressRadio.
Namanya sudah berbau radio. Jadi oleh Nokia sudah dirancang seperti radio betulan. Tinggal on-kan radio, anda sudah bisa menikmati berbagai stasiun favorit.
Fasilitas tambahan: lampu senter.
Harga: sekitar 375.000.

2. LG GB110
HP ini tak hanya memiliki fitur hiburan radio saja, tapi juga mp3 player. Hebatnya juga sudah dilengkapi dengan slot memori eksternal. Jadi anda punya kesempatan untuk menambah koleksi lagunya.
Fasilitas tambahan: mp3 player, kamera vga.
Harga: sekitar 425.000.

3. LG GB106
HP ini sepertinya versi murah dari LG GB11o di atas. Karenanya fitur tambahan LG GB110 dilolosi, jadi tinggal fitur radio. Sehingga anda bisa mendapatkan harga lebih murah 100.000.
Fasilitas tambahan: -.
Harga: sekitar 325.000.

4. Samsung E2120
Sungguh tepat bunyi iklannya, “hape komplit, harga siip”. Karena selain radio, juga ada kamera dan mp3 player. Harga juga terjangkau.
Fasilitas tambahan: mp3 player, kamera vga.
Harga: sekitar 500.000.

5. Sony Ericsson R300
R untuk radio mungkin. Karenanya HP ini dirancang bisa mendengarkan radio tanpa headset. Asyiknya fitur kamera dan mp3 player juga tersedia.
Fasilitas tambahan: mp3 player, kamera vga.
Harga: sekitar 450.000. [TSA, 28/3/2010 tengah malam]

~~~
*Mochamad Yusuf adalah online analyst, pembicara publik, host radio, pengajar sekaligus praktisi TI di SAM Design. Aktif menulis dan bukunya telah terbit, “99 Jurus Sukses Mengembangkan Bisnis Lewat Internet”. Anda dapat mengikuti aktivitasnya di personal websitenya atau di Facebooknya.