(ref: sxc.hu)

(ref: sxc.hu)

Hehehe. Saya yang mendengar dia bertanya seperti ini jadi geli. Lho, kok nomor sendiri sampai lupa? Sebenarnya saya sering menemukan peristiwa seperti ini. Lupa atau malah tidak tahu nomor HPnya sendiri.

Oleh: Mochamad Yusuf*

Suatu saat bertemu dengan teman lama sekolah. Setelah ngobrol-ngobrol, saya tanya nomor HPnya untuk komunikasi di kemudian hari. Dia sempat bingung dan otak-atik ponselnya, akhirnya dia bertanya pada suaminya, “Pa, berapa ya nomor HPku?”

Hehehe. Saya yang mendengar dia bertanya seperti ini jadi geli. Lho, kok nomor sendiri sampai lupa? Sebenarnya saya sering menemukan peristiwa seperti ini. Lupa atau malah tidak tahu nomor HPnya sendiri. Mungkin bagi mereka bisa mencarinya di daftar kontak.

Tapi kemarin saya juga mengalami kejadian seperti ini.

Saya punya sebuah nomor yang saya pakai khusus untuk internetan. Jadi sejak beli langsung tancap di modem. Lalu kemarin saya butuh nomor ini untuk mencoba kirim SMS, karena masih 1 operator. Maka saya tancapkan SIM cardnya pada ponsel saya yang lain.

Dan mulailah saya bersiap mengirim sms ke ‘nomor cabutan’ ini. Tapi eits,… berapa ya nomor untuk internetan ini? Saya caru di daftar kontak juga tidak ada. Mau buat telpon atau SMS supaya muncul nomornya, tidak dapat karena pulsa sudah habis. Rp 0. Akhirnya saya putuskan cari informasi internetan. Akhirnya ketemu.

Ternyata mudah. Dan tidak perlu keluar pulsa. Berikut cara mengetahui nomor HP/ponsel sendiri berdasar ketentuan masing-masing operator sendiri.

Operator GSM

  • Telkomsel (Simpati dan As)
    Ketik: *808# lalu Yes / Call
  • Indosat (IM3 dan Mentari)
    Ketik: *777*8# lalu Yes/Call
  • XL
    Ketik: *123*22*1*1# lalu Yes / Call
  • Axis
    Ketik: *2# lalu Yes / Call
  • Three
    Ketik: *998# lalu Yes / Call

Operator CDMA (Flexi, Esia, StarOne, Smart dan Fren)

  • Pasang simcard di ponsel Nokia. Lalu ketik: *3001#kode pengaman#. Contoh : *3001#12345# Lalu tunggu sampai keluar ‘Menu’. Pilih NAM1 kemudian geser kebawah pilih “Own number (MDN)

Saya sudah mencobanya, kecuali nomor Indosat dan CDMA, karena tidak punya nomor operator tersebut. Semuanya berhasil. Selamat mencoba. [SUMA, 10/9/2013]

~~~
*Mochamad Yusuf adalah online analyst, konsultan tentang online communication, pembicara publik tentang IT, host radio, pengajar sekaligus praktisi IT. Aktif menulis dan beberapa bukunya telah terbit. Yang terbaru, “Jurus Sakti Memberangus Virus Pada Komputer, Handphone & PDA”. Anda dapat mengikuti aktivitasnya di personal websitenya, http://www.yusuf.web.id atau di Facebooknya, http://www.facebook.com/mcd.yusuf.