Enerlife [16]: 5 Teman Yang Harus Dihindari Dalam Bekerja

Home / Artikel / Motivasi & Inspirasi / Enerlife [16]: 5 Teman Yang Harus Dihindari Dalam Bekerja

(ref: sxc.hu)
(ref: sxc.hu)
Setiap orang pasti ingin sukses dalam pekerjaannya. Namun ternyata tidak semua orang bisa mencapainya, kebanyakan karena sikap atau perilaku yang dimiliki. Bisa jadi dulu dia tidak memiliki sikap demikian. Tapi karena bergaul dengan teman-teman kantor tertentu yang memberi dampak buruk pada sikap dan perilaku tanpa disadari.

Oleh: Mochamad Yusuf*

Karena itu berhati-hatilah dengan 5 teman yang memiliki ciri-ciri berikut. Mereka kerapkali memberi dampak buruk pada karir Anda. Karena itu lebih baik dihindari saja.

1. Si Pecundang Yang Selalu Berpikir Negatif
Setiap kali kita berhasil dalam pekerjaan atau mendapatkan pujian dari si bos, pasti ada saja teman kerja yang sirik dengan hal ini. Mereka berpikir kita mendapatkannya dengan cara yang tidak baik. Atau karena adanya dukungan dari seseorang yang punya posisi kuat. Bahkan mencibirnya karena keberuntungan semata.

Kita tak dapat menghentikan atau mengubah pikiran orang-orang seperti ini. Kadang mereka seperti tidak dapat disadarkan. Maka lebih baik, Anda hindari saja mereka. Daripada menjadi pecundang juga.

2. Si Biang Gosip
Kalau bertemu dengan tipe teman kantor seperti ini maka ujung-ujungnya juga ikutan bergosip dan ngomongin orang. Ada gosip ringan dan ada juga gosip yang sudah menjurus ke arah bahaya. Jika Anda sudah masuk ke dalam kelompok orang-orang seperti ini, maka dijamin karier Anda pasti kacau.

3. Orang Yang Sedikit-Sedikit Minta Maaf
Pernah lihat sinetron komedi “Bajaj Bajuri”? Ada salah satu tokoh wanita yang sedikit-sedikit minta maaf. Sebenarnya salahkah meminta maaf? Tentu tidak salah selama Anda memang benar-benar sudah melakukan sesuatu yang salah. Namun ketika tak melakukan kesalahan apa gunanya minta maaf?

Mungkin Anda sering mendengar atau justru sering melakukannya permintaan maaf tanpa kesalahan ini. Misalnya, “Maaf ya kalau presentasi saya kurang keren,” “Maaf ya kalau pekerjaan saya kurang bagus,” “Maaf ya kalau website saya kurang menarik,” dan lain-lainnya.

Kata-kata maaf di kalimat ini tidak salah karena Anda tak bermaksud untuk sombong (sekalipun pekerjaan Anda sangatlah bagus). Sebaliknya, justru kalimat ini menunjukkan kepercayaan diri yang sangat rendah. Yang harus dilakukan adalah jadi lebih percaya diri, tetapi tidak sombong. Berteman dengan mereka, hanya mengurangi kepercayaan diri kita sedikit demi sedikit.

4. Orang Yang Apatis
Orang yang apatis ini adalah hanya mementingkan kepentingan sendiri. Tidak peduli dengan orang lain. Bahkan juga dengan kepentingan perusahaan. Dengan kata lain mereka egois.

Anda mungkin pernah menjadi korban si apatis saat bekerja. Salah satunya mungkin dengan kalimat “Kamu lembur yah, tolong kerjakan yang ini soalnya saya harus pulang cepat. Anak-anak sudah menunggu.” Apa maksudnya sih? Setiap orang kan juga punya urusan, tetapi tidak begini caranya. Tak ada salahnya sesekali mengasihani orang-orang seperti ini, tapi usahakan agar Anda tak jadi rekan kerja yang apatis juga.

5. Orang Yang Terlalu Takut
Banyak orang bersedia melekukan hal yang konyol kalau mereka takut. Orang-orang seperti inilah yang akan menyebabkan masalah serius di tempat kerja. Misalnya ketika mereka takut dipecat, maka ketika kantor menemukan sebuah kesalahan dalam pekerjaan tim, jangan kaget kalau ia akan menumpukan semua kesalahan pada Anda. Orang seperti ini akan selalu mencari aman untuk posisinya sendiri sekalipun mereka harus mengorbankan Anda. Jadi lebih baik jangan berteman dengan mereka.

Jadi bila Anda ingin sukses dalam pekerjaan, jangan berteman dengan mereka. Karena berteman dengan mereka akan menulari sikap dan perilaku buruknya pada Anda. Yang nantinya bisa saja berdampak buruk pada karir Anda. Semoga sukses! [PUTA, 18/11/2013]

~~~
Enerlife, ‘Energize Your Life’, adalah tulisan motivasi bermaksud mencerahkan pikiran dan hati. Serta memberi motivasi kesuksesan hidup. Anda bisa membaca artikel Enerlife lainnya di: http://EnerLife.web.id.

~~~
*Mochamad Yusuf adalah online analyst, konsultan tentang online communication, pembicara publik tentang II, host radio, pengajar sekaligus praktisi IT. Aktif menulis dan beberapa bukunya telah terbit. Yang terbaru, “Jurus Sakti Memberangus Virus Pada Komputer, Handphone & PDA”. Anda dapat mengikuti aktivitasnya di personal websitenya, http://yusuf.web.id atau di Facebooknya, http://facebook.com/mcd.yusuf.

3 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

-->