Namun mulai tadi pagi, aturan ini berubah. Tadi pagi saat saya mengirim sms ke-5 tak ada balasan sms yang memberikan informasi gratis 10.000 sms seperti biasanya. Saya kirim lagi, juga tak ada.

Oleh: Mochamad Yusuf*

Sudah lebih dari 3 tahun saya menikmati kemudahan yang diberikan oleh operator seluler Axis. Kemudahan itu adalah pemberian bonus 10.000 sms gratis ke semua operator setelah mengirimkan 5 sms.

Bonus ini diberikan langsung setelah pengiriman sms ke-5. Tak ada batasan waktu. Dan bonus juga langsung diberikan tanpa ada batasan waktu. Bonus itu bisa dipakai selama seharian sampai pukul 00.00 tengah malam.

Jadi bila kita mengirim sms pada pukul 00.05, maka kita sudah dapat menikmati pengiriman sms ke seluruh operator gratis detik itu juga. Dan berlaku sampai tengah malam nanti.

Demikian juga kalau kita mengirim sms ke-5 saat pukul 23.55, maka diberi bonus gratis 10.000 sms ke seluruh operator sampai pukul 23.59. Perhitungannya sederhana. Tak berbelit. Dan tanpa banyak aturan.

Namun mulai tadi pagi, aturan ini berubah. Tadi pagi saat saya mengirim sms ke-5 tak ada balasan sms yang memberikan informasi gratis 10.000 sms seperti biasanya. Saya kirim lagi, juga tak ada.

Setelah sampai kantor, saya cek bonus yang diberikan oleh Axis. Ternyata ada perubahan informasi. Karena masih belum jelas, saya masuk ke website resminya axis, axisworld.co.id, juga tak ada informasi di sana. Demikian juga saat masuk ke fanpage Facebook, juga tak ada. Meski banyak pertanyaan, keluhan bahkan makian yang dipostingkan oleh pelanggannnya.

Akhirnya saya coba chatting via website. Juga tidak bisa nyambung. Malah menuju ke sebuah form kontak. Maka dengan tak berharap, saya kirim pertanyaan saya. Saya ragu dapat balasan.

Namun ternyata ada balasan. Ternyata memang ada perubahan kebijakan. Tapi meski begitu, saya pikir Axis tetap baik. Karena dia tetap memberikan bonus, meski tak sebanyak itu. Yakni 30 sms ke semua operator. Dan 10.000 sms ke sesama Axis.

Saya hitung, dari ketentuan yang diminta, dia hanya mendapat untung Rp 10,-. Sedikit sekali. Ini gara-gara kebijakan pemerintah, dimana dulu pengiriman sms menggunakan skema SKA (Sender Keeps All). Artinya biaya pengiriman antar operator tak dikenakan biaya oleh penerima sms. Jadi meski lintas operator, operator lain penerima tak meminta biaya.

Sekarang skema itu berubah sejak 1 Juni tadi malam. Yakni berubah menjadi cost based. Artinya pihak operator penerima akan meminta bayaran senilai Rp 23. Jadi kalau lintas operator, maka Axis mau tidak mau membayar sebesar itu. Lha, kalau gratis 10.000 sms ke operator lain, maka Axis akan dicharge sebesar Rp 230.000,- Tentu Axis tak mungkin memberikan subsidi sebesar itu.

Persyaratan pengiriman sebanyak 7 sms akan menjadi pemasukan sebesar Rp 700,- Kalau gratis 30 sms, itu berarti harus diberikan ke operator lain sebesar Rp 690,- Artinya Axis hanya untung Rp 10,- Itu artinya sama dengan gratis. Apalagi tetap diberikan gratis 10.000 sms ke sesama Axis.

Jadi saya putuskan tetap memakai Axis. Karena sementara ini masih menguntungkan. Tapi entah nanti, kalau ada promosi dari operator lain yang lebih menggiurkan. Hehehe.

Berikut email jawaban resmi dari Axis:

From: AXIS Customer Service
To: “[email protected]
CC: AXIS Customer Service
Date: Fri, 1 Jun 2012 11:13:35 +0700
Subject: 21/I/01062012/LG-RE: Live Support: Leave a Message

Bapak Mochamad Yusuf,

Menanggapi email yang Bapak sampaikan, saya Lerry akan membantu Bapak Yusuf. Pertanyaan Bapak berikut detail penjelasannya, tanggal 1 Juni bapak tetap bisa mendapatkan bonus SMS sepuasnya ke sesama AXIS dan bonus SMS ke operator lain dengan jumlah yang disesuaikan dengan daerah Bapak. Berikut kami informasikan untuk tarif telpon dan SMS yang berlaku di Jawa dan Bali :

Tarif

Telepon: Rp. 10/detik dengan pembulatan tarif per 25 detik
SMS: Rp. 100/SMS dan setelah penggunaan SMS Rp. 700 tarif SMS ke operator lain menjadi Rp. 40/SMS
Internet: Rp. 2/KB

Cara mendapatkan bonus :

Telepon & SMS
•Penggunaan Rp 2.000 baik telpon dan SMS
•Bonus : Telpon dan SMS sepuasnya ke sesama AXIS, 30 SMS ke operator lain.

Telepon ke sesama AXIS
•Penggunaan panggilan Rp 1.500 ke sesama AXIS
•Bonus : Telpon sepuasnya ke sesama AXIS

SMS
•Penggunaan Rp 700
•Bonus: SMS sepuasnya ke sesama AXIS dan 30 SMS ke operator lain.

Internet
•Penggunaan Rp 3.500 akan mendapatkan gratis internet sepuasnya

Tarif AXIS yang berlaku di luar Jawa dan Bali silahkan Bapak/Ibu membuka link ini http://www.axisworld.co.id/DijaminHemat .

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bisa membantu Bapak Mochamad Yusuf.

Untuk info lebih lanjut Bapak juga dapat menghubungi layanan pelanggan kami di 838 dari nomor AXIS, atau 0838 8000 838 dari nomor telepon lain, atau AXIS Online Chat Center di http://net.axisworld.co.id, atau kunjungi website kami di www.axisworld.co.id. Dan nikmati selalu penawaran terbaik dari AXIS.

Salam,

Lerry
Layanan Pelanggan AXIS
E-mail: [email protected]
Website: www.axisworld.co.id
AXISnet: http://net.axisworld.co.id
Twitter: @ask_AXIS

—–Original Message—–
Sent: Friday, June 01, 2012 9:18 AM
To: AXIS Customer Service
Subject: Live Support: Leave a Message

Message to Enquiry:

Hari ini saya sudah mengirim 5 sms, tapi kok tak ada pemberitahuan gratis 10.000 sms ke semua operator lagi? Apa ada kebijakan baru?

======= Visitor Information =======

Name: 628385666xxx – Mochamad Yusuf
Email: [email protected]
Clicked From:
Total Footprints: 0

======
Message sent via AXIS Online Chat Center – leave a message.

[TSA, 31/05/2012 subuh]

~~~
*Mochamad Yusuf adalah online analyst, pembicara publik IT, host radio, pengajar sekaligus praktisi TI. Aktif menulis dan beberapa bukunya telah terbit. Yang terbaru, “Jurus Sakti Memberangus Virus Pada Komputer, Handphone & PDA”. Anda dapat mengikuti aktivitasnya di personal websitenya, http://yusuf.web.id atau di Facebooknya, http://facebook.com/mcd.yusuf .