gk-berkomputerAnda mencari langganan internet unlimited murah? Tulisan yang saya buat ini mungkin berguna. Saya meriset dan membandingkan dial-up, ADSL, TV kabel sampai seluler. Siapakah yang paling murah?

Oleh: Mochamad Yusuf*

Seorang teman sedang mencari langganan internet unlimited yang murah. Dulunya dia merasa cukup berinternet di kantor, sekarang merasa pula harus memasang internet di rumah. Karena anaknya, yang sebenarnya masih duduk di SD, sudah sering memerlukan internet untuk pengerjaan tugasnya.

Selama ini dia mengerjakan di sekolah. Sekolahnya memang sudah dilengkapi internet bahkan ada jangkauan wifinya. Tapi kalau di rumah, anaknya harus pergi ke warnet. Pakai dial up telpon terlalu pelan dan mahal.

Dia mengeluh ke saya untuk dicarikan solusinya. Akhirnya setelah riset dan tanya-tanya, saya memberikan beberapa alternatif solusi padanya. Mungkin ini juga yang anda cari selama ini. Jadi semoga tulisan ini berguna bagi anda.

~~~
Pertama saya harus menghapus alternatif dial-up TelkomNet. Sebenarnya sudah lumayan murah, karena beberapa waktu lalu dia menurunkan tarifnya secara signifikan. Tapi apapun, kecepatan melalui kabel analog ini maksimal hanya 56,6 kbps. Jadi kecepatan normalnya bisa lebih rendah daripada itu. Membuka website yang kompleks seperti Facebook, bisa cukup lama loadingnya.

Lalu saya coba alternatif bundling dengan TV kabel. Ini masih relatif mahal, dan tak semua daerah terjangkau. Alternatifnya hanyalah Speedy. Selain cepat dan cukup stabil, harganya relatif terjangkau. Apalagi langganan pas ada promo paket. Inilah yang saya rekomendasikan ke dia. Tapi kalau mencari langganan unlimited yang murah, Speedy masih mahal.

Untunglah saat ini persaingan seluler sangatlah sengit. Mereka jor-joran harga tidak hanya langganan suara tapi juga data. Bahkan ada tawaran bundling dengan HP atau netbook dengan iming-iming akses internet unlimited gratis selama beberapa waktu. Setelah habis waktu promonya pun, sebenarnya cukup murah.

Di sini saya tawarkan ke teman saya, solusi menggunakan Smart dan Mobi-nya Fren. Untuk Smart langganan internet ulimited hanya 45.000/bulan. Kecepatan maksimal 153,6 kbps. Jadi lebih kencang dibanding TelkomNet. Kalau mau lebih kencang dengan kecepatan 512 kbps, cukup menambah 30.000.

Sedangkan Mobil hanya 50.000 per bulan. Namun ini pakai kuota. Meski begitu setelah mencapai kuota, tidak berhenti aksesnya cuma kecepatannya turun setara TelkomNet. Kalau mau lebih besar kuotanya, bisa berlangganan paket di atasnya. Yang lebih mahal sedikit adalah paket 100.000 per bulan.

Kalau mau lebih murah resepnya beli pake bundling HP-nya mereka. Karena biasanya ada paket gratis internetnya. Misal dengan beli HP ZTE C261 bundling Smart yang harganya 450.000 sudah dapat langganan internet selama 3 bulan.

Tentu saja berlangganan dengan operator seluler khususnya CDMA kecepatannya dipengaruhi banyak hal. Yakni lokasi karena berhubungan dengan cakupan BTS, jumlah pelanggan di daerah situ, waktu bahkan cuaca. Saran saya coba pinjam atau beli yang murah dulu untuk mencoba. Bila lokasi anda cepat, barulah anda investasi/beli yang lebih bagus lagi.

Oke, semoga tulisan ini berguna. Selamat mencoba! [TSA, 15/1/2010 subuh]

~~~
*Mochamad Yusuf adalah konsultan senior TI, pembicara publik, host radio, pengajar sekaligus developer website & software SAM Design. Aktif menulis dan bukunya telah terbit, “99 Jurus Sukses Mengembangkan Bisnis Lewat Internet”. Anda dapat mengikuti aktivitasnya di personal websitenya atau di profil Facebooknya.

1 total views, 1 views today

21 thoughts on “Mencari Langganan Internet Unlimited Murah

  1. yg paling mudah, murah, stabil dan nyaman adalah langganan speedy unlimited paket 512 kbps. cuma 150 500 rupiah/bulan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *