(ref: sxc.hu)

(ref: sxc.hu)

“Kasihan banget ceweknya,” kata seorang teman. “Bukan,” tukas teman lain, “Itu rezeki bagi yang cowok.” “Salah semua. Ini bukan istrinya, tapi WILnya. Dia kaya, dia bisa melakukan apa saja,” jawab teman lain.

Oleh: Mochamad Yusuf*

Brodin meninggal dunia. Karena merasa banyak dosa, dia takut akan ditempatkan di neraka. Saat di akhirat, dia disambut malaikat. Bersama malaikat dia diantar ke tempat akhirnya. Sebuah sel di neraka.

Dalam perjalanan dia melihat ada Wonokairun. Dia ditempatkan di sebuah sel bersama Marilyn Monroe, artis Amerika yang terkenal cantik dan sexy. Melihat hal ini, Brodin tenang. Karena dia tahu Wonokairun banyak dosanya seperti dirinya. Berarti neraka nggak terlalu parah keadaannya, pikir Brodin.

Akhirnya sampailah di tempat akhir dari Brodin. Tapi alangkah kagetnya dia, karena dia ditemani dengan Mak Lampir, nenek jelek dan jakat bagai tukang sihir. Melihat hal ini Brodin protes ke malaikat, “Lho Wonokairun yang dosanya banyak ditempatkan bersama Marilyn Monroe? Sedangkan aku kok bersama Mak Lampir?” “Oh itu. Itu bukan selnya Wonokairun, tapi Marilyn Monroe. Marilyn Monroe-lah yang dihukum dengan diberi Wonokairun.” Hehehe.

Guyonan ala ‘Mati Ketawa Cara Rusia’ ini saya ceritakan saat seorang kita ngerumpi ria di sebuah restoran. Di tempat itu kita membicarakan sepasang pengunjung yang barusan datang dan melewati kita. Yakni seorang cewek cantik nan seksi namun ditemani seorang lelaki yang jelek banget.

“Kasihan banget ceweknya,” kata seorang teman. “Bukan,” tukas teman lain, “Itu rezeki bagi yang cowok.” “Salah semua. Ini bukan istrinya, tapi WILnya. Dia kaya, dia bisa melakukan apa saja,” jawab teman lain. “Bagaimana kalau dia memang istri sahnya?” tanya saya. Semua diam. Ya, melihat gelagat mereka memang seperti pasangan suami istri yang sah.

Dalam dunia ini kita sering menemukan pasangan yang jomplang seperti ini. Jomplang kalau dilihat secara fisik. Salah satunya sepertinya tidak pantas bagi yang lain. Yang satu cantik dan satunya jelek. Atau yang satu ganteng dan satunya jelek. Saya berpikir apa yang menjadi rahasia dari jodoh seperti ini.

Pertama, tentu saja kita hanya melihatnya dari luar. Tidak tahu bagaimana sejatinya saat menikah dengannya. Bisa jadi yang bagi orang lain itu adalah rezeki dan dicemburui banyak orang, sebenarnya itu adalah neraka. Karena si cantik atau si ganteng tidak memberikan kebahagiaan tapi malah kesengsaraan dan nestapa bagi pasangannya.

Saya kadang berpikir kenapa bunga Mawar yang indah dan harum itu ada durinya? Saya kira itu bagian dari dirinya. Kalau ingin dapat Mawar, ya siap-siap terluka kena duri. Itu bagian dari kosekuensi dengan memiliki Mawar. tentu saja, tidak semua bunga yang indah dan harum akan mencelakainya yang ingin memilikinya.

Demikian juga pasangan yang memiliki suami ganteng atau istri cantik, bisa saja dia juga ganteng/cantik akhlaknya. Kalau seperti ini tentu bagaikan surga, meski surga akhirat belum dimasukinya.

Yang kedua, jawabannya ini baru saya baca dari sebuah buku beberapa hari lalu. Buku ini berisi kisah-kisah nyata yang berkaitan dengan sufi. Kisah yang berkaitan dengan tokoh-tokoh agama Islam yang bisa meningatkan kadar keimanan kita.

Ceritanya hampir mirip dengan kejadian di restoran itu. Ada seorang pria yang jelek dan tua. Dia memiliki istri yang masih muda, cantik dan seksi.

Saat ditanya orang-orang bagaimana perasaan mereka khususnya sang wanita, dia menjawab, “Ini adalah ujian bagi kami. Kalau saya harusnya bersabar. Sedangkan bagi suami harusnya beryukur. Kalau kita lakukan hal itu adalah kebaikan bagi kita. Bukankah sabar dan syukur jalan menuju surga? Tidakkah aku harus bersyukur atas semua karunia yang diberikan Tuhan padaku?”

Jadi sebenarnya memiliki suami ganteng atau istri cantik adalah ujian. Bisakah kita sukses melewati ujian itu? [TSA, 27/1/2013 subuh. Ditulis menggunakan tablet]

~~~
Artikel ini bagian dari serial ‘Misteri Cinta dan Jodoh’. Inginnya sih saya membuat sampai 99 artikel dan dijadikan buku. Kenapa tidak? Bila Anda suka, Anda bisa membaca tulisan lainnya serial ini di http://enerlife.web.id/category/cinta-dan-jodoh/. Jadi pantau terus ya!

~~~
*Mochamad Yusuf adalah online analyst, konsultan tentang online communication, pembicara publik tentang TI, host radio, pengajar sekaligus praktisi TI. Aktif menulis dan beberapa bukunya telah terbit. Yang terbaru, “Jurus Sakti Memberangus Virus Pada Komputer, Handphone & PDA”. Anda dapat mengikuti aktivitasnya di personal websitenya, http://yusuf.web.id atau di Facebooknya, http://facebook.com/mcd.yusuf.