gk-facebookSebenarnya sebelum Facebook heboh, sudah ada beberapa portal jejaring sosial yang sudah ada. Bahkan sebelumnya mereka lebih eksis dan lebih tenar. Tapi lambat laun memang kalah dengan Facebook ini.

Oleh: Mochamad Yusuf*

Tak dapat dipungkiri, kalau Facebook telah menjangkiti para pengakses internet. Demam Facebook telah mewabah ke seluruh negeri bahkan dunia. Orang-orang keranjingan mengutak-atik status, berkomentar, bermain, berdiskusi, berbagi foto dan lainnya. Baik dengan teman lama atau teman baru. Atau teman yang sudah kenal atau barusan kenal secara maya.

Demam Facebook semakin menggila setelah banyak dukungan dan kemudahan. Seperti handphone yang mempunyai aplikasi Facebook sendiri. Atau tawaran dari operator seluler yang bisa berkoneksi ke Facebook langsung via sms. Bahkan terakhir ada tawaran ber-Facebook gratis seumur hidup (eh seumur masa aktif kartunya).

Namun sebenarnya sebelum Facebook heboh, sudah ada beberapa portal jejaring sosial yang sudah ada. Bahkan mereka eksis terlebih dahulu. Tapi lambat laun memang kalah dengan Facebook. Kesuksesan Facebook itu juga mendorong yang lain mengikuti.

Bila anda tak puas dengan Facebook atau ingin mencoba atau minimal mencicipi portal selain Facebook, bisa menjajal portal jejaring sosial alternatif berikut ini:

friendster_com mochamad yusuf

1. Friendster
www.Friendster.com atau m.Friendster.com
Sebenarnya Friendster sudah hadir jauh sebelum facebook. Bahkan menjadi favorit bagi pengguna Indonesia. Bahkan Indonesia menduduki ranking 1 pengguna Friendster terbanyak se-Asia.

Karena pamornya yang menurun, sejak awal desember 2009, Friendster telah merombak habis-habisan tampilannya. Tampilannya ini menjadi lebih menarik, lebih mudah dan sederhana. Entah apakah perubahan ini akan berpengaruh pada jumlah penggunanya ke depan.

myspace_com mochamad yusuf

2. MySpace
www.MySpace.com atau m.MySpace.com
Ini juga hadir jauh sebelum Facebook. Memang tidak menjadi favorit bagi pengguna Indonesia. Tapi di luar Indonesia, portal ini menjadi favorit sebelum hadirnya Facebook. Situs yang didirikan Tom Anderson, pemuda asal California, kental dengan nuansa biru. Secara keseluruhan, pengguna MySpace adalah pesaing terdekat dari Facebook. Meski lambat laun jaraknya semakin lebar.

mypulau_com mochamad yusuf

3. MyPulau
www.MyPulau.com
Inilah portal jejaring sosial milik negara kita tercinta, Indonesia. MyPulau dibuat oleh Telkomsel, salah satu operator seluler. Meski buatan negeri sendiri, fiturnya tak kalah dengan portal impor lainnya. Bahkan memiliki kelebihan yang ada hubungannya dengan seluler, misal download wallpaper, ringtone dan lainnya. Untuk mendaftar anda tak harus jadi pengguna Telkomsel, karena bisa mendaftar dengan email. Tapi kalau anda pengguna Telkomsel anda bisa mendaftar dengan nomor telpon.

muxlim_com mochamad yusuf

4. Muxlim
www.Muxlim.com atau m.Muxlim.com
Muxlim diklaim sebagai portal jejaring sosial Islam terbesar di dunia. Setiap bulannya diakses lebih dari 1,5 juta. Meski diklaim sebagai portal Islam, sejatinya portal ini bukan berasal dari jazirah Arab tapi justru dari negara di Skandinavia sana. Yang menarik adalah fitur keamanan yang lebih rumit, karena sebagian harus dimoderasi. Sehingga isi dan foto yang ada bebas dari porno dan hal-hal buruk lainnya.

hi5_com mochamad yusuf

5. Hi5
www.Hi5.com atau m.Hi5.com
Portal ini terbesar ketiga setelah Facebook dan Friendster. Untuk mengejar ketertinggalannya ini, portal yang berlokasi di California, telah merombak total tampilannya. Sekarang lebih keren dan enak untuk diakses. Yang kurang adalah belum adanya fasilitas chatting.

tagged_com mochamad yusuf

6. Tagged
www.Tagged.com atau m.Tagged.com
Portal ini relatif lebih sederhana. Namun pengkategoriannya cukup kompleks juga. Meski begitu fitur-fiturnya sama lengkapnya layaknya portal jejaring sosial yang lain.

Oke, selamat berjelajah. [TSA, 06/01/2010 subuh]

~~~
TechKnow adalah tulisan tentang teknologi informasi, internet, komputer dan gadget dengan sudut pandang yang berbeda. Setiap tulisan berharap ada hikmah atau manfaat yang bermaksud mencerahkan pikiran dan hati. Serta memberi motivasi kesuksesan hidup. Anda bisa membaca artikel TechKnow lainnya di: http://www.TechKnow.web.id..

~~~
*Mochamad Yusuf adalah konsultan senior TI, pembicara publik, host radio, pengajar sekaligus developer website & software SAM Design. Aktif menulis dan bukunya telah terbit, “99 Jurus Sukses Mengembangkan Bisnis Lewat Internet”. Anda dapat mengikuti aktivitasnya di personal websitenya atau di profil Facebooknya.