Ternyata saat perusahaan berkembang, banyak permasalahan datang. Ada perusahaan rekanan yang nakal, ada karyawan yang menggondol uang tagihan, ada klien yang sudah order, tapi batal. Dan lainnya.

Oleh: Mochamad Yusuf*

“Terima kasih Pak Yusuf,” katanya. “Sama-sama, Pak. Saya senang bisa kenalan dengan Bapak. Dan meski proyek ini sudah selesai, dan tak ada alasan untuk bertemu, saya harap kita masih bisa berhubungan,” saya berucap sambil menyeringai senyum.

Ya, bapak ini adalah pemilik perusahaan yang mempercayakan websitenya kita kerjakan. Sebagai project manager, saya harus banyak berhubungan dengannya. Termasuk juga dengan timnya.

Setelah menanda tangani BAPP, saya lihat dia agak santai. Sepertinya jadwal hari ini tak terlalu padat. Berarti saya punya kesempatan untuk ngobrol, dan mengorek-ngorek rahasia rejekinya. Siapa tahu dia mau membukanya.

“Bisnisnya lancar ya, Pak,” saya membuka pembicaraan, “Pasti ada rahasia yang membuat bisnis Bapak lancar dan berkembang demikian besar.” “Hmm,… sama kok rahasianya dengan yang lain. Standard saja.”

“Namun,…” dia menghela nafas, “saya melakukan beberapa perubahan filosofi saya dalam berbisnis. Ini gara-gara dulu saya capek dengan permasalahan demi permasalahan yang mendera perusahaan.”

Ternyata saat perusahaan berkembang, banyak permasalahan yang datang. Ada perusahaan rekanan yang nakal. Uang muka sudah dikirim, namun barang pasokan tak dikirim. Ada karyawan yang menggondol uang tagihan. Ada karyawan yang melakukan manipulasi administrasi, sehingga korupsi uang perusahaan cukup besar. Ada klien yang sudah order banyak, tiba-tiba pemimpin perusahaan melakukan tindak pidana. Sehingga perusahaan itu, tak mau meneruskan ordernya. Bahkan ada demo dari warga sekitar.

“Saya capek. Mulai berurusan dengan polisi, harus ngotot dengan rekanan atau klien, selalu curiga dengan orang lain, sampai tiap malam tidak bisa tidur nyenyak,” katanya. “Sampai suatu ketika saya tak sengaja di waktu pagi dengar ceramah subuh di radio.” [TSA, 02/03/2011 subuh]

~~~
Artikel ini bagian dari buku yang saya rencanakan untuk terbit. Rencananya ada 99 artikel yang berkaitan dengan rahasia rejeki. Untuk seri 1 sampai 10, anda bisa membaca secara lengkap di sini. Setelah seri itu, tak ditampilkan secara lengkap. Namun setiap kelipatan seri 5, akan ditampilkan secara lengkap. Jadi pantau terus serial ‘Rahasia Rejeki’.

~~~
*Mochamad Yusuf adalah online analyst, pembicara publik, host radio, pengajar sekaligus praktisi TI di SAM Design. Aktif menulis dan beberapa bukunya telah terbit. Yang terbaru, “Jurus Sakti Memberangus Virus Pada Komputer, Handphone & PDA”. Anda dapat mengikuti aktivitasnya di personal websitenya atau di Facebooknya.