Ketika menderita penyakit ini, saya down sekali. Saya tak tahu nanti bagaimana, kalau saya tak sembuh-sembuh. Saya merasa masa depan saya gelap. Apalagi ketika awalnya tak diketahui ini sakit apa.

Oleh: Mochamad Yusuf*

Saya pernah menderita sakit GBS. GBS adalah Guillain-Barre Syndrome. Guillain dan Barre adalah orang yang meneliti pertama penyakit seperti ini. Mereka menemukan keanehan saat perang dunia I, saat beberapa prajurit tiba-tiba lumpuh.

GBS adalah penyakit yang disebabkan autoimun yang tak bekerja secara normal. Tugas autoimun adalah membunuh kuman penyakit yang datang. Autoimun berada di sel darah putih. Namun entah karena apa, autoimun berubah perangai. Dia malah membunuh sel syaraf kita. Akibatnya tentu saja tubuh lumpuh.

Kenapa? Gerakan tubuh sebenarnya terjadi karena 2 hal: otot dan perintah syaraf. Jadi kalau otot capek atau pegal, perintah syaraf untuk bergerak bisa saja sulit dilakukan. Demikian juga otot sehat dan kuat, tapi tak bisa menerima perintah bergerak melalui syaraf, maka tak ada gerakan anggota tubuh.

Saat saya mulai sakit, kelumpuhan itu menyerang dari bawah: ujung jari kaki terus naik ke atas. Dan untunglah berhenti di leher. Sehingga dari leher ke bawah, saya lumpuh. Benar-benar lumpuh. Saya tak bisa menggerakkan anggota badan sedikitpun. Saya seperti penderita penyakit stroke.

Awalnya ketika menderita penyakit ini, saya down sekali. Saya tak tahu nanti bagaimana, kalau saya tak sembuh-sembuh. Saya merasa masa depan saya gelap. Apalagi ketika awalnya tak diketahui ini sakit apa. [TSA, 05/04/2011 subuh]

~~~
Artikel ini bagian dari buku yang saya rencanakan untuk terbit. Rencananya ada 99 artikel yang berkaitan dengan rahasia rejeki. Untuk seri 1 sampai 10, anda bisa membaca secara lengkap di sini. Setelah seri itu, tak ditampilkan secara lengkap. Namun setiap kelipatan seri 5, akan ditampilkan secara lengkap. Jadi pantau terus serial ‘Rahasia Rejeki’.

~~~
*Mochamad Yusuf adalah online analyst, pembicara publik, host radio, pengajar sekaligus praktisi TI di SAM Design. Aktif menulis dan beberapa bukunya telah terbit. Yang terbaru, “Jurus Sakti Memberangus Virus Pada Komputer, Handphone & PDA”. Anda dapat mengikuti aktivitasnya di personal websitenya atau di Facebooknya.