Sebuah kegiatan yang dijalankan rutin membuat anda bahagia dan panjang usia. Anda hanya melakukan selama 30 menit 4 kali seminggu. Tak ada biaya, bisa di mana saja. Hanya kemauan. Mau tahu apa itu?

cewek bersepedaOlah raga. Ya, memang itu kegiatannya. “Wah, kalau itu saya tahu,” mungkin gerutuan anda seperti itu. Tapi apakah anda sudah melakukan kalau tahu hal itu?

Padahal hanya melakukan secara rutin 4 kali seminggu. Sebarang hari pokoknya 4 hari seminggu. Lebih banyak ya lebih baik. Anda bisa melakukan hari minggu, sabtu atau lainnya. Anda hanya menjalankannya selama 30 menit. Tak lebih. Kalau lebih ya lebih baik..

Yang penting anda ajeg. Kalau memang anda olah raga lari, ya jalankan selama 30 menit. Jangan semangat berlari, tapi setelah 10 menit capek dan berhenti. Lalu 15 menit kemudian lari lagi. Kalau anda capek, ya jalan cepat saja.

Satu lagi yang anda lakukan ketika olah raga: happy! Ya, senang, enjoy, menikmati dan rasa-rasa senang lainnya. Anda lakukan dan menikmatinya. Jangan merasa terpaksa anda melakukan. Kalau anda melakukan tidak happy, anda tidak akan ajeg, seperti di atas.

Kalau tak bisa bikin happy, pakailah walkman, ipod, mp3 pleyer atau HP bermusik. Atau kalau mau cantolkan radio di leher seperti si Mahar dalam Laskar Pelangi. Anda nikmati dan hentakkah badan mengikuti musik. Tak terasa kalau anda akan olah raga selama 30 menit. Bahkan ingin menambah, karena lagu favorit anda belum habis.

Cobalah mulai berolah raga. Mulailah 30 menit sekali seminggu. Lalu tambah sehari dalam minggu berikutnya. Kenapa harus berolah raga? Karena olah raga banyak manfaatnya. Baik fisik dan non fisik. Menurut dr. Jonathan Kuntaraf dan dr. Kathleen L. Kuntaraf dalam bukunya ‘Olahraga Sumber Kesehatan’ ada 30 manfaat. Sekali lagi 30 manfaat. Hanya dari 1 kegiatan.

Mau tahu 30 manfaat itu? Simak saja di bawah.

1. Membuat jantung lebih berdaya guna. Otot jantung diperkuat dan jumlah darah yang dipompakan lebih banyak.

2. Menormalisasi tekanan darah. Bila tekanan darah Anda tinggi, olahraga akan menurunkannya. Namun bila tekanan darah anda rendah, olahraga justru akan menaikannya menjadi normal.

3. Memperbesar kapasitas darah dalam membawa oksigen sehingga lebih banyak darah yang dapat mencapai ke seluruh bagian tubuh manusia.

4. Menurunkan denyut nadi dalam keadaan istirahat. Ini sangatlah penting sebab dengan berkurangnya denyutan nadi, jantung tidak perlu bekerja keras.

5. Memperlancar peredaran darah. Aliran darah adalah sungai kehidupan anda, sebab darah membawa oksigen, zat makanan dan zat-zat penting lainnya ke seluruh tubuh manusia. Darah juga yang membawa produk sisa metabolisme ke ginjal, paru-paru dan kulit untuk dikeluarkan dari tubuh Anda.

6. Merangsang pernapasan yang dalam, yang menyebabkan paru-paru berkembang melalui refleks dan reaksi kimia. Hal ini menyebabkan paru-paru lebih berdaya guna, sebab lebih banyak oksigen akan disalurkan ke dalam darah dan lebih banyak karbon dioksida yang dapat dibuang dari dalam tubuh.

7. Membuat otot yang tegang menjadi luwes, serta meredakan emosi yang negatif. Ini akan membuat anda lebih merasa senang terhadap diri sendiri, sebab kemarahan dan frustasi dapat dikurangi.

8. Menambah tenaga listrik pada otak, sel dan sel saraf. Hal ini akan memberikan keseimbangan yang lebih baik antara susunan saraf sadar dan tak sadar.

9. Menolong pencernaan dan mendorong kegiatan usus, mengurangi gas dan sembelit.

10. Menguatkan otot, tulang dan jaringan pengikat tubuh. Ini akan menghindarkan anda kehilangan mineral tulang, dengan demikian anda akan terhindar dari penyakit osteoporosis.

11. Memberikan keseimbangan fisiologis kepada sistem endokrin Anda sehingga kelenjar pituitari, pankreas, dan adrenalin akan menjadi lebih berdayaguna.

12. Mempertajam kekuatan mental dan menambah kapasitas dalam berpikir.

13. Memperindah tubuh dan wajah anda.

14. Menolong anda mengurangi kelebihan lemak, bukan hanya dengan pembakaran kalori, bahkan dengan mengatur kadar metabolisme, sehingga anda akan mengurangi berat badan anda walaupun dalam keadaan tidur.

15. Olahraga menambah tenaga, sebab olahraga menghasilkan banyak tenaga daripada tenaga yang dipakainya.

16. Mengurangi proses menua. Olahraga menyebabkan anda awet muda.

17. Menambah daya tahan dan memperlambat keletihan. Bahkan olahraga adalah resep khusus untuk keletihan emosi.

18. Merangsang produksi endorphin dari otak anda. Endorphin adalah hormon yang dihasilkan oleh kelenjar pituatari yang dapat memberikan perasaan tenang dan daya tahan kepada perasaan nyeri.

19. Menolong seseorang untuk mengatasi ketegangan kehidupan.

20. Mengurangi risiko mendapatkan kanker dan penyakit jantung.

21. Menolong anda untuk tidur lebih nyenyak di malam hari.

22. Bila dikombinasikan dengan makanan yang baik, olahraga akan menolong anda mengurangi risiko arteriosklerosis, tekanan darah tinggi, diabetes, osteoporosis, obesitas, kanker dan penyakit keturunan kronis lainnya.

23. Memberikan keseimbangan berat badan.

24. Menolong anda untuk mengurangi kolesterol, LDL, dan trigliserides, dan menaikkan HDL bila terlalu rendah.

25. Menolong otak anda untuk berfungsi dengan lebih baik dalam berpikir.

26. Berolahraga di bawah sinar matahari pagi menyebabkan lebih banyak vitamin D yang dihasilkan serta lebih banyak penyerapan kalsium dan zat besi.

27. Mengurangi ketegangan dan depresi.

28. Bagi kelompok yang dilahirkan dengan pembuluh darah sempit, olahraga dapat memperlambat kemungkinan serangan penyakit jantung.

29. Bila mengikuti petunjuk yang tepat, olahraga akan memberikan umur yang panjang.

30. Olahraga sekeluarga, memelihara keharmonisan, kerukunan, dan kebahagiaan keluarga.

Wah ternyata olah raga tidak hanya fisik dan kesehatan saja ya gunanya. Jadi kapan anda mulai olah raga?