Praktisi PR saat ini masih lamban mengadaptasi perubahan konsumen. Terutama karena maraknya Web 2.0. Praktisi masih berkutat di PR 1.0. Cara lama yang menempatkan jurnalis sebagai penyampai pesan.

Creative Marketing Forum

Semiloka
PR 2.0 DAN SOCIAL MEDIA
Reposisi Public Relation dengan Aksi Kreatif di Era Digital

semiloka public relation 2.0Ingat kasus Prita yang sekarang masih berlangsung? Sebuah kasus biasa, kasus ketakpuasan konsumen. Namun yang berbeda adalah media penyampaiannya melalui media digital: email. Yang terjadi kemudian adalah antisipasi PR yang tak tepat. Pakai pakem lama. Padahal PR (Public Relation) saat ini sudah tidak sama lagi dengan beberapa tahun lalu. Terutama dengan masuknya internet sebagai sebuah media dengan pengaruh yang sangat kuat. Karena itu ikutilah semiloka PR 2.0 ini yang membahas pemanfaatan internet sebagai media terkini dalam berhubungan dengan publik atau konsumen.

Praktisi PR saat ini masih lamban mengadaptasi perubahan konsumen di era digital. Terutama yang didorong maraknya Web 2.0. Praktisi PR masih berkutat di PR 1.0. Cara lama yang menempatkan middle-man yakni para jurnalis sebagai penyampai pesan. Yang dilakukan mereka dalam kaitannya dengan media adalah membangun media relation, menjalin hubungan yang baik dengan media mainstream, agar pesan-pesan mereka bisa tersampaikan ke publik melalui media.

Kini era sudah berubah. Penyampai pesan bukan lagi hanya media mainstream, seperti TV, cetak, radio maupun online. Semenjak blog mudah dibuat, forum online bertebaran dan social media bertumbuhan, setiap pengguna Internet bisa menjadi penyampai pesan. Mereka yang biasanya hanya menonton teve, membaca koran/majalah, mendengarkan radio, browsing di internet, kini juga bisa membuat blog, membuat akun di Facebook atau Friendster, dan menuliskan pesan apa saja yang mereka sukai atau maui.

Jika mereka tidak suka dengan sebuah produk, mereka dengan mudah menulisnya di blog, di Facebook, dan menyebarkannya di forum atau milis. Mereka tidak perlu bersusah payah mengirim surat pembaca ke media cetak yang entah kapan dimuatnya. Demikian juga, jika mereka senang dengan sebuah produk, mereka tak akan segan-segan menulisnya di internet.

Karena hal inilah tantangan seorang PR lebih berat. Harus lebih kreatif untuk mengantisipasi dan menanggulangi dampak yang merugikan perusahaan. Lalu apa yang sebaiknya harus dilakukan seorang PR? Apa saja yang harus diubah mindset-nya? Apa itu social media dan lainnya akan dibahas dalam semiloka ini.

Anda akan dibimbing oleh tim SCE (SAM Design Creative Education) yang telah berpengalaman di dunia marketing dan IT serta pemanfaatannya.

WHAT WILL YOU GET
Tim SCE akan membantu anda mengupas perbedaan PR 1.0 dan PR 2.0. Juga melihat hubungannya dengan social media. Dan apa yang harus dilakukan untuk memanfaatkan secara optimal sehingga bisa digunakan dalam kegiatan bisnis atau untuk kepentingan perusahaan anda.

Hal yang akan dibedah dan dipraktekkan dalam seminar ini:
1. Perbedaan PR 1.0 dan PR 2.0.
2. PR 2.0 dan social media.
3. Pemanfaatan social media untuk kepentingan bisnis.

ALASAN MENGAPA SEMINAR INI HARUS DIIKUTI
1. Belajar langsung dari praktisi yang berpengalaman di bidang teknologi seluler.
2. Mendapatkan materi presentasi dan aplikasi dalam bentuk soft copy (CD).
3. Dirancang sedemikian mudah dan bisa diikuti oleh semua level kemampuan.
4. Selesai dari seminar dapat langsung dipraktekkan.
5. Pengetahuan yang jarang diajarkan secara formal ataupun training untuk umum.
6. Investasi yang sangat murah untuk kesuksesan anda dan perusahaan.
Sekalipun dibandingkan dengan seminar-seminar pada umumnya.
7. Didukung oleh Tanadi Santoso dan Anang Supardi; pembicara radio dan seminar tentang selling, marketing, kreativitas dan kewirausahaan yang sukses.

TRAINER
ANANG SUPARDI

(CEO SAM Design)
Bersama Tanadi Santoso, dia mendirikan SAM Design dan mengembangkannya sampai demikian sukses saat ini. Sering berbicara di seminar, radio dan publik. Beliau akan memberikan pengalamannya dalam seminar ini.

MOCHAMAD YUSUF
(Senior IT Consultant & SCE Manager)
http://m.yusuf.web.id
Sejak awal sudah bergabung di SAM Design, perusahaan terkemuka untuk pembuatan website dan aplikasi. Selama lebih dari 10 tahun sudah lebih dari 134 proyek web dan aplikasi yang telah dikerjakan. Sering berbicara di seminar, radio dan publik serta mengajar di berbagai perguruan tinggi. Juga aktif menulis dan menelurkan beberapa buku.

WHO SHOULD ATTEND
Pemilik perusahaan, CEO, CIO, general manager, para profesional di bidang bisnis, marketing profesional, staff IT/EDP, manager PR, praktisi media massa, business development staff atau siapa saja yang tertarik dengan PR (Public Relation).

AGENDA SEMINAR
Session 1 : PR 2.0 dan Social Media
oleh : Anang Supardi
Sesi ini akan menjelaskan perbedaan PR 1.0 dan PR 2.0. Hubungan PR 2.0 dan social media. Apa yang harus dilakukan untuk mengantisipasinya.

Session 2 : Pemanfaatan Social Media Sebagai Media PR.
oleh : Mochamad Yusuf
Dalam sesi ini akan dibahas tips dan trik memanfaatkan dan mengoptimalkan Social Media untuk kepentingan kita atau untuk kegiatan bisnis. Dan langkah antisipasi yang dilakukan bila merugikan kita.

FASILITAS:
Snack, CD presentasi, seminar kit dan sertifikat.

INVESTASI FEE
Kamis, 29 Oktober 2009
13.00 – 16.00 WIB

SCE Workshop
Jl. Kombespol M. Duryat 39
Surabaya

• Umum @ Rp 100.000,00
• Beli 2 atau lebih @ Rp. 75.000,00
• Harga khusus untuk civitas akademika

KONTAK
Nuniek Puspa
HP: 031 83000560
sce@samdesign.com

PENYELENGGARA
SCE (SAM Design Creative Education)

ABOUT SAM DESIGN CREATIVE EDUCATION
Sejak sukses memberikan beberapa seminar di even-even publik, banyak pihak mendesak SAM Design memberikan seminar secara rutin. Berbekal pengalaman lebih dari 10 tahun memberikan konsultasi IT, multimedia, brand, design, promotion dan marketing, SAM Design tergerak untuk memberikan kontribusi sharing knowledge melalui SAM Design Creative Education (SCE) ini.

Tidak hanya seminar publik yang telah dilakukan, namun SCE juga telah memberikan training on site/internal corporate. Silakan kontak kami untuk informasi lebih lanjut.

SUPPORTED BY
• SAM Design
http://www.samdesign.com
Perusahaan yang lebih dari 10 tahun menekuni pembuatan website dan aplikasi, multimedia, graphic design, printing, serta konsultasi branding strategy.
• Tanadi Santoso
http://www.tanadisantoso.com
Pembicara seminar yang mengangkat tema-tema unik dan segar penuh kreativitas menerobos kejumudan dunia bisnis. Beliau dikenal juga sebagai pengusaha sukses.
• PASFM Surabaya
http://www.pasfm.com
104,3 FM
Jaringan radio bisnis yang sukses di Indonesia.

KONTAK dan REGISTRATION FORM
http://www.samdesign.com/sce

2 total views, 2 views today

1 thought on “Semiloka: PR 2.0 DAN SOCIAL MEDIA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *