Ada pelajaran yang dapat dipetik dari kasus Prita. Pertama, terbukti media internet lebih powerful. Kedua, banyak pihak yang masih gagap menanggapi masalah akibat perkembangan teknologi yang cepat.

Creative Marketing Forum
Seminar
Memetik Pelajaran dari Kasus Prita:
Berpromosi dan Ber-PR yang Tepat Di Dunia Online

Ada beberapa pelajaran yang dapat dipetik dari kasus Prita yang barusan terjadi. Pertama, terbukti media internet lebih powerful. Yang kedua, masih banyak pihak yang masih gagap dengan perkembangan teknologi yang demikian cepat. Antisipasi yang dilakukan masih dengan pakem lama yang sudah tak tepat lagi. Alih-alih bisa mengantisipasi malah yang terjadi adalah mengipasi menjadi tak terkendali.

Internet lebih powerful karena berdampak luas, berjangka lama dan mempunyai snowball effects. Anda bisa berpromosi di suatu media tradisional katakanlah koran, namun efektivitasnya hanya sehari dan sesuai dengan daerah peredaran. Bandingkan dengan internet, jangkauannya mendunia, jangka waktunya lebih lama dan mempunyai snowball effects karena mereka bisa diforward, dishare dan dicopy-paste.

seminar kasus pritaBayangkanlah kalau itu adalah promosi produk anda. Produk anda menjadi terkenal dengan sedikit usaha dan biaya lebih murah. Namun tentu saja tak semudah itu. Banyak hal yang harus dilakukan, dan banyak pula yang harus dihindari. Untuk itu semua anda harus menyelami banyak rahasia yang berkaitan dengan internet.

Sebaliknya bisa saja itu adalah sesuatu hal yang merugikan produk anda. Ada seseorang entah sengaja atau tidak melakukan perbuatan di internet yang merugikan anda. Tapi anda sudah tak boleh menggunakan cara-cara lama untuk mengantisipasinya. Jaman sudah berubah, teknologi sudah berkembang, teknik dan cara mengantisipasinya harusnya juga berubah.

Di era sekarang ini, konsumen sudah memiliki media sendiri. Mereka bisa menuliskan pengalaman baik dan buruknya di blog, menyebarkannya ke milis, atau menaruhnya di social media seperti Facebook. Konsumen lain dapat mengomentari bahkan menyebarluaskannya. Menyikapi hal demikian sangat diperlukan kesadaran dan teknik baru dalam menindaklanjuti keluhan-keluhan konsumen di internet.

Lantas, bagaimana cara berpromosi di internet yang tepat dan aman? Apa saja etika-etika yang harus diperhatikan dalam pembuatannya? Bagaimana mengantisipasi keluhan konsumen di internet? Pelajaran lain apa yang bisa ditarik dari kasus Prita yang terjadi? Ikutilah seminar setengah hari ‘Memetik Pelajaran Dari Kasus Prita’. Semuanya akan dikupas tuntas disini.

Semiloka ini memberi manfaat yang besar dan langsung dapat diaplikasikan bagi anda yang berprofesi sebagai staff IT/EDP, pemilik website, humas/PR, marketing, customer service, salesman, business development, webmaster, web development, content administrator, penikmat internet, dosen, mahasiswa, guru, pelajar atau siapa saja yang berminat pada internet.

Anda akan dibimbing oleh tim SCE (SAM Design Creative Education) yang telah berpengalaman di dunia internet dan pemanfaatannya.

WHAT WILL YOU GET
Tim SCE akan membantu anda mempelajari bagaimana cara berpromosi dan menulis di internet yang tepat dan aman, juga menjelaskan etika-etika yang harus diperhatikan dalam pembuatannya dan apa pula pelajaran yang dapat diambil dari kasus-kasus hukum yang terjadi.

Hal yang akan dibedah dan dipraktekkan dalam seminar ini:
1. Melihat secara jernih kasus Prita.
2. Berpromosi efektif dan aman di internet.
3. Teknik mengantisipasi keluhan di internet.

ALASAN MENGAPA SEMINAR INI HARUS DIIKUTI
1. Belajar langsung dari praktisi yang lebih dari 10 tahun berpengalaman di bidang internet.
2. Mendapatkan materi presentasi dan software aplikasi gratis dalam bentuk soft copy (CD).
3. Belajar langsung dari praktisi yang telah berpengalaman membantu banyak perusahaan dalam bidang internet.
4. Dirancang sedemikian mudah dan bisa diikuti oleh semua level kemampuan.
5. Selesai dari mengikuti seminar dapat langsung dipraktekkan.
6. Pengetahuan yang jarang diajarkan secara formal ataupun training untuk umum.
7. Investasi yang sangat murah untuk kesuksesan anda dan perusahaan. Sekalipun dibandingkan dengan seminar-seminar pada umumnya.
8. Didukung oleh Tanadi Santoso dan Anang Supardi; pembicara radio dan seminar tentang selling, marketing, kreativitas dan kewirausahaan yang sukses.

TRAINER
ANANG SUPARDI

(Managing Director SAM Design)
Bersama Tanadi Santoso, dia mendirikan SAM Design dan mengembangkannya sampai demikian sukses saat ini. Sering berbicara di seminar, radio dan publik. Beliau akan berbagi pengalamannya dalam semiloka ini.

BRAHMANTO ANINDITO
(Senior Copywriter SAM Design)
http://www.warungfiksi.net
Beberapa media pernah memuat tulisan-tulisan lulusan Ilmu Komunikasi Unair ini, Antara lain Majalah Intisari, Hai, Cinemags, Mossaik, jurnal film Clea, Harian Surya, Jawa Pos, Bangka Pos, Padang Ekspres, dll. Terpilih sebagai Juara III Lomba Penulisan Essai tentang Korea dan Juara I Lomba Karya Tulis Ilmiah tingkat mahasiswa.

MOCHAMAD YUSUF
(Senior IT Consultant & SCE Manager)
http://m.yusuf.web.id
Sejak awal sudah bergabung di SAM Design, perusahaan terkemuka untuk pembuatan website dan aplikasi. Selama lebih dari 10 tahun sudah lebih dari 134 proyek web dan aplikasi yang telah dikerjakan. Sering berbicara di seminar, radio dan publik serta aktif di berbagai perguruan tinggi. Juga aktif menulis dan menelurkan beberapa buku.

WHO SHOULD ATTEND
Staff IT/EDP, pemilik website, humas/PR, marketing, customer service, salesman, business development, webmaster, web development, content administrator, penikmat internet, dosen, mahasiswa, guru, pelajar atau siapa saja yang berminat pada internet.

AGENDA SEMINAR
Session 1: Melihat Secara Jernih Kasus Prita
oleh: Anang Supardi
Sesi ini akan membahas kasus Prita secara jernih dilihat dari sudut pandang pelaku IT. Dan mengambil pelajaran yang bisa dipetik untuk kita

Session 2: Berpromosi efektif di Internet
oleh: Brahmanto Anindito
Sesi ini akan menerangkan promosi apa yang tepat dan aman. Juga dijelaskan etika dan kebiasaan yang terjadi di dunia internet, lengkap dengan tips dan trik yang bisa dimanfaatkan.

Session 3: Teknik Menanggapi Keluhan Di Internet
oleh: Mochamad Yusuf
Sesi ini akan menjelaskan tentang teknik-teknik yang lazim digunakan dalam menanggapi keluhan yang timbul di dunia maya.

FASILITAS:
Snack, CD presentasi, seminar kit dan sertifikat.

INVESTASI FEE
Sabtu, 20 Juni 2009
13.00-16.00 WIB
SCE Workshop
Jl Kombes Pol. M. Duryat 39
Surabaya

– Umum @ Rp 100.000,00
– Beli 2 atau lebih @ Rp. 75.000,00
– Harga khusus untuk civitas academica

KONTAK
Nuniek Puspa
T: 031-77053717
[email protected]

PENYELENGGARA
SAM Design Creative Education (SCE)

ABOUT SAM DESIGN CREATIVE EDUCATION
Sejak sukses memberikan beberapa seminar di even-even publik, banyak pihak mendesak SAM Design memberikan seminar secara rutin. Berbekal pengalaman lebih dari 10 tahun memberikan konsultasi IT, multimedia, brand, design, promotion dan marketing, SAM Design tergerak untuk memberikan kontribusi sharing knowledge melalui SAM Design Creative Education (SCE) ini.

Tidak hanya seminar publik yang telah dilakukan, namun SAM Design Creative Education (SCE) juga telah memberikan training on site/internal corporate. Silakan kontak kami untuk informasi lebih lanjut.

SUPPORTED BY
SAM Design
www.samdesign.com
Perusahaan yang lebih dari 10 tahun menekuni pembuatan website dan aplikasi, multimedia, graphic design, printing, serta konsultasi branding strategy.

Tanadi Santoso
www.tanadisantoso.com
Pembicara seminar yang mengangkat tema-tema unik dan segar penuh kreativitas menerobos kejumudan dunia bisnis. Beliau dikenal juga sebagai pengusaha sukses.

PASFM Surabaya
www.pasfm.com
104,3 FM
Jaringan radio bisnis yang sukses di Indonesia.

KONTAK dan REGISTRATION FORM
http://www.samdesign.com/sce