Bekerja Nyaman Dengan Mengatur Posisi Duduk Yang Tepat

Home / Artikel / SDM (Sumber Daya Manusia) / Bekerja Nyaman Dengan Mengatur Posisi Duduk Yang Tepat

startup-849804_1920_300Bekerja di kantor khususnya yang seharian duduk di kursi, perlu mengetahui bagaimana mengatur posisi meja, kursi dan komputernya. Karena selain membuat nyaman bekerja seharian, mengatur posisi duduk yang tepat membuat badan tidak sakit sehingga semangat kerja tetap terjaga.

Lalu bagaimana mengatur posisi duduk yang tepat itu?

  1. Posisi kaki
    Telapak kaki harus menempel ke lantai dengan posisi melintang. Kaki tidak boleh menggantung. Perhatikan paha dan betis Anda, usahakan agar membentuk sudut 90 derajat. Begitu pula antara paha atas dan perut membentuk sudut 90 derajat. Tulang punggung harus dalam kedaan tegak.
  2. Bersandar ke belakang
    Sekarang cobalah bersandar ke belakang, tetap dengan posisi duduk seperti poin 1 di atas. Bila memundurkan punggung langsung bisa bersandar, maka itu bagus. Bila masih ada kekosongan ruang antara tulang punggung dan sandaran kursi, upayakan mengisi kekosongan tersebut dengan bantalan. Bantalan tersebut membiarkan punggung beristirahat dengan benar, sementara kaki dan perut tetap membentu kondisi sudut 90 derajat.
  3. Posisi tangan
    Posisi tangan lurus dari siku hingga ujung jari. Bila Anda bekerja dengan menggunakan komputer, usahakan tidak membuat sudut antara pergelangan tangan dengan keyboard. Karena hal itu membuat tendon, jaringan penghubung antara otot dan tulang, menjadi tegang. Peradangan pada jaringan ini disebut tendinitis, yang akan menimbulkan rasa sakit yang amat sangat. Bila dibiarkan lama tidak segera diatasi, akan dapat mengarah ketidakmampuan bergerak.Solusinya yakni menggunakan bantalan pada pergelangan tangan saat mengetik. Juga adanya bantalan tangan saat menggunakan tetikus (mouse) komputer. Dengan bantalan ini membuat lurus pergelangan tangan hingga ujung jari.
  4. Posisi monitor komputer
    Usahakan jarak monitor komputer ke mata sekitar 20-25 inci (50-63,5 cm). Dengan jarak sekitar ini, membuat nyaman di mata. Karena semakin dekat jarak monitor dengan mata, semakin kencang pula otot mata Anda bekerja.Selain itu usahakan mata Anda menatap lurus ke monitor komputer. Tidak mengadah ke atas atau menatap ke bawah. Karena bila menengadah ke atas, membuat otot mata harus bekerja ekstra keras. Bahkan otot terhalus pun harus menegang.Yang paling ideal, menempatkan monitor dibawah garis pandang sedikit. Jadi pandangan mata agak ke bawah sedikit. Dengan posisi ini mata bisa sedikit beristirahat dan tidak tegang. Ini merupakan posisi ternyaman mata Anda. *(my/20160610)

Leave a Reply

-->
%d bloggers like this: