Cara Ber-Facebook Gratis

Home / Artikel / TI (Teknologi Informasi) / Internet / Cara Ber-Facebook Gratis

(ref: sxc.hu)
(ref: sxc.hu)
Hari gene nggak kenal Facebook? Hehehe. Sekarang banyak orang keranjingan dengan Facebook. Tapi kalau jauh dari komputer dan tak mau ke warnet, adakah cara mudah bahkan gratis ber-Facebook-an?

Oleh: Mochamad Yusuf*

Modalnya cuma HP. Dengan HP kita masih bisa berkoneksi dengan Facebook. Bahkan kita bisa memperbaharui status, berkomentar status teman dan lainnya. Ada keuntungan lain menggunakan HP ini yakni kita bisa melakukan dimana saja. Saat kita bete, tak bisa apa-apa misal menunggu di ruang dokter, kita bisa menggunakannya untuk ber-Facebook-an.

Mau? Lalu bagaimana caranya? Oke! Siap-siap ya.. Duduk dengan manis, dan dengarkan uraian saya. Hehehe (Yang saya uraikan ini gratis, tanpa mengeluarkan sepeser uang pun).

1. Menggunakan fitur SMS-nya Facebook.
Kita aktifkan fitur mobile-nya Facebook. Untuk itu kita harus mendaftarkan nomor kita. Sayangnya hanya beberapa operator yang didukung. Operator yang mendukung adalah3, Axis, Telkomsel, Esia, Fren, Flexy. Adakah diantaranya punyamu?

Setelah aktif, kita akan selalu mendapat SMS tentang Facebook kita. Apa yang akan dikirim kita bisa mengaturnya. Termasuk jumlah SMS, waktu pengiriman dan lainnya termasuk mau menon-aktifkan.

Ini semua gratis, tak ada biaya pendaftaran. Paling hanya biaya SMS waktu pendaftaran, itupun harga SMS normal. Tak ada lagi biaya langganan perbulan atau lainnya, juga tak ada biaya untuk SMS yang dikirim. Semuanya gratis. Cuma pengalaman saya, pengguna Telkomsel, tidak real-time, bahkan seringkali tak dikirim. Tapi lumayan kan? Toh gratis dan ini bersifat push-SMS.

2. Pakai Axis Asic.
Dengan menggunakan kartu Axis Asic kita diberi jatah internet 1 Mb/hari. Kalau kita ber-Facebook-an dengan WAPnya, http://m.facebook.com, itu sudah cukup. Pengalaman saya menggunakan HP jadul, N-Gage, jatah 1 Mb bisa kita gunakan ber-Facebook-an selama 3 jam.

Berbeda dengan cara pertama di atas, di sini kita bisa benar-benar ber-Facebook-an. Kita bisa mengupdate status, memberi komentar dan lainnya. Kekurangannya kita tak bisa mengupload foto. Tapi kalau mau kita bisa menguploadnya via MMS. Tapi saya takut kalau pakai upload, jatah internetnya cepat habis.

Tapi mungkin bagi maniak Facebook, jatah 1 Mb itu kurang. Kalau kurang, kita bisa menggunakan cara ketiga.

3. Pakai HP Samsung Pinger dengan kartu Smart
Saat ini ada tawaran dari Smart paket bundling Samsung Pinger. Dengan HP ini, kita bisa ber-Facebook-an sepuasnya. Syaratnya harus pakai aplikasi browser Opera Mini di HP itu. Jadi kita tak hanya ber-Facebook-an, tapi kita juga berinternetan.

Bagaimana? Asyik kan. Oke, selamat mencoba! [TSA, 13/1/2010 subuh]

~~~
*Mochamad Yusuf adalah konsultan senior TI, pembicara publik, host radio, pengajar sekaligus developer website & software SAM Design. Aktif menulis dan bukunya telah terbit, “99 Jurus Sukses Mengembangkan Bisnis Lewat Internet”. Anda dapat mengikuti aktivitasnya di personal websitenya atau di profil Facebooknya.

3 Comments

Leave a Reply

-->
%d bloggers like this: