Cara Berhemat Pulsa Saat Berinternet di Ponsel

Home / Uncategorized / Cara Berhemat Pulsa Saat Berinternet di Ponsel

(ref: sxc.hu)
(ref: sxc.hu)
Tips ini bisa anda gunakan bila bermaksud lebih hemat pulsa, meski harus secara rutin berkoneksi internet lewat ponsel. Ini misal update status Facebook, mengkomentari status teman lain dan lainnya.

Oleh: Mochamad Yusuf*

Anda memiliki ponsel. Ada beberapa aplikasi yang siap membantu menjelajah internet, bersosial media atau chatting. Tapi anda sudah memiliki koneksi internet sendiri, entah di kantor atau rumah. Anda tak mau menggunakannya secara penuh lewat ponsel.

Anda hanya sekali-sekali menggunakan ponsel untuk koneksi internet. Misal: saat menunggu di ruang tunggu dokter, antrian di bank dan lainnya. Anda melakukan ini supaya pulsa anda tak tersedot habis untuk koneksi.

Bila demikian, anda perlu membaca tips-tips saya. Tips ini juga bisa anda gunakan bila anda bermaksud lebih hemat pulsa, meski harus secara rutin berkoneksi internet lewat ponsel. Ini misal untuk update status Facebook, mengkomentari status teman lain dan lainnya.

Berikut tips-tipsnya:

1. Berlangganan paket.
Bila anda bermaksud melakukan koneksi internet cukup lama dan besar dalam sekali waktu, lebih hemat bila berlangganan paket. Misal: anda bermaksud download aplikasi atau theme yang besarnya 500 Kb, saya sarankan berlangganan paket saja.

Beberapa operator menawarkan paket yang bisa kita pilih sesuai kebutuhan. Ada harian, mingguan dan bulanan. Pilih saja harian, kalau anda hanya bermaksud hanya mendownload aplikasi.

Contoh: bila anda pengguna Simpati, anda cukup mengeluarkan 1000 rupiah untuk 1 Mb. Kalau anda tak berlangganan, pulsa anda terkurang 2500 rupiah. Cukup signifikan. Saya sendiri pernah download sebesar 2,5 Mb kena 15.000 rupiah. Padahal kalau saya langganan paket, saya cukup mengeluarkan 3.000 rupiah. Itupun masih sisa 500 Kb alias 0,5 Mb.

Kalau anda rutin melakukan koneksi internet, anda harus jeli memilih operator yang menawarkan paket internet murah. Untuk uang 1.000 rupiah bila di Simpati hanya mendapat 1 Mb, sedang di Axis bisa 10 Mb, bahkan di 3 bisa sepuasnya. Untuk masalah paket ini, akan saya tulis lebih detil di artikel lain.

2. Set koneksi secara manual
Atur setingan anda untuk koneksi internet secara manual. Jadi bila sebuah aplikasi bermaksud melakukan koneksi internet, dia akan meminta persetujuan anda. Dengan cara seperti ini, anda bisa mengatur pengeluaran pulsa anda.

Kalau tidak, pulsa anda bisa terkuras tanpa anda tahu. Karena sekarang banyak aplikasi yang butuh koneksi ke internet. Entah itu update status, update versi, cek server dan lainnya.

3. Jangan install aplikasi yang minta koneksi internet.
Ada beberapa aplikasi atau game yang meminta koneksi internet. Aplikasi/game ini biasanya gratis, namun sepertinya bermaksud memasang iklan atau mencatatkan statistik di server mereka. Aplikasi ini kalau di komputer sering disebut shareware/adware.

Saya sendiri kalau menemukan aplikasi/game seperti ini langsung saya uninstall. Memang aplikasi selalu minta persetujuan untuk koneksi, tapi saya takut kalau ada yang memakai ponsel saya, langsung mengiyakan. Karena ponsel saya sering juga dipakai anak saya untuk main game. Jadi saya uninstall saja lebih amannya.

4. Ganti cara lain untuk lebih murah.
Untuk berkomunikasi anda bisa menelpon, sms atau chatting. Beberapa waktu lalu, memang chatting terasa lebih murah dibanding SMS. Tapi kalau komunikasi anda intens, misal pasangan yang melakukan hubungan jarak jauh, lebih baik berSMS saja.

Beberapa operator menawarkan pake SMS gratis setelah mengirim beberapa SMS berbayar. Misal: Simpati setiap 10 SMS dapat 100 SMS, Axis setiap 5 SMS dapat 10.000 SMS. Bahkan 3, setiap 6 SMS dapat gratis SMS tak terbatas.

Pengalaman saya, untuk menghabiskan 1000 SMS saja sudah susah. Padahal saya sudah mengirim SMS blast. Jadi anda bisa kembali berSMS untuk menggantikan komunikasi anda yang biasanya lewat chatting.

5. Browsing dengan Opera Mini.
Bila anda melakukan browsing, gunakan browser Opera Mini. Opera Mini menggunakan sistem dimana setiap kita mengakses sebuah website, akan dialihkan dulu ke server Opera. Di sana akan dikompress menjadi lebih kecil, sehingga download lebih cepat dan pulsa lebih murah. Kompresi yang dilakukan Opera diklaim bisa mencapai 90%. [TSA, 04/0572010 subuh]

~~~
*Mochamad Yusuf adalah online analyst, pembicara publik, host radio, pengajar sekaligus praktisi TI di SAM Design. Aktif menulis dan beberapa bukunya telah terbit. Yang terbaru, “Jurus Sakti Memberangus Virus Pada Komputer, Handphone & PDA”. Anda dapat mengikuti aktivitasnya di personal websitenya atau di Facebooknya.

4 Comments

Leave a Reply

-->
%d bloggers like this: