Cara Mudah Backup Data Ponsel

Home / Artikel / TI (Teknologi Informasi) / Internet / Cara Mudah Backup Data Ponsel

(ref: sxc.hu)
(ref: sxc.hu)
Ponsel anda bisa saja rusak, hilang atau gonta-ganti. Tapi data kontaknya gimana? Backup dong ke komputer bahkan online. Mudah, praktis dan bisa digunakan berbagai hal. Lalu bagaimana caranya?

Oleh: Mochamad Yusuf*

Suatu kali ponsel saya hilang. Saya tak tahu dimana hilangnya. Yang saya ingat ketika saya mau pakai, ponselnya tak ada. Saya telpon pakai telpon rumah, tak terdengar deringnya. Saya lemas. Di samping ponsel, bagi saya bukan barang murah, ada data kontak penting yang hilang.

Sejak itu, saya mencari cara bagaimana cara backup data khususnya kontak. Akhirnya saya tahu dengan menginstall aplikasi tertentu. Tapi syaratnya pakai HP bersistem operasi (OS). Karena biasanya saya pakai Nokia, akhirnya saya beli Nokia juga.

HP itu adalah N-Gage. Dengan sebuah aplikasi saya backup data kontak dalam bentuk file. Terus filenya disalin ke komputer. Tentu saja cara ini kurang efektif, karena harus rajin melakukannya. Dan cukup lama prosesnya.

Tapi backup ini sangat berguna. Seperti ketika ponsel saya hilang lagi, ihik ihik. Meski tetap berduka karena ponsel hilang, saya tak begitu panik. Karena data kontak sudah saya backup, meski ada jeda dengan sangat terakhir hilang.

Sekarang ada banyak cara yang lebih mudah dan enak. Karena proses backupnya yang mudah. Tinggal colok klik sync. Bahkan datanya bisa disimpan secara otomatis di internet. Terus kita juga bisa memanfaatkan via online.

Lalu apa saja cara backup yang mudah dan juga secara online. Simak uraian berikut ini:

1. Nokia Ovi Suite.
Ini favorit saya! Dengan Ovi suite ini, saya bisa backup sekaligus di 3 tempat: di komputer dalam aplikasi Ovi suite, di komputer dalam aplikasi Microsoft Outlook dan di internet dalam Ovi online, www.ovi.com.

Caranya mudah. Pertama kita daftar di ovi online, terus install aplikasi Ovi suite dan jalankan. Lalu tancapkan ponsel di komputer, selanjutnya tinggal ‘sync all’. Tunggu sebentar. Dan data kita sudah terbackup di 3 tempat. Keren. Sayangnya ini khusus untuk ponsel Nokia saja.

2. Google Sync.
Kita bisa percayakan data kita pada Google.com. Siapa sih yang tak percaya dengan kredibilitasnya? Kelebihan menggunakan backup Google ini adalah dapat mendukung semua merk ponsel. Selain itu bisa backup langsung via ponsel.

Syaratnya untuk bisa menggunakan backup ini adalah anda harus memiliki akun Google. Saya sendiri pernah menggunakannya, tapi sejak adanya Ovi suite saya beralih ke Ovi. Bagi anda pengguna ponsel non Nokia, anda bisa menggunakan layanan Google ini. Khususnya kalau vendor ponsel anda tak menyediakan layanan backup online.

3. Pleex.
Saya belum pernah mencoba layanan ini. Tapi keunggulannya adalah tak hanya backup data standar seperti kontak, tapi juga dapat membackup data foto, video dan dokumen lainnya. Anda tinggal membuat akun di pleex.com atau via ponsel m.pleex.com, selanjutnya install aplikasinya. Terus anda bisa backup langsung via ponsel.

Demikian, kalau anda rajin melakukan update, anda akan tenang. Bahkan sekedar ponsel anda lambat, anda tak ragu lagi melakukan format dan install ulang (hard reset). Karena semua data bisa dikembalikan dengan mudah cepat.

Ini seperti yang sudah saya lakukan. Maklum karena sering ngoprek ponsel, kadang ponsel malah berjalan tak normal. Solusinya tinggal hard reset saja. Hehehe. [TSA, 22/4/2010 subuh]

~~~
*Mochamad Yusuf adalah online analyst, pembicara publik, host radio, pengajar sekaligus praktisi TI di SAM Design. Aktif menulis dan beberapa bukunya telah terbit. Yang terakhir, “Jurus Sakti Memberangus Virus Pada Komputer, Handphone & PDA”. Anda dapat mengikuti aktivitasnya di personal websitenya atau di Facebooknya.

2 Comments

Leave a Reply

-->
%d bloggers like this: