Dengan Rp 3.333 Bisa BBM-an Sepuasnya Seluruh Keluarga (Ini Bukan Iklan Lho)

Home / Artikel / TI (Teknologi Informasi) / Internet / Dengan Rp 3.333 Bisa BBM-an Sepuasnya Seluruh Keluarga (Ini Bukan Iklan Lho)

Option GlobeSurfer X1 3G yang berdesain unik, mungil tapi memiliki banyak fitur.
Namun beberapa waktu lalu, BBM dirilis untuk Android. Zidan tidak ketinggalan juga. Namun saya tidak mau mengeluarkan uang lagi membeli pulsa untuk paket internet ponselnya. Tapi saya tidak mau dia ketinggalan. Saya juga tidak mau dia tidak gaul karena tidak bisa BBM-an dengan teman-temannya. Lalu apa solusinya?

Oleh: Mochamad Yusuf*

Sejak Zidan diterima masuk SMPN 12, saya belikan dia ponsel. Sebenarnya tidak ada rencana membelikan. Namun saya kasihan karena baru sekolah seminggu, dia sudah jalan kaki 2 kali. Jauhnya lumayan jauh, 2 km-an! Saya bayangkan pulang sekolah sudah capek harus jalan kaki lagi. Ditambah ranselnya yang berat.

Makanya saya belikan ponsel. Murah saja. Apalagi sebenarnya sekolah melarang membawa ponsel, kecuali ponsel murah seperti Flexy yang buat telpon. Maka kemudian saya belikan Andromax C. Harganya murah. 650.000. Sudah dual core dan ber-OS ICS. Anda bisa membaca artikel lain, alasan detilnya kenapa saya membeli Andromax C di sini: Pernik Ramadhan 2013 (13): Review Jujur Andromax C (1): Susahnya Mendapatkan Ponsel Ini dan Pernik Ramadhan 2013 (14): Review Jujur Andromax C (2): Ponsel Bagus Dengan Harga Murah.

Meski murah, tidak hanya buat telpon dan sms kayak telpon Flexy, tapi juga bisa buat hiburan. Cocok buat anak muda. Dengan ponsel ini saya harapkan kalau dia kehabisan uang, dia bisa sms atau telpon sepupu atau pamannya untuk dijemput.

Maka saya juga membelikan pulsa yang yang cukup. Tidak berlebihan (kurang malah, hehehe). Sebulan hanya 15.000. Tidak boleh lebih. Harapan saya hanya untuk SMS saja.

Namun beberapa waktu lalu, BBM dirilis untuk Android. Zidan tidak ketinggalan juga. Namun saya tidak mau mengeluarkan uang lagi membeli pulsa untuk paket internet ponselnya. Tapi saya tidak mau dia ketinggalan. Saya juga tidak mau dia tidak gaul karena tidak bisa BBM-an dengan teman-temannya.

Akhirnya saya putuskan untuk membeli router 3G. Dengan router 3G ini, saya menyediakan koneksi internet di rumah. Tidak ribet dengan menyalakan komputer dulu seperti sudah saya ceritakan di artikel “Menyediakan Akses Internet Murah di Rumah”.

Dengan router 3G ini saya tinggal menancapkan modem GSM/CDMA yang saya miliki ke router. Saya nyalakan routernya… whups, maka di rumah akan tersedia wifi hotspotnya. Praktis. Hehehe.

Untuk pengeluaran internet sebulan tentunya tergantung paket yang diambil dari penawaran operator seluler. Banyak sekali. Anda bisa secara bebas memilih sesuai kebutuhan Anda.

Kecepatan internet yang disediakan oleh router 3G ini tergantung pada lokasi Anda, waktu ngakses, operator seluler yang dipilih, paket yang dibeli, modem, jarak ke router dan lainnya. Karena itu saya sarankan untuk mencoba dulu operator yang akan dipilih. Karena tidak sama antara saya dengan Anda. Bisa saja sebuah operator kencang di tempat saya, tapi lambat di tempat Anda. Demikian sebaliknya.

Setelah riset ke sana sini, akhirnya saya beli router 3G Option GlobeSurfer X1 3G. Harganya murah. Hanya 169.000. Bentuknya mungil tapi tidak terlalu mungil. Desainnya unik dan bagus.

Yang saya suka dia sudah support flashdisk atau hardisk eksternal. Tinggal menancapkan ke USB yang tersedia, maka flahdisk dan hardisk ini dapat diakses oleh seluruh jaringan. Selain itu dia juga support print server. Jadi dari printer tinggal tancapkan ke router. Maka dari seluruh jaringan bisa langsung ngeprint. Tanpa perlu komputer lagi yang dikoneksikan ke printer.

Untuk operator dan paket akhirnya saya jatuhkan ke 3 (three) dengan paket AON (Always On). Dengan biaya 10.000 sebulan saya bisa BBM-an sepuasnya. Kalau mau murah, bisa ambil paket 6 bulan atau setahun sekalian. Kalau 6 bulan hanya 35.000. Sedangkan setahun lebih murah lagi 50.000, maka sebulannya 4.167.

Kenapa saya pilih paket ini? Karena saya hanya butuh BBM untuk Zidan. Kebetulan saya dan istri sudah ambil paket sendiri. Sehingga saya dan istri tidak perlu koneksi internet lagi di rumah sebenarnya.

Dan kenapa BBM? Karena saya hanya ingin membatasi penggunaan internet sehari-harinya hanya BBM saja. Baru di akhir pekan (hari Sabtu dan Minggu), dia akses akses sepuasnya. Karena di akhir pekan itu, saya bisa mengawasi penggunaan ponsel atau laptopnya.

Dan ini juga cukup mudah tanpa repot atau beli paket lagi. Karena tinggal ambil SIM card saya atau punyanya istri, pasang di modem langsung tancap ke router. Maka di rumah tercakup wifi hotspot. Kebetulan paket internet yang saya ambil dan istri unlimited dengan FUP 1,5Gb. Sangat cukup selama ini.

Namun sebenarnya paket AON ini tidak hanya gratis BBM-an saja, tapi 10 aplikasi/website lain seperti Facebook, Twitter, Google, Kompas, Detik dan lain-lain.

Jadi sekarang dengan modal 3.333 semua orang di rumah bisa BBM-an. Angka ini adalah paket AON sebulan (10.000) dibagi 3 orang yakni saya, istri dan Zidan untuk ber-BBM-an. Saya sudah mengetest kalau paket tadi dipakai rame-rame dengan router 3G itu cukup lancar juga. Saya pikir ini wajar karena BBM hanya butuh data teks saja. Jadi cukup akses yang diberikan oleh three.

Dengan begini, Zidan sepulang sekolah bisa BBM-an. Bisa berkomunikasi, ngerumpi, mengerjakan tugas dan bersosialisasi dengan murah dan mudah. Dan saya tidak khawatir karena ponselnya hanya mengakses aplikasi/website yang aman.

Oh ya, dengan router 3G ini Anda bisa BBM-an tanpa harus pakai ponsel lho. Anda bisa BBM-an dengan laptop/komputer. Jadi bila Anda punya komputer atau laptop kantor yang bisa dibawa pulang bisa digunakan BBMan oleh orang yang ada di rumah. Bagaimana caranya? Baca artikel saya yang lain. [PUTA, 13/11/2013]

~~~
*Mochamad Yusuf adalah online analyst, konsultan tentang ‘online communication’, pembicara publik tentang IT, host radio, pengajar sekaligus praktisi IT. Aktif menulis dan beberapa bukunya telah terbit. Yang terbaru, “Jurus Sakti Memberangus Virus Pada Komputer, Handphone & PDA”. Anda dapat mengikuti aktivitasnya di personal websitenya, http://yusuf.web.id atau di Facebooknya, http://facebook.com/mcd.yusuf.

9 Comments

Leave a Reply

-->
%d bloggers like this: