Doctor IT PAS FM SBY – 21 April 2010: Keasyikan Chatting dan Messenger

Home / Berita / Doctor IT PAS FM SBY – 21 April 2010: Keasyikan Chatting dan Messenger

gk-logopassby-100Saat ini chatting adalah media komunikasi favorit baik lewat komputer/ponsel. Ada banyak kelebihannya. Mulai dari praktis, murah dan personal. Namun ada banyak pula bahaya yang mengintai. Apakah itu?

Oleh: Mochamad Yusuf*

Chat adalah teknologi lama. Namun kehadirannya sempat kalah dengan teknologi website (www). Namun menjadi trend setelah ada messenger. Sama fungsinya yakni sebagai komunikasi. Tapi messenger lebih praktis. Keduanya chat dan messenger, menemukan bentuknya ketika muncul ponsel cerdas.

Saat ini orang-orang lebih senang chatting, istilah umum untuk chat dan messenger, di ponsel. Bahkan di ponsel Blackberry, aplikasi ini yang paling banyak dipakai. Karena keberhasilan ini, banyak ponsel bahkan operator mengikuti dengan meluncurkan berbagai aplikasi chatting sendiri.

Untunglah ada musim SMS gratis. Kalau tidak, chat dan messenger akan lebih banyak digunakan orang saat ini. Kenapa? Karena chat dan messenger lebih murah dan efisien. (Tapi mungkin ini musiman. Saya yakin musim SMS gratis tak lama usianya. Karena itu mumpung lagi musim, manfaatkan saja semaksimal mungkin. Hehehe.)

Coba kita bandingkan. Setiap SMS yang kita kirim, selama kurang dari 160 karakter, dihitung sebagai 1 SMS. Padahal bisa saja isinya hanya beberapa karakter. Misal: “OK”, “Terima kasih”, “Sampai nanti” dan lainnya. Dan sifatnya yang seperti handy talkie, kita ‘bicara’ yang lain ‘mendengarkan’. Sedang chatting bisa saja sambil ‘mendengar’, juga ‘berbicara’.

Tapi apapun, baik chatting di komputer atau ponsel sama-sama enaknya. Namun di samping banyak kemudahan dan kenikmatan, ada bahaya yang mengintai. Mulai dari virus, spam, phising, sampai penipuan.

Lalu apa yang harus kita lakukan untuk mencegahnya? Adakah tips-tips ringan yang bisa menjadi panduan untuk berchatting aman? Lalu sebenarnya apa bedanya chat dan messenger? Aplikasi apa yang bagus untuk chatting? Di ponsel apa saja anda bisa chatting?

Semuanya akan dibahas dalam acara ‘Doctor IT’ nanti sore, 21 April 2010 mulai pukul 16.00 WIB. Tune di 104,3 FM atau secara online di http://radio.mitra.net.id:8102/listen.pls.

~~~
Doctor IT adalah program rutin yang disiarkan radio PAS FM Surabaya 104,3 FM setiap hari Rabu pukul 16.00 – 17.00 WIB. Sebuah acara yang membahas permasalahan IT sehari-hari. Dikupas secara ringan dengan berbagai tips dan studi kasus. Bersifat interaktif. Acara diasuh oleh Mochamad Yusuf, online analyst SAM Design dan dipandu oleh Roy Kumara. Anda bisa menyimaknya secara online di: http://radio.mitra.net.id:8102/listen.pls.

~~~
*Mochamad Yusuf adalah online analyst, pembicara publik, host radio, pengajar sekaligus praktisi TI di SAM Design. Aktif menulis dan beberapa bukunya telah terbit. Anda dapat mengikuti aktivitasnya di personal websitenya atau di Facebooknya.

Leave a Reply

-->
%d bloggers like this: