Lite.Facebook.com Untuk Koneksi Lemot

Home / Artikel / TI (Teknologi Informasi) / Internet / Lite.Facebook.com Untuk Koneksi Lemot

gk-facebookJadi, meski berbeda versi lite ini tetap memiliki fitur-fitur standar. Hanya peletakan dan namanya saja berbeda. Dengan belajar sebentar, kita sudah akan tahu bagaimana menggunakannya.

Oleh: Mochamad Yusuf*

Waktu pertama berkunjung ke website Facebook, saya melihatnya sudah menggunakan teknologi 2.0. Atau dikenal sebagai teknologi Ajax. Sebuah teknologi gabungan antara programming, XML, CSS dan JavaScript. Teknologi yang memungkinkan kita membuka sebuah link tanpa harus membuka keselutuhan halaman. Cukup informasi yang dibutuhkan.

Namun meski begitu, saya melihat website Facebook cukup kompleks. Setiap halaman khususnya di home (beranda) membuka banyak querry (permintaan). Ini akan membutuhkan banyak bandwith. Tak masalah bagi koneksi yang cepat. Tapi bagi koneksi yang lambat seperti dial-up dan modem HP standar, membuka Facebook cukup berat.

Untunglah Facebook membuat website tersendiri bagi para pengguna koneksi yang lambat. Alamatnya ada di http://Lite.Facebook.com.

Meski versi ringan, tapi hampir semua fitur ada. Memang peletakan berbeda dengan biasanya. Juga nama-nama linknya. Tapi meski begitu, dengan mudah kita dapat menggunakannya. Kalau sudah mengenalnya, kita akan pasti jatuh cinta. Karena begitu cepat loadingnya.

Saya sendiri kalau membuka Facebook lewat HP (handphone), sering memakai versi ini daripada versi mobile, http://m.Facebook.com. Loadingnya hampir sama cepatnya, namun tampilannya lebih bagus daripada versi mobile.

Di halaman beranda (home), Anda dapat pula melihat tampilan Live Feed dan News Feed. Cuma istilahnya beda. Di versi lite ini Live Feed dinamakan sebagai All Stories dan news feed sebagai Top Stories. Beberapa notifikasi akan hilang. Tapi jangan khawatir, teman yang berulang tahun tetap ada. Tapi cukup hari ini, tak perlu hari-hari ke depan seperti di versi normal.

Tampilan halaman profile demikian juga. Lebih sederhana. Yang paling mencolok adalah hilangnya box di sebelah kiri dibawah foto profil. Tapi kita tetap bisa menuliskan status kita. Kita juga tetap dapat mengupload foto. Yang berbeda adalah banyaknya isi di wall. Di versi lite ini isi wall relatif lebih sedikit.

Jadi, meski berbeda versi lite ini tetap memiliki fitur-fitur standar. Hanya peletakan dan namanya saja berbeda. Dengan belajar sebentar, kita sudah akan tahu bagaimana menggunakannya. Dengan kecepatan dan kepraktisannya, Anda pasti akan jatuh cinta dengan versi litenya. Hehehe. [TSA, 28/1/2010 subuh]

~~~
*Mochamad Yusuf adalah konsultan senior TI, pembicara publik, host radio, pengajar sekaligus developer website & software SAM Design. Aktif menulis dan bukunya telah terbit, “99 Jurus Sukses Mengembangkan Bisnis Lewat Internet”. Anda dapat mengikuti aktivitasnya di personal websitenya atau di profil Facebooknya.

Leave a Reply

-->
%d bloggers like this: