Menciptakan Kebersamaan Keluarga dengan Jaringan di Rumah

Home / Artikel / TI (Teknologi Informasi) / Review / Menciptakan Kebersamaan Keluarga dengan Jaringan di Rumah

TP Link TL-WR340G, kecil dan murah tapi handal!
TP Link TL-WR340G, kecil dan murah tapi handal!
Sehingga untuk menebus ini semua, biasanya mereka merancang kebersaman dengan acara keluar. Misal: jalan-jalan dan makan bareng di mall. Tapi tentu saja acara seperti ini tidak bisa dilakukan seringkali. Karena perlu waktu dan biaya.

Oleh: Mochamad Yusuf*

Saat ini kebanyakan keluarga modern saban harinya sibuk dengan aktivitas masing-masing. Anak-anak sekolah mulai pagi sampai siang. Bahkan ada yang sampai sore. Ayah bekerja mulai pagi sampai sore bahkan malam. Terkadang ibu juga ikut bekerja. Praktis mereka bertemu hanya sebentar saat pagi hari.

Sehingga untuk menebus ini semua, biasanya mereka merancang kebersaman dengan acara keluar. Misal: jalan-jalan dan makan bareng di mall. Tapi tentu saja acara seperti ini tidak bisa dilakukan seringkali. Karena perlu waktu dan biaya.

Sebenarnya kebersamaan bisa diciptakan di rumah. Di dalam rumah. Tidak perlu sampai keluar rumah, atau sekedar di halaman atau fasilitas umum di perumahan. Yakni dengan bermain bareng lewat komputer, tablet atau ponsel.

Banyak permainan yang bisa dimainkan secara bareng. Saya sendiri dengan anak-anak pernah memainkan game balap ‘Need for Speed’. Di permainan kita bisa saling mengalahkan untuk terdepan dengan mobil yang bisa dipilih. Atau kalau main tembak-tembakan bisa banyak. Bukan ‘Point Blank’. Tapi bisa ‘Counter Strike’ atau ‘Call od Duty’ dan masih banyak lagi.

Caranya tentu dengan menyambungkan komputer/tablet/ponsel kita dengan anak-anak. Zaman dulu saya harus memakai kabel. Agak ribet karena harus bisa menghafal urutan warna kabel. Ini untuk melakukan ‘ripping’ membuat colokan RJ45. Ya, kita buat jaringan di rumah seperti di kantor kebanyakan.

Sekarang lebih mudah dan praktis. Tidak perlu switch, hub dan kabel. Cukup wifi acces point. Biasanya accent point sudah tercakup dalam modem router, seperti TP Link TL-WR340G. Murah kok. Saya dulu beli sekitar 176.000.

Untuk instalasinya, untuk mudahnya tancapkan dulu ke komputer lewat kabel RJ45. Bukan browser Anda seperti Google Chrome. Ketikkan alamat http://192.168.0.1. Masukkan username dan password ‘admin’. Setelah itu bisa klik pada ‘Quick Install’. Ikuti petunjuknya. Restart selesai.

Bila sudah jalan, tinggal pasang di tengah rumah cukup tinggi, sehingga bisa menjangkau seluruh rumah. Jangkauannya cukup jauh. Bisa sampai tetangga 2 rumah kanan kiri depan belakang. Hehehe.

Setelah ini Anda bisa melakukan kegiatan bersama dengan anggota keluarga. Bermain game. Tapi tak hanya itu, karena sekarang Anda bisa ngeprint langsung di kamar Anda tanpa perlu membawa laptop ke printer. Juga bisa membaca file di seluruh komputer yang masuk dalam jaringan.

Asyik kan? Dengan modal kurang dari 200.000 kita bisa menciptakan kebersamaan. Apalagi dengan jaringan ini Anda bisa membagi internet Anda ke seluruh keluarga (untuk caranya akan saya tulis di artikel lain). [PUTA, 07/11/2013]

~~~
*Mochamad Yusuf adalah online analyst, konsultan tentang ‘online communication’, pembicara publik tentang IT, host radio, pengajar sekaligus praktisi IT. Aktif menulis dan beberapa bukunya telah terbit. Yang terbaru, “Jurus Sakti Memberangus Virus Pada Komputer, Handphone & PDA”. Anda dapat mengikuti aktivitasnya di personal websitenya, http://yusuf.web.id atau di Facebooknya, http://facebook.com/mcd.yusuf.

2 Comments

Leave a Reply

-->
%d bloggers like this: