Menerapkan Feng Shui di Ruang Kerja

Home / Artikel / SDM (Sumber Daya Manusia) / Menerapkan Feng Shui di Ruang Kerja

yin-and-yang-829613_1920_300Sebagian besar orang mengenal Feng Shui dan di antaranya percaya pada Feng Shui. Feng Shui dikenal sebagai pedoman dalam membangun rumah atau mengatur tata letak rumah. Tapi bagaimana dengan kantor? Ternyata Feng Shui juga dapat diterapkan di kantor, khususnya untuk mengatur ruang kerja kita.

Pada dasarnya tujuan Feng Shui adalah menciptakan keseimbangan (harmoni) antara kita dan lingkungan. Sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan dan mencegah dampak negatif yang mungkin terjadi dari lingkungan sekitar kita seperti sakit.

Tujuan penerapan Feng Shui di kantor adalah menciptakan ruang kerja yang nyaman dan menyenangkan untuk mendapatkan suasana hati yang ujung-ujungnya adalah meningkatkan kinerja kita. Jadi tidak ada salahnya untuk menerapkannya. Kalaupun tak percaya, minimal kita tahu harusnya bagaimana mengatur kantor kita.

Jadi mari kita simak bagaimana penerapannya untuk ruang kerja.

  1. Menerapkan keseimbangan
    Filosofi Cina kuno percaya bahwa alam terdiri dari unsur positif dan negatif. Unsur positif yang disebut ‘qi’ ini, akan menciptakan hubungan yang positif dengan rekan kerja. Energi positif ini juga membuat hidup sehat, damai dan makmur.Sebaliknya unsur negatif, disebut ‘sha qi’, akan membuat hubungan Anda kurang harmonis di kantor. Unsur ‘sha qi’ ditimbulkan dari tumpukan barang di ujung meja dan penataaan barang-barang di lantai (di bawah meja) yang tidak “harmonis”. Jadi rapikan meja dan bawah meja Anda.
  2. Manata meja kerja
    Untuk menciptakan energi positif, maka pertama kali yang bisa dilakukan adalah memastikan meja kerja cukup nyaman untuk bekerja. Tidak terlalu sempit. Memang sebagian besar meja kerja sudah dibuat oleh kantor yang dibuat dalam kotak-kotak (kubikel).Menurut Feng Shui meja kerja harusnya menghadap pintu. Mengapa? Karena dengan menghadap pntu kita dapat mengetahui siapa yang Akan datang. Mengapa begitu penting mengetahui siapa yang akan masuk ke ruangan kita? Ini agar supaya kita tenang, tidak gelisah sepanjang hari.Bila meja Anda membelakangi pintu, Anda dapat meletakkan cermin kecil di lampu kerja atau komputer. Cermin ini fungsinya seperti spion di kendaraan. Jadi meski Anda membelakangi pintu, lewat cermin Anda masih bisa mengetahui siapa yang datang.

    Lainnya di belakang Anda harus ada dinding. Hal ini akan memberikan energi dan dukungan untuk Anda.

  3. Jangan biarkan meja berantakan
    Adalah keniscayaan kalau di meja penuh banyak berkas. Tapi tahukah Anda menurut Feng Shui, meja yang berantakan akan menghilangkan energi positif kita dan juga nantinya mengurangi efisiensi kegiatan yang sedang dilakukan. Karena itu sempatkan selalu menjaga meja tetap rapi, bersih dan harmonis. Manfaatkan rak di atas atau lemari untuk menyimpan berkas-berkas yang sudah jarang dipakai. Lalu buang semua pernak-pernik tidak berguna seperti brosur, gambar-gambar lucu, klipingan koran atau merchandise dari berbagai tempat. Atau kalau merasa sayang dibuang, masukkan dalam box tertutup.
  4. Seimbangkan warna dan cahaya
    Cara paling mudah mengubah ruang kerja kita adalah menambah atau mengganti warna. Bagi Anda yang bekerja dalam kubikel (sekat-sekat kotak), tentu ruangannya menjadi terbatas. Penambahan warna membuat kesan kubikel luas dan menenangkan. Pilih warna biru yang lembut, hijau daun dan ungu yang kuat. Warna tersebut selain mempunyai fungsi di atas, juga memberikan dukungan kesehatan dan kekuatan mental.Bila kubikel diterangi lampu pijar, ganti dengan lampu bohlam yang memberikan cahaya yang hangat dan sehat. Lampu pijar kerapkali membuat silau Anda dan membuat Anda cepat lelah. Bila tidak memungkinkan, Anda bisa membawa lampu belajar sendiri.
  5. Dekorasi dengan Tumbuhan
    Letakkan pot kecil dengan tumbuhan yang mau diberi cahaya dan air sedikit, seperti kaktus. Tanaman yang berada di meja akan meningkatkan energi natural, kreativitas dan memacu ide-ide baru. Jadikan lingkungan kerja yang menyenangkan dengan mengubah kubikel yang stagnan menjadi aktif. Ruang kerja yang menyenangkan membantu meningkatkan konsentrasi, mempengaruhi transaksi bisnis dan membangunkan energi bersemangat. *(my/20160405)

Leave a Reply

-->
%d bloggers like this: