Mengapa Harus Menggunakan HP Dual On (1)

Home / Artikel / TI (Teknologi Informasi) / Review / Mengapa Harus Menggunakan HP Dual On (1)

gk-berHP-06Kelebihan HP lokal adalah harganya. Terjangkau. Bahkan bisa dibilang murah sekali. Misal HP branded berkoneksi 3G, harganya sekitar 900 ribuan. Tapi HP lokal harganya cukup 500 ribuan.

Oleh: Mochamad Yusuf*

Sejak boomingnya HP merk lokal/Cina, saya penasaran dengan HP-HP ini. Apa yang membuat HP tersebut disukai oleh konsumen Indonesia? Kenapa sampai begitu laris? Begitu larisnya sampai market sharenya menggerogoti market share HP branded.

HP branded adalah HP merk global yang di negara lain bisa kita temukan HP merk ini. Contohnya Nokia, Motorolla, Samsung, LG, SonyEricsson dan lain-lain. Sedang HP lokal adalah merk HP yang hanya kita temukan di Indonesia. Di negara lain, kita tak menemukan merk ini. Contoh HP lokal adalah Nexian, Ti-phone, HT Mobile dan lain-lain.

Ada juga merk regional yang hanya ada di negara-negara tertentu seperti K-Touch, CSL dan lain. Juga ada merk Cina, yang aslinya dari negara Cina misal Huawei dan ZTE.

Apa yang istimewa dari HP lokal/Cina ini? Apa yang dimilikinya yang tak dimiliki oleh HP branded. Sehingga konsumen Indonesia menyukainya?

Kelebihan HP lokal adalah harganya. Terjangkau. Bahkan bisa dibilang murah sekali. Misal HP branded berkoneksi 3G, harganya sekitar 900 ribuan. Tapi HP lokal dengan fitur yang sama, harganya cukup 500 ribuan.

Yang lain adalah fitur yang dimilikinya. Banyak fitur yang dimiliki oleh HP lokal tak dimiliki HP branded. Misalnya: TV analog. Dengan fitur ini, penggunana HP lokal bisa menyaksikan siaran TV tanpa makan pulsa, karena menggunakan koneksi analog. Persis seperti TV biasa menyiarkan program.

HP branded sebenarnya juga memiliki fitur TV ini. Tapi mereka menggunakan koneksi internet. Dan ini makan pulsa. Tentu saja kualitasnya lebih bagus. Tapi bagi konsumen Indonesia kualitas tak diperhatikan. Karena fitur TV ini hanya sekedar hiburan di kala senggang. Kala tak ada kegiatan yang bisa dilakukan. [TSA, 10/02/2011]

[BERSAMBUNG]

~~~
*Mochamad Yusuf adalah online analyst, pembicara publik, host radio, pengajar sekaligus praktisi TI di SAM Design. Aktif menulis dan beberapa bukunya telah terbit. Yang terbaru, “Jurus Sakti Memberangus Virus Pada Komputer, Handphone & PDA”. Anda dapat mengikuti aktivitasnya di personal websitenya atau di Facebooknya.

2 Comments

Leave a Reply

-->
%d bloggers like this: