Mengenal Profesi: Agen Property

Home / English / Knowing Profession / Mengenal Profesi: Agen Property

open-house-1163357_300Bila kita jalan-jalan seringkali lihat spanduk kecil yang dipasang di pagar rumah atau gedung. Tulisannya ada kesamaan yakni ada tulisan dijual, disewa atau dikontrak. Yang berbeda di sampingnya atau dibawahnya yang menunjukkan nama-nama yang harus dihubungi.

Mereka ini dinamakan sebagi agent property atau broker. Tapi ada yang menamakan sebagai konsultan properti.

Agent property adalah penghubung antara pembeli dan penjual properti. Jadi yang punya properti, rumah atau gedung, yang ingin disewa/dikontrak/dijual minta bantuan pada agent property. Lalu agent property inilah yang mencari penjual/penyewanya. Maka bagi yang tertarik dengan properti ini maka akan menghubungi agent property tersebut.

Kenapa ada agent property? Karena yang memiliki properti biasanya tidak punya waktu bila ada seseorang tertarik untuk membeli/menyewanya. Mereka yang tertarik bisa sewaktu-waktu ingin melihat, padahal pemilik sedang memiliki kesibukan. Selain itu pemilik kadang tidak mampu berkomunikasi untuk menjelaskan nilai lebih dari propertinya.

Karena itu untuk menjadi agent property haruslah memiliki kemampuan berkomunikasi, supel, bersemangat, ramah kepada orang lain. Tentu saja juga harus menguasai properti yang dijualnya. Selain itu memiliki kendaraan sendiri agar lebih leluasa melihat properti yang dibantu dijual/disewa serta mampu menguasai alat komunikasi.

Yang menjadi tantangan bagi agent property saat ini adalah semakin banyaknya agent property yang bermunculan. Persaingannya jadi cukup ketat. Maka untuk menang persaingan ini harus memberi pelayanan lebih kepada konsumennya.

Untuk penghasilan, seorang agent property mendapatkan komisi dari nilai transaksi properti yang dilakukan. Besaran komisi tergantung pada kesepakatan awal antara pemilik dan agent property.

Biasanya transaksi di atas 1 milyar, komisinya sebesar 2,5 persen. Jadi bila deal, dia bisa membawa pulang 25 juta. Sangat besar. Bila kurang dari 1 milyar, komisinya sebesar 3 persen. Untuk properti yang disewakan, komisinya bisa sampai 5 persen. Jadi cukup menggiurkan ya penghasilan sebagai agent property.

Anda teratrik? Lalu bagaimana menjadi seorang agent property? Cukup mudah. Anda tinggal membawa surat lamaran pada agent-agent property yang Anda ketahui. *(my/20160713)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

-->