Menghindari Gemuk Setelah Jadi Karyawan

Home / Artikel / SDM (Sumber Daya Manusia) / Menghindari Gemuk Setelah Jadi Karyawan

hunger-413685_1920_300Pekerjaan yang menumpuk, dan aktivitas yang banyak saat bekerja akan membuat karyawan berpikiran berat badannya akan turun. Pada faktanya berdasarkan survei dari Career Builder India bahwa pekerja di India sekitar 52 persen berat badannya naik lebih dari 5.2 Kg setelah bekerja. Membuat jarum timbangan dengan mudah melejit ke kanan seperti roller coaster yang sedang berjalan.

Mungkin Anda heran kenapa berat badan Anda tidak turun dengan pekerjaan yang menumpuk, dan aktivitas yang padat. Sering sekali kita mendengarkan kalimat it’s not about skinny, it’s about healthy. But skinny doesn’t mean you are healthy. Semua orang menginginkan berat badan yang ideal tetapi tidak memperhatikan apa yang mereka makan dan pola hidupnya.

Ada beberapa kebiasaan Anda saat bekerja tanpa Anda sadari sehingga membuat berat badan naik.

  1. Anda orang yang suka ngemil
    Kebiasaan ngemil saat bekerja merupakan salah satu hal yang membuat timbangan Anda ke arah kanan. Jika tidak ngemil Anda akan merasa mengantuk, bosan atau mungkin lapar. Anda dapat mengatasi hal ini dengan mengganti camilan Anda dengan camilan buah-buahan. Dengan mengkreasikan buah-buahan seperti salad buah, puding buah, atau ice cream buah akan membuat Anda tidak bosan untuk ngemil buah.
  2. Lebih memilih lift
    Di tempat kerja, Anda lebih memilih menggunakan lift yang mudah dan praktis tanpa harus capek. Cobalah untuk menggunakan tangga yang tersedia di kantor. Menaiki tangga selama 5 menit akan membuat Anda kehilangan beberapa kalori dalam tubuh. Anda dapat menggunakan calorie calculator untuk mengetahui berapa kalori yang terbuang dengan menggunakan tangga selama 5 menit.
  3. Suka makan di luar saat makan siang
    Saat jam makan siang Anda tidak dapat menolak ajakan teman untuk makan di luar dan teman Anda ingin makan yang berkarbohidrat tinggi. Anda bisa mengusulkan kepada teman untuk pergi ke tempat makan yang tidak terlalu berkarbohidrat yang menjual banyak menu sayuran dan ikan atau ayam yang dimasak dengan sehat.
  4. Menyimpan brosur nomer delivery resto
    Singkirkan brosur resto yang menyertakan nomer delivery yang Anda punya. Brosur dengan tampilan foto makanan dan minuman yang menarik akan memancing Anda untuk menelpon nomer delivery resto yang Anda punya saat merasa lapar.
  5. Malas melakukan olahraga
    Dengan pekerjaan yang menumpuk dan aktivitas yang padat membuat Anda kelelahan dan malas melakukan olahraga. Tubuh yang sehat membutuhkan olahraga yang cukup. Olahraga cardio selama 15-30 menit sebelum bekerja atau sesudah bekerja akan membuat badan Anda terasa lebih ringan dan tidur terasa lebih nyenyak. Anda dapat mengajak teman kantor, pacar, suami, atau istri Anda untuk melakukan olahraga bersama dan membuat komitmen untuk saling mengingatkan melakukan olahraga. *(rd/20160512)

One Comment

  • Prasetyo

    Terima kasih untuk artikel nya, sangat membantu buat saya terutama untuk masalah berat badan yg menjadi masalah utama.
    Saya punya kebiasaan kerja sampai larut malam, jadi jarang sekali memperhatikan pola makan saya.
    Ternyata artikel diatas dapat memberikan solusi buat saya untuk selalu menjaga berat badan agar tetap ideal.

Leave a Reply

-->
%d bloggers like this: