Mengusir Energi Negatif di Kantor

Home / Artikel / SDM (Sumber Daya Manusia) / Mengusir Energi Negatif di Kantor


Hal yang wajar saat bekerja di kantor terjangkit energi negatif seperti perasaan jenuh, malas, bete, nyinyir dan lainnya. Tapi jangan sampai energi negatif ini menjadi penyakit yang menahun. Karena itu usir energi negatif sebelum menjadi ‘kanker’ yang tidak dapat dibasmi.

Caranya mudah, yakni timbulkan terus energi positif. Bila energi positif terpancar, energi negatif tidak akan mampu menempel lama. Jadi meski ada gosip ada karyawan baru yang langsung dapat gaji dan fasilitas luar biasa, Anda tidak ikutan nyinyir dan bergosip ria. Meski ada isu pengurangan pegawai, tidak membuat malas berangkat kerja, dan seterusnya.

Bagaimana memunculkan energi positif ini? Cobalah tips yang diberikan oleh Bonnie Kelly dan Teresa Walsh, pemilik toko perhiasan dari Silpada Designs.

  1. Melakukan kegiatan berbeda
    Cobalah mengerjakan sebuah kegiatan yang berbeda dari biasanya. Minta ijin ke atasan untuk menggagas sebuah proyek baru atau mengajukan diri secara sukarela mengerjakan sebuah tugas dari departemen lain. Apapun itu. Cobalah lakukan sesuatu kegiatan berbeda dari yang biasa Anda kerjakan.Melakukan kegiatan tersebut akan memberikan semangat untuk mengontrol kehidupan pekerjaan Anda. Selain itu juga akan menambah kemampuan dan membantu Anda terus termotivasi dan berenergi positif.
  2. Menjauh dari isu dan gosip
    Seringkali kita dengar isu atau gosip seputar kantor. Tidak bisa kita tolak, karena itu datang dari rekan kerja Anda. Namun demi kesopanan, didengar saja. Tidak perlu ditanggapi. Intinya menjaga percakapan Anda tetap netral dengan rekan kerja lain. Karena gosip dan isu hanya memunculkan ketidakjelasan dan kecemasan. Jadi singkirkan isu dan gosip tersebut dari pikiran Anda.
  3. Keluarlah dari tempurung kantor
    Cobalah mengikuti aktivitas di luar pekerjaan kantor. Ikutlah seminar, kursus, kegiatan sosial dan lainnya. Dengan mengikuti kegiatan-kegiatan ini Anda bertemu dengan orang baru sehingga memperluas jaringan Anda. Dan juga menambah pengetahuan dan ketrampilan Anda. Siapa tahu jaringan dan kemampuan baru Anda ini berguna mendapatkan pekerjaan baru.
  4. Menikmati hidup
    Nikmatilah hidup. Jangan terjebak dengan rutinitas kantor. Pergilan menonton film, mendaki gunung, pergi ke tempat-tempat wisata dan sebagainya. Nikmatilah hidup. Ini sangat penting khususnya bagi seseorang yang sedang menghadapai tekanan bertubi-tubi. Kegiatan yang Anda lakukan ini akan memberi energi positif dan semangat bagi Anda.
  5. Tetapkan target-target kecil
    Buatlah target-target kecil yang harus Anda kejar. Misal: berhasil menyelesaikan 100 dokumen sehari. Atau datang di kantor satu jam lebih awal. Dengan memberi target-target kecil, ada perasaan senang dan puas bila tercapai. Ini juga akan memberi Anda semangat dan energi positif. Karena itu tingkatkan terus target-target kecil. Anda akan heran dan kagum kalau ternyata Anda bersemangat. Oh ya, berilah penghargaan bila telah mencapai target misal: makan di kedai yang diinginkan. *(my/20160426)

Leave a Reply

-->
%d bloggers like this: