Menikmati Push Email Gratis, Kenapa Nggak?

Home / Uncategorized / Menikmati Push Email Gratis, Kenapa Nggak?

gk-berHP-03Sejak Blackberry booming, push email menjadi terkenal. Lalu apakah harus memiliki Blackberry? Tak perlu! Bahkan anda bisa menikmati layanan ini tanpa mengeluarkan uang sepeser pun. Bagaimana caranya?

Oleh: Mochamad Yusuf*

Sejak Blackberry booming, layanan push email menjadi terkenal di kalangan masyarakat Indonesia. Kalau dulu komunikasi cukup dengan telpon (suara) dan SMS, sekarang dirasa perlu juga berkomunikasi via email.

Ada beberapa keunggulan berkomunikasi via email:
1. Bisa mengirim attachment.
Ini sangat perlu kalau kita harus mengirim/menerima file dokumen seperti word, excel dan lainnya. SMS tentu saja tak bisa melakukannya.
2. Bisa berkomunikasi dengan selain pengguna ponsel.
Dengan email, kita bisa berkomunikasi tanpa harus menggunakan ponsel seperti SMS. Ini bisa kita gunakan untuk berkomunikasi dengan pengguna komputer.
3. Bisa berlangganan milis.
Dengan email, kita dapat berlangganan milis yang kita inginkan, misal: milis pengguna ponsel Nokia. Sehingga kita bisa mendapat informasi dan bertukar pengalaman sesama pengguna ponsel Nokia lainnya.

Dengan layanan push email, email seakan-akan seperti SMS. Setiap email datang ke server, dikirim langsung ke ponsel kita. Kita membacanya dan membalas langsung di ponsel. Begitu praktis dan menyenangkan.

Push Email ini memang layanan Blackberry yang utama. Untuk bisa berpush email via Blackberry ini, anda harus memiliki ponsel Blackberry dan berlangganan layanan Blackberry. Sayangnya harga yang harus dibayar cukup mahal.

Handset Blackberry yang paling murah, masih di atas 2,5 juta. Layanan Blackberry yang paling murah di atas 75.000. Ini belum pulsa untuk layanan telpon dan SMS anda. Jadi biaya operasional anda per bulannya, bisa banyak.

Lalu apakah kita tak bisa menikmati layanan Push Email ini? Bisa! Bahkan anda bisa menikmati layanan ini tanpa mengeluarkan uang sepeser pun. Lho? Bagaimana caranya?

Ada beberapa yang harus anda lakukan:
1. Anda bisa berlangganan push email gratisan. Ada beberapa pihak yang menawarkan jasa push email gratis. Pengalaman saya menggunakan, cukup bagus.

Saya tak pernah menggunakan Blackberry, jadi saya tak bisa membandingkan dengannya. Tapi bagaimanapun Blackberry pasti lebih unggul. Lha, layanan ini harus bayar. pepatah Jawa mengatakan, “Onok rego onok rupo”. Uang menentukan kualitasnya.

2. Anda bisa memanfaatkan promo gratis data dari seluler.
Manfaatkan promo gratis data dari seluler. Misal: Axis Asic memberi gratis 1 Mb data per hari. Ini tentu sangat sedikit. Tapi dengan beberapa triks, seperti dijelaskan di point nomor 3, kita bisa merasakan puah email dengan 1 Mb. Saya pernah eksperimen 1 Mb ini cukup menikmati layanan push email selama sehari.

3. Set terima email dengan interval waktu tertentu.
Di layanan push email gratis, ada setingan untuk mengatur kapan kita bisa menerima email. Defaultnya tentu saja real time. Setiap waktu ponsel akan melakukan sinkronisasi dengan server, untuk mengecek email. Bila ada email, otomatis ponsel akan menerima email.

Namun setingan ini akan menghabiskan pulsa dan baterai. Anda bisa mengatur intervalnya lebih jarang. Semakin jarang, semakin hemat. Tapi tentu saja, email yang diterima tak real time lagi. Tapi bagi saya terlambat 1 jam, masih oke. Karena itu paling moderate, anda bisa mengatur intervalnya selama 1 jam. Pengalaman saya dengan interval ini, anda tak membutuhkan banyak data koneksi. 1 Mb cukup!

Lalu pihak mana yang memberi layanan gratis push email? Banyak. Yang akan saya jelaskan ini, adalah apa yang sudah pernah saya coba.

1. Nokia Messaging.
http://mail.nokia.com
Bila anda pengguna ponsel Nokia, anda bisa memanfaatkan layanan ini. Sayangnya sekarang sudah tak gratisan lagi. Beberapa waktu lalu karena masih trial, digratiskan. Tapi untuk tipe-tipe tertentu, gratisan ini masih berlaku seperti tipe E75. Teman saya pemilik ponsel ini, sampai sekarang menikmati layanan ini dengan gratis.

Layanan ini cukup bagus. Terintegrasi dengan ponsel Nokia. Dan tak bikin lemot ponsel. Bisa menampung banyak account email. Saya pernah menset sampai 3 account.

2. Se7en.
http://www.se7en.com
Ini adalah layanan yang pernah saya pakai, setelah mencoba Nokia Messaging. Layanan ini juga bisa menampung banyak account. Bagi anda bukan pengguna ponsel Nokia, anda bisa memanfaatkan layanan ini. Sayangnya aplikasi ini bikin lemot ponsel. Saya tak menyarankan menggunakannya.

3. Emoze.
http://www.emoze.com
Ini juga bisa digunakan bagi pengguna non Nokia. Tak terlalu membuat lemot bagi ponsel. Ini juga bisa menampung banyak account.

Sayangnya menggunakan layanan push email ini membuat baterai cepat habis. Oh ya, saya tak tahu apakah aplikasi ini bisa diinstall di semua OS ponsel? Ponsel saya menggunakan OS Symbian 5th, bisa diinstall semua aplikasi di atas. Coba cek di websitenya, apakah ponsel anda dapat disupport.[TSA, 07/05/2010]

~~~
*Mochamad Yusuf adalah online analyst, pembicara publik, host radio, pengajar sekaligus praktisi TI di SAM Design. Aktif menulis dan beberapa bukunya telah terbit. Yang terbaru, “Jurus Sakti Memberangus Virus Pada Komputer, Handphone & PDA”. Anda dapat mengikuti aktivitasnya di personal websitenya atau di Facebooknya.

3 Comments

Leave a Reply

-->
%d bloggers like this: