Nokia C3, Calon Ponsel Sejuta Umat?

Home / Artikel / TI (Teknologi Informasi) / Review / Nokia C3, Calon Ponsel Sejuta Umat?

gk-nokia-c3Meski Nokia mengumumkan baru akhir kuartal ini masuk pasar, namun seorang teman telah melaporkan penampakan di Roxy. Meski saya ragu kebenarannya, ponsel ini mungkin layak ditunggu. Kenapa? Karena QWERTY, WiFi, harga 1,1 jutaan dan Nokia!

Oleh: Mochamad Yusuf*

Bila anda saat ini bimbang menentukan ponsel QWERTY, WiFi dan murah yang pantas dibeli, mungkin anda bisa menantikan Nokia C3 ini. Selain kaya fitur canggih, merk Nokia itu lho yang bisa jadi pertimbangan. Tapi apa layak kita tunggu?

Saat beberapa hari lalu saya menulis tentang ponsel QWERTY murah yang berWiFi, ada seorang teman yang memberi komentar untuk menunggu datangnya Nokia C3. Saya sebenarnya sudah tahu sebelumnya dari milis. Dan saya cek memang betul. Cuma akan keluar sekitar akhir kuartal 2 (Q2).

Tapi teman ini menginformasikan bahwa barangnya sudah terlihat perawakannya di Roxy. Roxy adalah tempat jual beli ponsel terbesar di Jakarta bahkan Indonesia. Meski saya ragu dengan kebenarannya, ponsel ini memang patut dicermati.

Selain bermodel tombol QWERTY, sudah dilengkapi dengan fitur WiFi. Dan untuk ini harganya terjangkau, sekitar 1,1 juta (kurs harga yang diumumkan Nokia). Padahal ponsel seperti ini lazimnya adalah merk lokal/Cina. Dan memang dalam artikel itu, saya tulis 10 ponsel yang semuanya merk lokal/Cina. Lebih jelasnya bisa baca artikel 10 ponsel QWERTY WiFi Murah (Kurang dari Sejuta) ini.

Selain fasilitas itu, masih ada fitur messaging, chatting bahkan push email. Fitur ini diklaim tak kalah dengan ponsel Blackberry. Jadi dengan harga murah, rasanya sangat pantas untuk dimiliki.

Apakah dengan tipe ini, Nokia bisa berjaya lagi? Karena sejak adanya ponsel lokal/Cina, memang Nokia terdesak. Karena dengan model QWERTY dan harganya murah, masyarakat Indonesia menyambut dengan antusias. Mungkin sekarang Nokia mau merebut pasarnya yang sempat direbut oleh mereka. Bahkan ada harapan menjadi model yang laris, seperti tipe 5510 atau 8310.

Beberapa tahun lalu, Nokia meluncurkan ponsel dengan fitur canggih, bercover yang bisa diganti-ganti tapi murah. Dialah 5510. Masyarakat Indonesia menyambutnya, dan menjadikan ponsel ini laris manis, sehingga banyak yang memilikinya. Sehingga ponsel ini dinamakan sebagai ponsel sejuta umat.

Apakah Nokia C3 akan bernasib seperti itu? Saatnya kita tunggu…

~~~
Ponsel Nokia C3 ini adalah handset yang berplatform Nokia Series 40. Nokia C3 memiliki spesifikasi seperti jaringan Quad Band GSM/GPRS/EDGE, layar berukuran 2 inci dengan resolusi QVGA dan dukungan 262 ribu warna, Full QWERTY keyboard, WiFi dan Bluetooth.

Berikut adalah spesifikasi lengkap Nokia C3:

Jaringan: GSM 850 / 900 / 1800 / 1900;
Dimensi: 115.5 x 58.1 x 13.6 mm, 63.2 cc;
Berat: 114 g;
Layar: Type TFT, 256K warna, Resolusi 320 x 240 pixels, 2.4 inchi;
Keypad: Full QWERTY keyboard;
Konektifitas: GPRS Class 32, EDGE Class 32, Wi-Fi 802.11 b/g, Bluetooth v2.1 with A2DP, USB v2.0 microUSB;
Browser: WAP 2.0/xHTML, HTML (Opera);
Memori: Internal 55 MB, Card slot microSD, up to 16GB;
Kamera: 2 MP, 1600×1200 pixels, Support Video QCIF@15fps;
Multimedia: Radio Stereo FM radio, MP4/H.264/H.263 player, MP3/WAV/WMA/eAAC+ player, Flash Lite v3.0;
Perpesanan: SMS, MMS, Email, Push Email, IM;
Warna yang tersedia: Slate Grey, Golden White, Hot Pink;
Fitur Lainnya: Games Downloadable, Sound Alert types Vibration, MP3 ringtones, Speakerphone, 3.5 mm audio jack, Memory Phonebook Practically unlimited entries and fields, Photocall, Call records Detailed, max 30 days, Java MIDP 2.0, Social network integration, Voice command/dial, Organizer, T9;
Baterai: Li-Ion 1320 mAh (BL-5J), Stand-by Up to 480 jam, Talk time Up to 7 jam;

~~~
*Mochamad Yusuf adalah online analyst, pembicara publik, host radio, pengajar sekaligus praktisi TI di SAM Design. Aktif menulis dan bukunya telah terbit, “99 Jurus Sukses Mengembangkan Bisnis Lewat Internet”. Anda dapat mengikuti aktivitasnya di personal websitenya atau di Facebooknya.

10 Comments

  • Tapi saya rasa Nokia terlambat. Sekarang trend QWERTY sudah lewat. Trendnya sekarang adalah layar sentuh. Tapi memang yang suka model batangan, tanpa ‘sentuh-sentuh’ masih banyak. Sekarang kita lihat saja nanti.

  • Tentu saja ponsel lokal/Cina tak akan tinggal diam, harganya pasti turun lagi. Dan ponsel Korea (LG & Samsung) juga akan turun.

    Wah, pasti seru pertempuran ponsel di mid level ke bawah… Jadi tak sabar menunggu kedatangannya. Hehehe.

  • sahid

    Ponsel Lokal/cina itu disamping murah juga sama dengan beli 1 dpt 2. disamping semua fasilitasnya ada juga mampu menampung 2 atau 3 kartu dalam 1 ponsel. ini yg membuat laris muanisss, coba nokia bikin spt itu, bukan hanya sejuta umat lagi, tp bisa 2 atau 3 juta umat mas, he he he.

    SuksesMulia

  • saiful

    ya semoga menjandi trend baru ya pak yusuf, sepertinya ini harapan dari saya (termasuk pak yusuf) ke nokia beberapa waktu lalu ya pak,,, ada nokia qwerty 1 jt-an lengkap,, hehehe

  • sabani

    impian saya sih punya satu hp yg bisa gsm dan cdma aktif bareng (dual on), ada wifi nya (buat internetan gratis di lokasi hotspot), qwerty asli, java multi tasking, GSMnya udah support EDGE/3G, cdma nya bisa dipakai akses pdn di browser hp (karena tarifnya masih paling murah). Sudah hampir terakomodir di merk ZTE GC990, tapi aku nggak suka menu-menunya (china banget gitu loh). kamera, radio, tv sih nggak terlalu penting. Kapan ya Nokia ngeluarin produk itu, pasti peminatnya lebih dari sejuta.

  • Edi

    1 hari sebelumnya sdh dpt info mengenai hp ini saat baca koran, sabtu magribnya (telet info nih) ada kabar lg promo 1 hari di 9 kota, cek di jakarta ada di plaza senayan, sdh susah cari parkiran, nggk kebagian antrian krn sdh di tutup (jadwal dr jam 10 – 22), akhirnya keliling cari orang yg di dlm antrian dan dia cuma beli 1 unit, dapat deh 2 orang yg baik hati dan mau sy titipkan masing2 1 unit, maklum krn 1 orang maksimal hanya bisa beli 2. Sdh di tes nih, saat nulis komentar ini lg sy coba pakai wifi di rumah, meski dpt jg bonus starter kit dr telkomsel dan free fasilitas nokia messaging 1 bulan.

  • It’s appropriate time to make a few plans for the long run and it is time to be happy.
    I’ve learn this post and if I may just I wish to suggest you few attention-grabbing issues or suggestions.
    Maybe you could write subsequent articles regarding this article.
    I desire to learn even more issues about it!

Leave a Reply

-->
%d bloggers like this: