Operator Seluler Bagus untuk Internet-an

Home / Artikel / TI (Teknologi Informasi) / Internet / Operator Seluler Bagus untuk Internet-an

(ref: sxc.hu)
(ref: sxc.hu)
Setelah BBM untuk Android dirilis, maka semakin banyak orang yang butuh koneksi internet di HPnya. Wajar kalau terjadi euforia BBM untuk Android ini. Karena perangkat Android beragam tipe dan spesifikasinya sehingga harga juga bervariasi. Dari murah sampai mahal. Sehingga semua lapisan masyarakat bisa membeli menyesuaikan budgetnya.

Lalu BBM untuk Android ini gratis. Tidak seperti BBM yang di native HPnya, BB, yang harus berlangganan paket BB (kecuali BB dengan OS 10), maka BBM untuk Android tidak memerlukan langganan. Hanya butuh koneksi internet saja. Tidak harus internetnya dari seluler, dari wifi saja cukup. Jadinya bisa pakai wifi kantor, sekolah, cafe dan tempat-tempat publik yang relatif gratis.

Meski begitu, orang masih perlu koneksi internet lewat operator seluler. Karena dengan ketersediaan internet di HPnya, maka tidak perlu bingung lagi cari-cari wifi. Sehingga bisa memastikan bisa BBM-an sepanjang waktu. Atau Whats App-an, Facebook-an, Twitter dan lain-lain.

Karena itu banyak pertanyaan ke saya, “Operator seluler apa yang bagus untuk internetan?”

Jawabannya mungkin tidak memuaskan Anda. Karena saya akan menjawab, “Tidak ada!”

Mengapa? Karena tidak bisa disamakan antara pengguna satu dengan lain. Kestabilan dan kecepatan koneksi internet tergantung banyak hal. Bisa saja waktu. Misal di suatu daetah di waktu pagi internet bisa cepat, tapi sebaliknya di daerah lain bisa lambat.

Faktor-faktor yang mempengaruhi kecepatan internet seluler adalah: waktu, cuaca, lokasi, jumlah website yang dibuka, aplikasi yang dibuka, hari dan lain-lainnya. Jadi sangat dinamis. Bahkan dengan kartu yang sama, hari ini kencang besok bisa lambat.

Saran saya:
Beli kartu perdana. Pilih yang bukan cantik. Yang yang murah itu. Paling maksimal Rp 5.000. Biasanya sudah ada pulsanya. Lalu coba akses internet. Dan coba rasanya kecepatannya. Kalau lambat, ya buang saja. Dan beli lagi kartu perdana operator lain. Coba lagi. Terus begitu, sampai kemudian menemukan operator yang bagus. Setelah itu baru diisi pulsanya dan berlangganan paket internetnya.

Kalau nanti lambat lagi, ya saatnya mencoba operator lain… Memamg tidak ada jaminan sebuah operator seluler internetnta kencang terus… Hehehe. [PUTA, 27/11/2013]

~~~
*Mochamad Yusuf adalah online analyst, konsultan tentang ‘online communication’, pembicara publik tentang IT, host radio, pengajar sekaligus praktisi IT. Aktif menulis dan beberapa bukunya telah terbit. Yang terbaru, “Jurus Sakti Memberangus Virus Pada Komputer, Handphone & PDA”. Anda dapat mengikuti aktivitasnya di personal websitenya, http://yusuf.web.id atau di Facebooknya, http://facebook.com/mcd.yusuf.

3 Comments

  • Coba-coba pun nggak bisa 1-2 kali, terus ambil kesimpulan, Pak. Karena satu operator seluler pun ada up-down-nya. Lha kalau pas eksperimen koneksinya up, padahal biasanya lelet, bisa dikira bagus tuh. Sebaliknya, operator bagus dan lokasi tepat, tapi pas diadakan percobaan sedang apes (lelet), ya langsung divonis buruk dong.

    Saranku, kalau mau percobaannya lebih valid, masing2 operator seluler dicoba koneksinya Senin-Minggu, setidaknya 4 kali/hari: pagi, siang, sore, malam. Nanti dibikin tabel selama seminggu. Terus dibandingkan hasilnya semua dengan operator seluler lain. Mana yang terbaik kan kelihatan.

    Jadi lebih akurat tuh. Bahkan kalau laporannya diketik rapi plus dikasih bab analisis dan kesimpulan, hasil percobaan ini bisa jadi skripsi, hahaha…

    Kalau nggak mau gitu, ya gambling aja. Pilih sesuai insting sambil berdoa mudah2an oke. Hehehe.

  • Hello admin do you need unlimited articles for your page ?
    What if you could copy post from other blogs, make it
    unique and publish on your site – i know the right tool for you, just search in google:
    Ziakdra’s article tool

Leave a Reply

-->
%d bloggers like this: