Pekerjaan Minim Stres

Home / Artikel / SDM (Sumber Daya Manusia) / Pekerjaan Minim Stres

girl-1064659_1920_300Pernah suatu ketika seorang teman mengomentari betapa enaknya pelawak yang bekerja di TV. Komentar ini muncul saat kita melihat sebuah acara komedi di televisi swasta. Katanya, sudah tertawa-tawa eh mereka masih dibayari. Benar-benar menyenangkan. Benar-benar bebas stres.

Oleh: Mochamad Yusuf*

Bebas stres? Entahlah. Tapi banyak juga para pelawak yang terjerumus ke dunia minuman keras dan narkoba. Kalau mereka terjerumus ke sana, bisa saja itu pelarian dari stres yang diderita oleh mereka. Wallahualam.

Yang jelas profesi pelawak tidak ada dalam daftar yang dirilis oleh Yahoo. Betul, beberapa waktu lalu Yahoo sempat mengeluarkan daftar pekerjaan yang rendah stres. daftar itu memang bukan bebas stres. Tapi para pekerjanya sangat menikmati pekerjaan dan memiliki kepuasan yang tinggi sehingga mereka relatif bebas stres. Atau lebih tepatnya minim stres.

Berikut daftar pekerjaan yang menurut Yahoo minim stres:

  1. Akuntan
    Saya tidak tahu bagaimana Yahoo memasukkan akuntan sebagai profesi minim stres. Tapi pengalaman saya dulu melihat teman-teman akuntan bekerja, mereka relatif hidup teratur. Jam kerja dan pulangnya relatif disiplin. Sehingga sepertinya bebas stres.

    Namun kalau menurut Yahoo, pekerjaan ini minim stres karena relatif rutin dan tanpa banyak masalah. Mereka hanya menyeimbangkan angka pemasukan dan pengeluaran. Bagi yang suka kehidupan seperti ini, akan mendapatkan banyak kesenangan.

  2. Guru PAUD
    Setuju. Saya sependapat dengan Yahoo ini. Guru PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini), bahkan yang lebih besar seperti Playgroup dan TK (Taman Kanak-kanak), sangat menyenangkan. Karena mereka mengajarkan menyanyi, bermain, bersandiwara, bermain musik dan sekali-kali berjalan-jalan. Bebas stres. Mungkin stresnya saat terima gaji. Karena konon gaji guru PAUD juga minim.
  3. Asisten suster
    Saya tidak tahu profesi ini seperti apa di Indonesia. Karena yang saya baca dari penjelasan Yahoo, mereka bekerja di rumah sakit tapi tak perlu melewati pendidikan kesehatan. Jadi kepuasan bagi mereka adalah bisa menolong orang lain, tapi tidak perlu susah payah sekolah profesi seperti suster.
  4. Perencana Keuangan
    Profesi ini tidak begitu banyak digeluti di Indonesia. Mungkin kebutuhan akan profesi ini kurang, sehingga belum banyak yang terjun ke sini. Namun menurut Yahoo, mereka bisa minim stres karena mereka dapat membantu orang lain mengatur keuangannya dengan memberikan saran-saran. Tapi resiko tetap ditanggung yang punya uang, sehingga yang stres tetap yang punya uang.
  5. Terapis pijat atau asisten terapi fisik
    Teman-teman secara guyon sering berseloroh ke teman yang kelihatan stres untuk pergi pijat. Katanya setelah dipijat, stres akan hilang. Entah, apa karena ini Yahoo memasukkan profesi ini masuk dalam minim stres. Yang jelas bagi mereka terapis pijat, pekerjaan mereka membuat orang bebas stres membuat mereka sendiri puas karena bisa membantu orang lain.
  6. Pastry chef
    Chef adalah tukang masak yang biasanya bekerja di hotel atau restoran. Tapi yang dipilih Yahoo bukan sembarang tukang masak, tapi hanya yang membuat pastry. Pastry ini roti yang kulitnya berlapis-lapis seperti kue kacang. Menurut Yahoo, mereka bisa minim stres karena kebanyakan mereka senang meracik dan berada di dapur yang memiliki banyak bahan baku. Wanginya bahan baku seperti butter gula dan kayu manis menenangkan hati mereka sehingga minim stres.
  7. Desainer grafis
    Saya setuju bila Yahoo memasukkan profesi desainer grafis sebagai pekerjaan minim stres. Berdasar pengalaman melihat teman-teman desainer grafis bekerja dulu, saya lihat mereka sangat enjoy dalam bekerja yang biasanya diiringi dengan kopi, rokok dan musik. Mereka bekerja seperti seniman. Bekerja berdasarkan mood. Karena itu kadang mereka lebih enjoy bekerja saat malam hari. Karenanya kadang perusahaan yang memperkerjakan mereka tidak memiliki batasan jam kerja yang ketat.
  8. Spesialis komputer
    Terakhir Yahoo memasukan pekerjaan spesialis komputer sebagai orang yang minim stres. saya tidak tahu seperti apa profesi spesialis komputer yang dimaksudkan itu, tapi kalau lebih sebagai troubleshooter atau maintenance di perusahaan-perusahaan, bisa jadi betul. Mereka bekerja setelah ada masalah di hardware komputer, software dan jaringan. Selama tidak ada keluhan dari pengguna, mereka akan standby yang biasanya diisi dengan browsing, bermain game atau melihat film. Benar-benar bebas stres ya?

Tapi ini menurut Yahoo lho. Lha apakah Anda setuju atau Anda punya pendapat lain? . *(my/20160415)

~~~
*Mochamad Yusuf adalah pengasuh di portal SDM (Sumber Daya Manusia), www.hrd.consulting.

Leave a Reply

-->
%d bloggers like this: