Pengalaman Masa Aktif Baterai HP Saya

Home / Uncategorized / Pengalaman Masa Aktif Baterai HP Saya

gm-nokia baterry 1Selama ini saya pengguna Nokia yang fanatik. Sejak pertama memiliki HP di tahun 1999 saya sudah memakai Nokia. Tapi karena adanya beberapa keperluan, saya menambah koleksi HP saya dengan beberapa merk. Diantaranya Motorola dan ZTE. Dengan HP ZTE, saya agak surpise dengan daya tahan baterainya.

Oleh: Mochamad Yusuf*

Pertama kali saya memiliki HP adalah Nokia 8810 (?). HP yang dikenal sebagai ‘Nokia pisang’, karena bentuknya yang melengkung. HP ini memang kalau dipakai telpon memang pas, mengikuti bentuk muka. Setelah itu beberapa tipe Nokia saya miliki. Yang terakhir adalah Nokia N-Gage QD.

Namun untuk beberapa keperluan, saya membeli HP Motorola Q8. Ini saya suka selain karena keyboardnya QWERTY, saya ingin mencoba sistem operasi Windows Mobile yang digunakan. Ya, selama ini saya pengguna Symbian yang memang digunakan oleh Nokia. Lalu terakhir saya beli Smart ZTE C261. HP ini memang saya gunakan sebagai modem untuk koneksi internet.

Waktu pertama menggunakan Motorola, saya terkejut dengan daya tahan baterainya. Boros! Kalau dipakai maksimal, paling sehari baterainya sudah habis. Paling lama sekitar 1,5 hari. Ya, kalau jarang pakai, artinya telpon dan SMSnya sedikit, baterainya paling lama bertahan 2 hari.

Saya kaget mengetahui hal ini. Dengan Nokia, pemakaian baterai bisa bertahan agak lama, sekitar 3-4 hari. Bahkan bisa sampai 5 hari. Ini pemakaian normal.

Tapi dengan ZTE C261, saya kaget juga. Tapi bukan karena borosnya, tapi hematnya. Ini kebalikan dengan Motorola. Karena sekali charge bisa sampai seminggu, 6-7 hari. Padahal saya pakai maksimal. Setiap malam, HP ini saya pakai sebagai modem non stop dari sore sampai pagi. Saya download, terus saya tinggal tidur. Pagi saya lihat hasil downloadnya.

Saya curiga Motorola saya boros baterainya karena sistem operasinya Windows Mobile. Dan selama ini saya cari solusi untuk lebih menghemat. Ada sedikit hasilnya sih. Dari biasa sekitar 1 hari menjadi sekitar 1,5 hari sampai 2 hari. Tapi tak pernah bisa lebih lama lagi. Rasanya memang Windows MObile memang boros.

Untuk ZTE, saya yakin bisa lebih lama lagi, kalau saya memakainya secara normal. Artinya tidak saya geber habis-habis non stop dipakai sebagai modem setiap malam. Saya jadi jatuh cinta dengan ZTE ini. Hehehe.

Btw, bagaimana dengan pengalaman anda dengan masa aktif baterai HP anda? Berapa lama normalnya sekali charge? [UTC Trawas, 23/1/2010]

~~~
*Mochamad Yusuf adalah konsultan senior TI, pembicara publik, host radio, pengajar sekaligus developer website & software SAM Design. Aktif menulis dan bukunya telah terbit, “99 Jurus Sukses Mengembangkan Bisnis Lewat Internet”. Anda dapat mengikuti aktivitasnya di personal websitenya atau di profil Facebooknya.

28 Comments

  • Saya menggunakan Nokia E75 yang online 24 jam dengan trafik dari Nokia push mail (http://email.nokia.com) kira2 300 lebih email per hari.

    Hidup cara online jelas boros baterai apalagi baterainya hanya 1000 mAh sebenarnya kurang besar. Untuk menghemat baterai saya menggunakan settig network GSM (2G) dan menghindari setting UMTS (3/3.5G) kecuali jika ingin mendownload file besar.

    Bedanya signifikan. Dengan mode UMTS umur baterai hanya 7 jam tapi dengan mode GSM bisa 24 jam. Tetapi jika GPS diaktifkan umur baterai akan lebih pendek lagi. Makanya kalau di mobil memasang GPS akan saya connect ke car charger.

  • ZTE memang awet mas kalau untuk daya tahan baterai. Tapi sayangnya, lebih cepat panas dibanding handphone lain jika dipakai terus menerus 😀

    kalau motorola 😀 nohope dah

  • victor

    berdasarkan pengalaman saya menggunakan hp smart haier c700, kalo dipakai sebagai modem, itu akan langsung juga connect ke baterai (charging).. jd selama kita gunakan sebagai modem, dia juga mengisi baterai.. jd kita tidak usah repot mencolokkan ke charger.. jd baterai selalu full tp ini saya bicara tentang haier c700.. mungkin juga berbeda dengan punya om Yusuf..

  • @Victor.
    Oh begitu ya. Punya saya, saya lihat nggak ngecharge. Tp punya adik ngecharge. Dan tidak bisa jadi modem.

    Lha ini, yg jadi pertanyaan sy. Kalau untuk ngeset spt itu, bagaimana caranya? Karena di manual ngga ada.

    Jadi ditancapkan komputer, bisa ngecharge, bisa tidak.

  • victor

    coba di cek dulu aja om bsa atau tidak.. pake cara manual, habiskan baterai hp sampai habis (mati), lalu dalam keadaan baterai hp kosong hp ditancapkan sebagai modem ke komputer.. sekitar 30 menit lepaskan dr komputer.. kalo baterai terisi berarti dia charging.. kalau tetap kosong ya berarti tidak bsa.. setiap hp punya fitur masing” kan om..

  • Ternyata ZTE saya memang ketika ditancapkan jadi modem, juga ngecharge. Mungkin dulu yg saya lihat tdk ngecharge, karena baterainya penuh. Pantesan saya cari manualnya untuk ngesetnya tak ada.

  • HP Motorola Q8 saya ternyata juga awet. Sampai 5 hari ini, belum dicharge. Ini gara-gara HP saya tak berikan ke istri. Dan pemakaian istri nggak begitu banyak. Hanya telpon dan SMS yg begitu jarang.

  • Muhammad Iqbal

    Saya online pakai motorola l6, baterai ngecas sendiri jika di pakai modem, koneksi usb, koneksi sih msh gprs … Kalo normal g dipakai modem biasanya tahan 2 hari

  • r@y

    mas yusu mau tanya nih, pernah update software punyae zte gc990 ga? kalo cari n update sendiri bisa g ya. pengalamanq pernah update software dopod 818pro ke winmo 6.1 tapi aku cari2 untuk update software zte kq g ada ya? kasi informasi ya. thx

  • andi

    sy mau tanya, saya baru seminggu beli HP C3 produksi Nokia yang terbaru di Oke Shop setelah dua hari saya beli HPnya saya Cas karena ngedrop sampai 2 jam saya tuggu batreynya g penuh2 apa ada gangguan y sama HP saya?

  • Bhenny mario teguh

    Saya menggunakan nokia e63 yg saya beli di Sentra ponsel. Alhmd sampai skr gak ada masalah. Untuk modem laptop bisa sampai seharian dg kecepatan 3g. Kalau untuk OL di HP bisa sampai 3 hari … Untuk kapasitas batterenya memang lebih besar dibanding henpon sekelasnya bahkan BB sekalipun

  • wendy

    pengalaman sy pake nokia 5230 ternyata soal batre makin hari makin payah hari pertama bl tahan satu hari lalu seminggu kemudian jd stg hari 2 mgg kemudian 1 hr dan satu bulan jd stg hari, padahal selama ngcharge normal loh sesuai petunjuk dan sya tidak itu juga software ny pun srg eror krn sy sampai 2-3x k nokia care so akhirnya 1,5 bln sy jual lg itu hp

    • To wendy.
      HP canggih (smart phone) memang butuh daya besar. Boros. Tapi ada beberapa hal yg bisa dilakukan untuk menghemat, misal set network ke gsm kalau tidak dipakai utk akses internet.

  • irma suryani

    gue punya hp nokia e63 belinya baru satu bulan, gue kesel banget baterainya kok boros ya, gak diapa apa in cuma sms doang paling banyak satu hari smsnya 15 tapi gue musti cas tu batrei tiap hari…
    apa memang begitu ya???
    kasih masukan dong?

  • bilal ham

    saya pake nokia e63. sebulan ini cepet habis baterenya, juga cpt panas. saya sama sekali –ya, sama seklai– tidak mengakses internte pada masa sebulan ini.
    Sebelum itu mngcharge bisa sampai 3 hari klo akses internet. Sekarang cuma 2 hari padahl tdk akses internet.
    Jadi awalnya mirip sdr. Benny Mario Teguh.
    Akhirnya mirip sdri. Irma Suryani

    Mohon tips bpk/ibu.

  • dede

    yah, kan lokasi dan asupan sinyal juga mesti dipertimbangkan,, di lokasi yang kurang bagus penerimaan sinyalnya,, baterai jadi boros lah,,

  • ikh-1

    saya baru aja pake moto q. lumayan sih kondisinya. cuma kesannya jadullll baget… n masalahnya cuma di baterai aja. 1130mAH yang cuma nahan 2 jam aja kalo buat browsing n music player( kurang dari 2 jam malah) kalo cuma mode standby aja cuma 1 hari doang…
    minta tips dong atao kasih link buat download biar hemat
    makasih

  • wahyu

    mending pake nokia E61i, ketahanan baterai bisa 7 hari, maksudnya 7x24jam. Kapasitas baterai 1500mAH. Cakep pokoknya. Dah 4 tahun pakai, tetap OK baterainya. 🙂

Leave a Reply

-->
%d bloggers like this: