Rahasia Dapat Bangun Pagi

Home / Artikel / SDM (Sumber Daya Manusia) / Rahasia Dapat Bangun Pagi

“Ampun,” kata Adi (nama samaran) saat diminta kantornya tiba lebih pagi dari biasanya. Kalau tidak akan dipecat, ancam kantornya. Selama ini dia seringkali terlambat masuk kantor. Memang bangunnya selalu siang. Dia bingung bagaimana caranya bisa bangun lebih awal. Selama ini bangunnya selalu terlambat.

Sebelum mengetahui rahasia bangun pagi, lebih baik Anda ketahui bagaimana sebenarnya siklus tidur itu.

Seseorang harus melewati 4-6 siklus tidur setiap malamnya. Setiap siklus mengandung 5 tingkatan. Tingkat 1 adalah tidur ringan, lalu berlanjut sampai tidur sangat dalam (tingkat 4). Tingkat 5 adalah tidur REM (Rapid Eye Movement), yakni saat bola mata bergerak saat tidur. Di tingkat ini seseorang mengalami mimpi.

Di tingkat 3 atau 4 seseorang akan susah untuk bangun. Bila dipaksa bangun, seseorang bisa mengalami disorientasi. Bingung dimana saat bangun. Juga akan mengalami bad mood. Dan kebanyakan orang memasuki tingkat REM sekitar pukul 4-6 pagi. Karena itulah amat sulit untuk dapat bangun di waktu-waktu itu, kata Michael Breus, PhD, D, ABSM, pakar masalah tidur dari WebMD.

Rahasia bangun awal dalam keadaan segar, nasehat Michael Breus adalah menentukan pukul berapa sebaiknya Anda pergi tidur agar bisa bisa mendapatkan tidur yang cukup. Setiap orang rata-rata membutuhkan 90 menit – 2 jam dalam setiap level dalam siklus tidurnya. Jadi seseorang membutuhkan waktu sekitar 7,5 jam untuk tidur berkualitasnya.

Tapi tiap orang berbeda kecukupannya. Ada yang 6 jam sudah cukup. Tapi ada yang baru 9 jam baru merasa cukup. Untuk itu seseorang harus mengetahui waktu tidurnya. Cobalah dengan mendengarkan kata tubuh Anda dan cukupkan istirahat.

Berikut rahasia yang diberikan oleh Michael Breus, agar Anda dapat bangun tidur lebih awal:

  1. Pasang alarm yang tepat
    Atur alarm Anda di waktu yang tidak memungkinkan Anda untuk menambah waktu tidur. Jadi set alarm dibatas limit Anda harus bangun.
  2. Hilangkan tombol snooze
    Set di aplikasi alarm Anda untuk menghilangkan tombol snooze. Karena tombol ini akan memberikan godaan untuk menambah tidur sejenak.
  3. Duduk sejenak
    Setelah bangun jangan langsung beraktivitas. Duduk sejenak di pinggir ranjang dan ayun-ayunan kaki Anda beberapa kali.
  4. Kembalikan nyawa
    Sambil mengayunkan kaki tersebut, ambil nafas 3-4 kali untuk ‘mengumpilkan nyawa’ dan lebih fokus. Juga mengurangi saki kepala, karena tiba-tiba beraktivitas dari tidur.
  5. Berolah raga
    Rutin berolah raga di pagi hari untuk memperlancar aliran darah dan menambah semangat pikiran dan tubuh. *(my/20160428)

One Comment

Leave a Reply

-->
%d bloggers like this: