Rahasia Rejeki (32): Krisis Moneter Yang Justru Jadi Rejeki Berlimpah

Home / Serial Tulisan / Rahasia Rezeki / Rahasia Rejeki (32): Krisis Moneter Yang Justru Jadi Rejeki Berlimpah

Saat seperti ini saat susah. Bagi kebanyakan orang adalah saat menangis. Orang-orang berharap situasi ini cepat berlalu. Tapi benarkah semua menangis? Adakah orang yang diuntungkan oleh situasi ini?

Oleh: Mochamad Yusuf*

Dalam sejarah, bangsa Indonesia telah mengalami beberapa kali keadaan dimana situasinya sangat memprihatinkan. Sebuah situasi di mana kita mengalami kesedihan, kekurangan, ketakutan, kecemasan dan menderita.

Di abad 20 kita mengalami perang dunia II. Saat kita dijajah oleh Jepang adalah salah satu situasi seperti itu. Lalu di tahun 65-an saat ada pemberontakan PKI, ada situasi genting. Dan terakhir adalah krisis moneter di tahun 1997-1998an.

Dua peristiwa pertama, saya tak mengalami. Namun situasi krisis moneter, saya mengalami dampaknya langsung. Saat itu saya sudah bekerja di sebuah perusaan selama 2 tahunan.

Krisis moneter dimulai saat bank-bank mengalami miss management. Banyak kredit macet. Hal ini terjadi karena bank memberikan kredit tanpa dilakukan penilaian dulu (appraisal). Sehingga banyak bank memiliki hutang. Akibatnya oleh pemerintah bank-bank tersebut ditutup.

Efeknya luar biasa. Orang-orang ketakutan dan mengambil uangnya. Bank yang sehatpun juga gena getahnya. Mulai terjadi efek lain: suku bunga naik, kurs dolar naik, banyak perusahaan tutup dan lain-lain. Orang-orang mulai merasa kekurangan: minyak goreng, susu dan lainnya.

Lalu timbul ketidakpuasan pada pemerintah. Situasi tak stabil. Demo terjadi dimana-mana. Pihak militer turun tangan. Terjadi huru hara. Banyak bangunan dibakar. Terjadi penjarahan dimana-mana. Tindak kejahatan termasuk pemerkosaan meningkat. Akibatnya bagi sebagian kalangan mengungsi ke luar negeri. [TSA, 22/02/2011 subuh]

~~~
Artikel ini bagian dari buku yang saya rencanakan untuk terbit. Rencananya ada 99 artikel yang berkaitan dengan rahasia rejeki. Untuk seri 1 sampai 10, anda bisa membaca secara lengkap di sini. Setelah seri itu, tak ditampilkan secara lengkap. Namun setiap kelipatan seri 5, akan ditampilkan secara lengkap. Jadi pantau terus serial ‘Rahasia Rejeki’.

~~~
*Mochamad Yusuf adalah online analyst, pembicara publik, host radio, pengajar sekaligus praktisi TI di SAM Design. Aktif menulis dan beberapa bukunya telah terbit. Yang terbaru, “Jurus Sakti Memberangus Virus Pada Komputer, Handphone & PDA”. Anda dapat mengikuti aktivitasnya di personal websitenya atau di Facebooknya.

One Comment

Leave a Reply

-->
%d bloggers like this: