Rahasia Rejeki (67): Rumah Yang Nyaman Adalah Rejeki Lain

Home / Serial Tulisan / Rahasia Rezeki / Rahasia Rejeki (67): Rumah Yang Nyaman Adalah Rejeki Lain

“Ya, itu merupakan rejeki yang luar biasa. Terlebih lingkungannya begitu kompak, tetangganya baik dan menyenangkan. Bukankah rumah nyaman tak hanya fisik, tapi juga lingkungan fisik dan non fisik?”

Oleh: Mochamad Yusuf*

Makhluk hidup apapun pasti selalu ingin memiliki rumah. Terlebih makhluk hidup yang bisa bergerak seperti binatang dan manusia. Mereka akan membangun rumah senyaman mungkin untuk bisa didiami. Hewan akan membuat sarang yang pas untuk bisa didiami. Sarang ini nantinya sebagai tempat beranak pinak untuk tetap mempertahankan eksistensinya di dunia.

Tentu saja sebelum mereka membuat sarang, mereka akan mencari tempat yang pas. Beberapa hewan akan mencari lokasi yang tepat sebagai favoritnya. Burung elang akan mencari bebatuan di puncak gunung. Berang-berang akan mencari di sekitar sungai yang memiliki banyak pohon. Burung akan mencari pohon yang rimbun daunnya.

Demikian juga dengan manusia. Manusia bila memungkinkan akan mencari lokasi yang tepat untuk rumahnya. Rumah di lokasi yang pas akan membuat nyaman dan betah didiami. Misal: tidak di dekat rel kereta api, karena terasa bising ketika kereta api lewat. Atau dekat sungai yang sering meluap sehingga banjir menggenangi rumah.

Tentu saja ada beberapa manusia yang terpaksa memilih lokasi tersebut. Mungkin karena berbagai alasan. Tapi tentu saja rumah yang tak nyaman, sedikit banyak akan mempengaruhi kualitas hidup.

Jadi memiliki rumah yang ditempati seakan adalah rejeki. Karena rumah nyaman tak berarti rumah mewah di lokasi perumahan elit. Tapi bisa jadi kenikmatan sewaktu mendiami rumah ini.

Orang-orang bilang, ‘Home Sweet Home’ atau ‘Rumahku Istanaku’. Karena semua orang mendambakan rumah yang nyaman di lokasi yang menyenangkan. Karena di rumah ini, dia akan beristirahat, beraktivitas dan memiliki anak dan memeliharanya untuk mempertahankan keturunannya.

Ketika saya bercerita tentang rejeki rumah itu pada seorang teman, dia seperti tersadar bahwa selama ini dia mendapat rejeki luar biasa. “Ah, ternyata itu rejeki ya?” katanya, “Saya mendapatkan rumah ini dengan cara unik.”

Mulailah dia bercerita. [PURI, 02/02/2012 siang]


[dipotong]

~~~
Artikel ini bagian dari buku yang saya rencanakan untuk terbit. Rencananya ada 99 artikel yang berkaitan dengan rahasia rejeki. Untuk seri 1 sampai 10, anda bisa membaca secara lengkap di sini. Setelah seri itu, tak ditampilkan secara lengkap. Namun hanya setiap kelipatan seri 5 yang ditampilkan secara lengkap. Jadi pantau terus serial ‘Rahasia Rejeki’.

~~~
*Mochamad Yusuf adalah online analyst, pembicara publik, host radio, pengajar sekaligus praktisi TI. Aktif menulis dan beberapa bukunya telah terbit. Yang terbaru, “Jurus Sakti Memberangus Virus Pada Komputer, Handphone & PDA”. Anda dapat mengikuti aktivitasnya di personal websitenya atau di Facebooknya.

One Comment

Leave a Reply

-->
%d bloggers like this: