Tanya Jawab (FAQ) Seputar BBM di Android

Home / Artikel / TI (Teknologi Informasi) / Aplikasi / Tanya Jawab (FAQ) Seputar BBM di Android

(ref: dok. pribadi)
Setelah diunduh, BBM semakin mulai digeluti para pengguna Android. Mereka kebanyakan malah baru pertama kalinya menggunakannya. Salah satu yang membingungkan mereka, kenapa mereka tidak bisa diinvite. Atau kenapa invite temannya tidak juga muncul. Yang lain kenapa DP (Display Picture) tidak muncul di BBM temannya, padahal fotonya muncul di BBMnya. Dan banyak pertanyaan lainnya.

Oleh: Mochamad Yusuf*

Sebagai barang gratisan, Blackberry Messenger (BBM), tentu saja laris diserbu untuk dicoba pengguna Android dan iOS. Menurut berita yang dirilis pembuatnya, Blackberry Limited, dalam kurun seminggu sudah diunduh sebanyak 10 juta kali.

Sebagian di antaranya memang pengguna BBM di piranti Blackberry (BB) atau pernah memakai BBM. Tapi banyak juga yang sebelumnya belum pernah menggunakan BBM. Prinsip mereka kalau ada barang gratis, kenapa tidak dicoba? Apalagi di waktu yang sama, pengguna BBM di BB masih harus bayar untuk menggunakannya.

Karena kebanyakan baru pertama kali menggunakan BBM, banyak kebingungan yang dialami. Apalagi memang BBM khususnya untuk Android, yang saya penggunakanya, masih banyak bugnya. Selama menunggu versi update untuk menutup lubang-lubang bug, ada baiknya kita lihat beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan pengguna baru BBM untuk Android ini.

Benarkah gratis menggunakan BBM di Android ini?
Betul. Anda tidak perlu membeli aplikasinya. Juga tidak perlu membayar biaya langganan. Mungkin yang perlu Anda keluarkan uang adalah untuk biaya koneksi internet. Tapi kalau Anda menggunakan koneksi wifi sekolah atau kantor yang disediakan gratis, Anda berarti tidak perlu mengeluarkan uang juga. Hehehe.

Tapi kenapa BBM di BB masih bayar?
Untuk penggunana BB OS 7 kebawah, maka untuk menggunakan BBM ini memerlukan koneksi khusus ke server BB. Untuk ini pengguna BB memang harus bayar. Tapi sejak OS 10, pengguna BB juga tidak perlu bayar biaya langganan paket BB untuk BBM.

Kok aplikasi BBM tidak ada di playstore ponsel saya?
Apakah OSnya sudah minimal 4.0 (ICS)? Kalau memang sudah, coba baca saja artikel saya “Cara Install BBM Di Tablet Android atau Ponsel Yang Tidak Bisa Install Lewat Playstore.”

Saya pengguna tablet. Kata BB, BBM tidak support tablet. Dan betul BBM tidak ada di playstore tablet saya. Kenapa?
Sama dengan jawaban di atas. Coba baca saja artikel saya “Cara Install BBM Di Tablet Android atau Ponsel Yang Tidak Bisa Install Lewat Playstore.”

Bagaimana menginstall BBM tanpa harus mengantri email dari BB?
Pakai saja email teman Anda yang sudah berhasil install. Lengkapnya bisa membaca artikel saya yang lain “Tanya Jawab (FAQ) Seputar Instalasi BBM di Android dan Solusinya”.

Kok saya stuck di ‘setting up’ ya?
Ini biasanya masalah koneksi internet yang kurang cepat dan stabil. Maka sementara bisa menggunakan koneksi wifi kantor, sekolah atau umum. Jangan khawatir bila sudah berhasil, Anda kembali memanfaatkan koneksi lewat seluler Anda. Atau coba cek lagi APN-nya.

Kenapa Display Picture (DP) di BBM saya muncul, tapi tidak muncul di BBM teman?
Ya, ini mungkin bug di BBM. Tapi jangan khawatir bisa diakali kok. Pertama, bisa mengganti format fotonya. Misal: foto anda gambarku.gif, Anda bisa mengconvertnya ke jpg. Nantinya jadi gambarku.jpg. Atau cara kedua, dengan menontaktifkan GPU Rendering. Caranya: buka Options -> Develover Menu -> Unceklis GPU Rendering-nya. Setelah itu bisa mengganti DP-nya.

Apakah saya bisa menginvite BBM teman yang di BB?
Bisa dong. Termasuk juga BBM di IOS. Dan mungkin di piranti-piranti lain bila ada misal di Windows, PC dan lain-lain. Jadi BBM untuk Android ini ya sama saja dengan BBM di BB.

Kenapa invite saya tidak masuk di BBM teman?
Ya, rasanya ini juga bug. Tidak hanya invite Anda tidak muncul di BBM Anda, tapi invite teman Anda juga tidak muncul di BBM Anda. Saya tidak tahu solusinya. Kalau saya, saya coba invite lagi. Yang berikutnya kadang muncul. Intinya dicoba invite lagi.

Kok jadi boros baterai ponsel saya sejak menggunakan BBM ya?
Itu wajar. Karena dengan adanya BBM, maka ponsel bekerja keras menggunakan sumber daya dan koneksi internet. Karenanya ponsel lebih cepat boros baterainya.

Kok status BBM saya tidak berubah di ponsel BBM teman saya ya?
Hehehe, betul. Saya juga bingung. Mungkin ini bug yang lain. Tapi ini juga karena mungkin memerlukan waktu untuk sampai ke BBM teman. Karena lama-kelamaan juga muncul status yang terbaru di BBM teman Anda. Jadi sabar saja. Hehehe.
[PUTA, 30/10/2013]

~~~
*Mochamad Yusuf adalah online analyst, konsultan tentang ‘online communication’, pembicara publik tentang IT, host radio, pengajar sekaligus praktisi IT. Aktif menulis dan beberapa bukunya telah terbit. Yang terbaru, “Jurus Sakti Memberangus Virus Pada Komputer, Handphone & PDA”. Anda dapat mengikuti aktivitasnya di personal websitenya, http://yusuf.web.id atau di Facebooknya, http://facebook.com/mcd.yusuf.

90 Comments

Leave a Reply

-->
%d bloggers like this: