Tips Mengawali Hari Agar Tidak ‘Bad Mood’ Seharian

Home / Artikel / SDM (Sumber Daya Manusia) / Tips Mengawali Hari Agar Tidak ‘Bad Mood’ Seharian

student-849825_1920_300Saat makan siang di sebuah kedai saat jam istirahat, pesanan Nela (nama samaran) tidak kunjung datang. Teman-teman kantor yang berangkat bareng makan siang sudah mulai mengolok-ngolok. Nela sudah berusaha sabar, tapi rasanya kesabarannya sudah mau habis. Apalagi sebenarnya dia sudah mengingatkan pelayan, tapi kedai di siang itu ramai sekali.

Saat menghela napas berusaha bersabar, Nela menyadari hari ini sepertinya banyak godaannya. Mulai kedatangannya yang terlambat di kantor, karena ada kemacetan yang sangat (ada truk yang terguling dan muatannya tumpah ke jalan), ada rekan sejawat tidak masuk sehingga dia harus menangani pekerjaan yang harusnya dilakukan oleh temannya yang tidak masuk. Termasuk juga ada stafnya yang tidak masuk juga.

Lalu ada ‘complain’ dari pelanggan yang sudah keterlaluan. Hampir saja dia gantian menyemprot balik pelanggan tersebut. Eh, atasannya juga ikut-ikutan marah padanya, karena tiba-tiba departemennya diketahui melakukan kesalahan. Lengkap sudah penderitaannya hari ini.

Nela mengingat-ngingat perasaan tidak enak ini sudah mulai dirasakan saat mau berangkat ke kantor. Dia harusnya tidak masuk saja hari ini bila dia mulai merasakan ‘bad mood’.

Tapi benarkah perasaan ‘bad mood’ ini seperti keniscayaan? Sesuatu yang harus diterima seperti seakan sudah menjadi takdir?

Tidak! Anda dapat mencegah ‘bad mood’ menghinggapi Anda. Simak tips-tips berikut ini yang membuat Anda terhindar mengalami ‘bad mood’ seharian.

  1. Peregangan saat bangun tidur
    Saat bangun tidur, duduklah sejenak di tepi ranjang. Ambil nafas dan bila masih mengantuk, menguaplah selebar-lebarnya. Menguap akan mengumpulkan oksigen sebanyak-banyaknya saat tubuh memerlukan oksigen lebih banyak saat badan mulai beraktivitas kembali. Lalu regangkan badan. Meregangkan badan akan melemaskan otot dan dan membuat peredaran darah menjadi lancar.
  2. Berdoa
    Masih belum bangkit dari ranjang, berdoalah kepada Tuhan agar kegiatan hari ini lancar. Kita tidak tahu kejadian apa yang akan datang. Dengan berdoa, semoga kita dijauhkan dari hal-hal yang menghambat aktivitas kita nantinya.
  3. Minum air putih
    Setelah itu bisa mengambil 1-2 gelas air putih. Menurut jurnal Obesity, sel-sel yang terpenuhi kebutuhan airnya tidak hanya bekerja lebih baik, tetapi juga akan membantu membuang lemak tubuh yang berlebihan. Minum air putih juga solusi saat tubuh mengalami dehidrasi saat tidur. Buktinya Anda merasa haus saat bangun tidur.
  4. Harus sarapan
    Biasakan keluar rumah sudah sarapan. Dengan sarapan kebutuhan nutrisi sudah terpenuhi, sehingga Anda bisa langsung beraktivitas saat tiba d kantor. Bukan mencari sarapan dan makan sarapan. Anda membuang waktu kerja Anda di kantor. Selain itu dengan sarapan membuat Anda lebih dapat berpikir lebih baik dan mampu berkonsentrasi.
  5. Berolah raga ringan
    Sempatkan di pagi hari untuk berolah raga. Sebaiknya minimal 30 menit. Tapi kalau tidak mampu, cukup 10 menit. Tidak perlu olah raga berat semacam main tenis atau renang, cukup jalan sehat depan rumah. Dengan berolah rasa membuat metobolisme tubuh menjadi lancar sehingga akan menjauhkan stres dari diri Anda. Olah raga ini juga memperlancar peredaran darah yang membuat kita siap untuk menghadapi hari. *(my/20160404)

Leave a Reply

-->
%d bloggers like this: