Tips Mengurangi Stres

Home / Artikel / SDM (Sumber Daya Manusia) / Tips Mengurangi Stres

579286_51266544_300Ada ungkapan, kalau tidak mau stres jangan bekerja. Karena bekerja selalu terkait dengan stres. Apalagi di saat-saat tertentu ada tekanan deadline, pekerjaan yang banyak dan rumit, bos yang penuntut, klien yang susah dan sebagainya yang meningkatkan stres.

Tapi nggak mungkin kan kalau solusinya bila tidak ingin stres dengan tidak bekerja. Tidak bekerja alias menganggur juga mendatangkan stres lain. Karena pada dasarnya di semua sendi kehidupan manusia ada stres.

Yang jadi perhatian kita sebenarnya bukan pada ada tidaknya stres atau banyak sedikitnya stres, tapi bagaimana kita mengendalikan atau mengurangi stres. Harusnya kita selalu mencari cara bagaimana agar dapat mengendalikan atau mengurangi stres.

Berikut 7 hal yang bisa dilakukan untuk mengendalikan atau mengurangi stres.

  1. Minum coklat
    Saat stres, tekanan darah menjadi tinggi. Untuk menurunkan tekanan darah dan memberi kemudahan darah mengalir, minumlah coklat panas. Coklat mengandung flavonoid, yang mampu melebarkan saluran darah dalam tubuh. Tapi jangan minum susu coklat. Minumlah coklat yang pekat atau bubuk kakao karena memiliki kandungan penghilang stres lebih banyak daripada susu coklat. Tapi jangan berlebihan. Karena bisa bikin kegemukan yang nantinya bisa timbul stres yang lain, hehehe.
  2. Tertawalah
    Penelitian Loma Linda University di California melaporkan bahwa tawa lepas bisa membantu menyehatkan tubuh. Saat tertawa, tubuh mengeluarkan hormon penurun stres seperti dopac, kortisol, dan epinephrine. Karena itu banyaklah bergaul dengan rekan kerja dan boleh sekali-kali bercanda, karena saat bercanda biasanya menimbulkan tawa lepas.
  3. Relaksasi
    Kata orang, kalau stres pergilah ke tukang pijat. Nanti setelah dipijat, stres akan hilang dan tubuh kembali segar. Sebenarnya pijat termasuk cara relaksasi. Dan tidak hanya pijat saja, namun banyak beragam tipe dan teknik relaksasi. Anda bisa bertanya pada praktisi kesehatan, seperti praktisi pengobatan alternatif, dokter, dan psikoterapis untuk mengetahui relaksasi yang tepat bagi Anda.
  4. Makan ikan
    Sebuah penelitian yang dilakukan di University of Pittsburgh, mereka yang di tubuhnya banyak memiliki kandungan asam lemak omega-3 EPA dan DHA tinggi memiliki tingkat kebahagiaan lebih daripada rata-rata orang. Mereka juga dapat berpikir lebih tenang dan bisa lebih mudah diajak kerjasama. Untuk mendapatkan omega-3 EPA dan DHA bisa diperoleh dengan mengkonsumsi ikan seperti salmon, herring, dan sarden. Atau bisa meminum minyak ikan yang mengandung sekitar 400 mg EPA dan DHA.
  5. Minum teh hitam
    Sebuah penelitian dilakukan dengan menggunakan 75 relawan oleh University College di London. Mereka dibagi 2 kelompok. Mereka diberi tugas yang membuat mereka stres. Lalu satu kelompok diberi minum teh hitam dan kelompok lainnya tidak diberi teh hitam. Ternyata kelompok yang diberi teh hitam, hormon stres (kortisol) turun sampai sekitar 47 % daripada kelompok yang tidak minum teh hitam.
  6. Memijat ibu jari dan telunjuk
    Akupresur sudah diketahui khasiatnya sejak jaman dulu. Tekanan yang tepat di titik-titik syaraf bisa mengurangi ketegangan dengan efektif dan cepat. Bahkan menurut riset Hong Kong Polytechnic University, teknik akupresur ini dapat mengurangi stres hingga 39%. Untuk dapat mengurangi stres secara mandiri, Anda bisa melakukan dengan memijat daging daerah telunjuk dan ibu jari masing-masing selama 20-30 detik. Bisa dilakukan untuk kedua tangan.
  7. Berteriak!
    Saya tidak berani menulis dengan judul mengumpatlah! Tapi sebuah penelitian yang dimuat di Leadership & Organization Development Journal, mengumpat bisa mengurangi tingkat stres seseorang. Tidak dijelaskan mengapa dengan mengumpat bisa mengurangi stres. Tapi pengalaman saya dengan berteriak-teriak bisa meredakan stres. Buktinya saat selesai bermain jet coaster, badan jadi segar. Ini karena saat bermain berteriak-teriak senang. Jadi kalau tidak mau mengumpat, ya berteriak saja. Tapi kalau mau mengumpat, lakukan di tempat sepi. Hehehe. *(my/20160518)

Leave a Reply

-->
%d bloggers like this: