10 Gadget Yang Ditunggu (Murahnya) di 2010 (1)

Home / Artikel / TI (Teknologi Informasi) / Review / 10 Gadget Yang Ditunggu (Murahnya) di 2010 (1)

gk-nokia-x6Saya bermimpi (boleh kan?) memiliki beberapa gadget. Kalau perlu saya jadikan resolusi tahun ini. Tapi kalau nanti memang murah beneran dan ada duit, mungkin saja impian itu jadi terwujud. Hehehe.

Oleh: Mochamad Yusuf*

Membaca koran setiap hari, saya perhatikan iklan gadget semakin banyak dan selalu ada. Ini khususnya iklan ponsel dan komputer. Hampir setiap hari ponsel-ponsel Cina dan lokal gebyar mengiklankan dirinya. Entah beriklan sendiri atau barengan dengan operator seluler. Lama-lama saya kepingin juga ganti HP. Hehehe.

Mumpung awal 2010, saya ngimpi (boleh kan?) memiliki beberapa gadget. Kalau perlu saya jadikan resolusi tahun ini. Tapi kalau nanti memang murah beneran dan ada duit, mungkin saja impian saya itu terwujud. Hehehe.

Berikut 5 gadget yang saya tunggu murahnya (5 lainnya akan disambung di tulisan lainnya).

1. Netbook.
gk hp mini noteSaya senang dengar kabarnya kehadiran netbook ini dulu. Gagasan membuat laptop murah. Saking murahnya, laptop ini bukan untuk orang dewasa tapi untuk anak. Jadi laptop ini seperti buku tulis, sebagai alat pendidikan. Proyek OLPC (One Laptop Per Child) yang digagas beberapa universitas dan didukung banyak vendor ini, ditarget harga maksimalnya 100 dolar, sekitar sejutaan lah.

Tapi sampai lama saya tunggu tak terwujud juga. Tapi proyek serupa yang dijalankan swasta malah sudah muncul dulu. Awalnya dari Asus, EeePC. Lalu diikuti dengan vendor-vendor lain, setelah tahu EeePC sukses. Sayang ternyata harganya masih mahal. Meski dari waktu ke waktu turun, harganya masih relatif mahal bagi saya. Harga termurah sekarang adalah 2,5 juta.

Saya ingin dibawah 2 juta, ya sekitar 1,5 juta. Murah karena buat anak saya. Biar digunakan sebagai alat belajar, Sehingga saya tak khawatir rusak atau hilang, karena murah. Selama ini dia pakai laptop saya. Kalau buat belajar terus rusak, saya yang khawatir dengan data saya di laptop itu. Sedang punya netbook sendiri, saya tak khawatir lagi.

Yang diinginkan: merk HP, Acer atau lenovo. Harga: <2 juta.

2. Kamera digital SLR
gk canon DSLRFotografi memang hobi saya khususnya sejak SMA. Itu karena saya sering menjadi tim dokumentasi. Kamera yang saya pakai dulu itu (hasil pinjaman) adalah SLR. Dan saya suka dengan kamera SLR itu. Hasilnya lebih pas.

Sekarang dengan era digital, kamera menjadi lebih terjangkau. Sayangnya yang SLR (DSLR) tetaplah mahal. Saya memang sudah memiliki kamera digital, tapi belum yang SLR. Saya ingin memiliki kamera digital SLR. Rasanya lebih kelihatan keren dengan bawa DSLR, dan pastinya hasilnya lebih bagus.

Yang diinginkan: Canon. Harga: <2 juta.

3. HP Nokia X6 32 GB
gk nokia x6Memang HP ini belum muncul. Tapi spesifikasinya saya suka. HP berlayar sentuh tapi dahsyat juga multimedianya. Jadi bisa untuk HP, tapi cocok juga untuk MP3 player. Layar sentuhnya cukup lebar, tapi canggih dengan dukungan banyak aplikasi karena memakai Symbian. Melihat spesifikasinya rasanya nanti harganya di atas 3 juta. Meski begitu, harganya pasti lebih murah dibanding Iphone. Denagn spesifikasi sama bahkan lebih, merk Nokia, memakai Symbian, saya lebih memilih X6 ini dibanding Iphone karena pasti lebih murah.

Yang diinginkan: memori 32Gb. Harga: <1,5 juta.

4. Modem router CDMA/GSM
gk wireless modem routerInternet sudah semakin menjadi kebutuhan. Tak hanya untuk kebutuhan bisnis di kantor, di rumah juga. Zidan, anak saya kerap membutuhkan internet untuk tugas sekolahnya. Kalau sudah punya HP ber-WIFI dan netbook (yang sudah pasti berWIFI) maka sudah pasti lebih enak kalau pasang internet terus bisa di-WIFI-kan. Modem ini harusnya bisa pula ditancapi SIM card sehingga dapat berlangganan data via operator seluler yang sekarang semakin murah.

Yang diinginkan: bundling dengan operator, ada paket gratis berlangganan beberapa bulan. Harga: <250 ribu.

5. Tablet PC pakai Android
gk apple ipadYa, mungkin seperti Ipadnya Apple. Sebuah gadget antara netbook dan HP. Tak terlalu ribet untuk dibawa seperti netbook, tapi tak terlalu kecil seperti HP. Gadget ini hanya untuk senang-senang saja pas suntuk, misal baca buku. Bukan sesuatu yang serius. Kalau ingin menulis, saya ingin pakai netbook. Kalau mau lihat film mending pakai TV bukan tablet PC ini.

Karena itu saya tak setuju dengan pendapat Steve Jobs. Tablet PC cocok pas di saat atau tempat yang tak pas. Misal anak-anak di mobil dalam perjalanan panjang. Mereka bosan, tapi tetap harus di mobil. Sehingga bersenang-senang dengan Tablet PC pasti bisa mengurangi kebosanan mereka.

Yang saya inginkan bersistem operasi Android. Karena Android sudah bersistem terbuka, sehingga banyak aplikasi yang muncul. Dan kebanyakan murah bahkan gratis. Karena itu saya tak tertarik dengan Ipad, kecuali Ipad pakai Android. Hehehe.

Karena ini dibawah Netbook, padahal Netbook saja inginnya di bawah 2 juta, maka harusnya lebih murah dari 1 juta.

Yang diinginkan: OS Android. Harga: <1 juta.

~~~
Bagaimana? Anda pasti juga punya gadget yang ditunggu murah ya? Apakah itu? [TSA, 7/2/2010 pagi]

~~~
*Mochamad Yusuf adalah konsultan senior TI, pembicara publik, host radio, pengajar sekaligus developer website & software SAM Design. Aktif menulis dan bukunya telah terbit, “99 Jurus Sukses Mengembangkan Bisnis Lewat Internet”. Anda dapat mengikuti aktivitasnya di personal websitenya atau di profil Facebooknya.

3 Comments

  • Kalau masalah harga, rasanya bukan khayalan. Siapa yang mengira bahwa HP bisa sampai 75 ribu sekarang? Padahal dulu harganya sangat mahal. Sehingga bawa hp bukan untuk alat komunikasi, tapi prestise. Hehehe.

  • victor

    wah, gagal petamax.. gpp dah mejeng di page1.. haha.. kaskuser neh???
    Om, aku ikut ngehayal yah..
    aku lg ngidam gadget SONY PSP GO tp ditambah web browser kan udah wifi tuh..
    Mantabh..
    Tp harganya jangan afgan (sadis)..
    Aku pengen yang <2jt..
    Hahaha..

Leave a Reply

-->
%d bloggers like this: