Cara Mematikan RBT Dengan Mudah

Home / Uncategorized / Cara Mematikan RBT Dengan Mudah

gk-hp 1SMS itu mengatakan telah mengaktifkan sebuah RBT (Ring Back Tone) pada nomor saya. Saya lupa lagu dan nama bandnya. Pengaktifan itu memang tak mengurangi pulsa saya alias gratis. Namun lama RBT hanya selama seminggu alias 7 hari saja. Setelah itu harus bayar kalau nggak salah Rp 7.000 sebulan.

Oleh: Mochamad Yusuf*

Suatu pagi setelah bangun tidur saya mengecek SMS. Ada SMS yang sudah bikin bete di awal hari itu. SMS tentang pemberian RBT gratis. Sebenarnya baik saja.

Di SMS itu memang diberitahukan cara berhentinya. Tapi harus ada kode lagu yang harus dimasukkan. Ya, saya mana tahu kode lagunya wong diberi gratis. SMS itu tak memberi tahu cara berhenti RBT paling mudah. Misal dengan tak harus memasukkan kode lagunya.

Yang bikin geleng-geleng kepala, pengaktifan RBT itu setelah saya membeli pulsa malam sebelumnya. Benar-benar tepat strateginya karena pulsa saya masih utuh. Kalau diaktifkan seminggu setelah mengisi pulsa, pulsanya mungkin sudah habis. Hehehe.

Saya tentu saja bete. Meski gratis, saya mana ingat seminggu lagi untuk mematikan. Atau ngapain susah-susah mengingat habisnya masa RBT. Daripada bikin masalah nanti, maka saya matikan saja RBT ini waktu itu.

Pertama saya coba mematikan via SMS. Beberapa kali mencoba, gagal karena format salah. Salah satunya tak memasukkan kode lagu. Daripada membuang waktu dan pulsa, saya telpon call center. Untunglah masih pagi, sehingga langsung masuk tanpa antri.

Setelah mengutarakan permasalahannya, si CS memberitahu cara mematikan dengan mudah. Artinya tanpa harus memasukkan kode lagunya. Tapi saya sudah tak mau repot lagi. Saya minta matikan RBT dari sistem. Saya minta mbak CSnya untuk mematikan dari sana. Selesai sudah.

Ternyata tawaran-tawaran seperti ini juga menimpa nomor saya di operator lain. Untunglah hanya tawaran. Tidak langsung mengaktifkan seperti pengalaman di pagi itu. Jadi saya hiraukan saja. Saya pikir operator lain juga mempunyai strategi seperti ini.

Mungkin anda juga pernah mengalami hal seperti ini. Setelah saya melakukan sedikit riset, berikut cara menon-aktifkan RBT dengan mudah tanpa memasukkan kode lagunya.

~~~
– Telkomsel (Halo, Simpati dan As)
Kirim SMS ke 1212 dan ketik: RING(spasi)OFF

– Indosat (Matrix, Mentari, IM3 dan StarOne)
Kirim SMS ke 808 dan ketik: STOP atau UNREG

– XL (Xplore, Bebas dan Jempol)
Kirim SMS ke 1818 dan ketik: UNSUB

– Axis
Kirim SMS ke 333 dan ketik: OFF

– 3
Kirim SMS ke 1212 dan ketik: RBT(spasi)UNREG

– Mobile-8 (Fren dan Hepi)
Kirim SMS ke 2525 dan ketik: RINGGO(spasi)HAPUS

– Esia
Kirim SMS ke 8888 dan ketik: RING(spasi)UNSUB

– Telkom Flexy
Kirim SMS ke 1212 dan ketik: REG(spasi)OFF

– Sampoerna Telecom (Ceria)
Kirim SMS ke 234 dan ketik: REG(spasi)OFF

~~~
*Mochamad Yusuf adalah konsultan senior TI, pembicara publik, host radio, pengajar sekaligus developer website & software SAM Design. Aktif menulis dan bukunya telah terbit, “99 Jurus Sukses Mengembangkan Bisnis Lewat Internet”. Anda dapat mengikuti aktivitasnya di personal websitenya atau di profil Facebooknya.

6 Comments

Leave a Reply

-->
%d bloggers like this: