Mencari Langganan Internet Unlimited Murah

Home / Artikel / TI (Teknologi Informasi) / Internet / Mencari Langganan Internet Unlimited Murah

gk-berkomputerAnda mencari langganan internet unlimited murah? Tulisan yang saya buat ini mungkin berguna. Saya meriset dan membandingkan dial-up, ADSL, TV kabel sampai seluler. Siapakah yang paling murah?

Oleh: Mochamad Yusuf*

Seorang teman sedang mencari langganan internet unlimited yang murah. Dulunya dia merasa cukup berinternet di kantor, sekarang merasa pula harus memasang internet di rumah. Karena anaknya, yang sebenarnya masih duduk di SD, sudah sering memerlukan internet untuk pengerjaan tugasnya.

Selama ini dia mengerjakan di sekolah. Sekolahnya memang sudah dilengkapi internet bahkan ada jangkauan wifinya. Tapi kalau di rumah, anaknya harus pergi ke warnet. Pakai dial up telpon terlalu pelan dan mahal.

Dia mengeluh ke saya untuk dicarikan solusinya. Akhirnya setelah riset dan tanya-tanya, saya memberikan beberapa alternatif solusi padanya. Mungkin ini juga yang anda cari selama ini. Jadi semoga tulisan ini berguna bagi anda.

~~~
Pertama saya harus menghapus alternatif dial-up TelkomNet. Sebenarnya sudah lumayan murah, karena beberapa waktu lalu dia menurunkan tarifnya secara signifikan. Tapi apapun, kecepatan melalui kabel analog ini maksimal hanya 56,6 kbps. Jadi kecepatan normalnya bisa lebih rendah daripada itu. Membuka website yang kompleks seperti Facebook, bisa cukup lama loadingnya.

Lalu saya coba alternatif bundling dengan TV kabel. Ini masih relatif mahal, dan tak semua daerah terjangkau. Alternatifnya hanyalah Speedy. Selain cepat dan cukup stabil, harganya relatif terjangkau. Apalagi langganan pas ada promo paket. Inilah yang saya rekomendasikan ke dia. Tapi kalau mencari langganan unlimited yang murah, Speedy masih mahal.

Untunglah saat ini persaingan seluler sangatlah sengit. Mereka jor-joran harga tidak hanya langganan suara tapi juga data. Bahkan ada tawaran bundling dengan HP atau netbook dengan iming-iming akses internet unlimited gratis selama beberapa waktu. Setelah habis waktu promonya pun, sebenarnya cukup murah.

Di sini saya tawarkan ke teman saya, solusi menggunakan Smart dan Mobi-nya Fren. Untuk Smart langganan internet ulimited hanya 45.000/bulan. Kecepatan maksimal 153,6 kbps. Jadi lebih kencang dibanding TelkomNet. Kalau mau lebih kencang dengan kecepatan 512 kbps, cukup menambah 30.000.

Sedangkan Mobil hanya 50.000 per bulan. Namun ini pakai kuota. Meski begitu setelah mencapai kuota, tidak berhenti aksesnya cuma kecepatannya turun setara TelkomNet. Kalau mau lebih besar kuotanya, bisa berlangganan paket di atasnya. Yang lebih mahal sedikit adalah paket 100.000 per bulan.

Kalau mau lebih murah resepnya beli pake bundling HP-nya mereka. Karena biasanya ada paket gratis internetnya. Misal dengan beli HP ZTE C261 bundling Smart yang harganya 450.000 sudah dapat langganan internet selama 3 bulan.

Tentu saja berlangganan dengan operator seluler khususnya CDMA kecepatannya dipengaruhi banyak hal. Yakni lokasi karena berhubungan dengan cakupan BTS, jumlah pelanggan di daerah situ, waktu bahkan cuaca. Saran saya coba pinjam atau beli yang murah dulu untuk mencoba. Bila lokasi anda cepat, barulah anda investasi/beli yang lebih bagus lagi.

Oke, semoga tulisan ini berguna. Selamat mencoba! [TSA, 15/1/2010 subuh]

~~~
*Mochamad Yusuf adalah konsultan senior TI, pembicara publik, host radio, pengajar sekaligus developer website & software SAM Design. Aktif menulis dan bukunya telah terbit, “99 Jurus Sukses Mengembangkan Bisnis Lewat Internet”. Anda dapat mengikuti aktivitasnya di personal websitenya atau di profil Facebooknya.

21 Comments

  • evan

    Sep pak , saya pake smart juga dan emang merasa murah bnget. speednya lumayan kok aku main game online ga pernah terputus dari server.

  • Untuk saya yang tinggal didaerah pedesaan sepertinya speedy masih yang terbaik, saya pakai paket family unlimited, dengan biaya pemasangan awal telepon + speedy dan dapat free modem cuma Rp.45.000 dan biaya langganan bulanan speedy + telepon sebesar Rp.206.470. Memang tarifnya agak mahal kalau dibandingkan dengan yg menggunakan seluler, hanya saja untuk yg seluler murah seperti Smart dibanyak daerah pedesaan masih terkendala dengan kurangnya BTS yang mengakibatkan sulitnya untuk mendapatkan signal yg bagus.

  • Betul Suf..aku pasang line telepon + speedy cuma Rp. 45.000 bukan 450.000…murah ya, itupun udah dapat free modem merk hwawei dan paket speedy chating, paket ini sebulan kita dapat 50 jam koneksi dengan kecepatan 1 Mbps, tapi pada bulan kedua aku migrasi ke paket family unlimited dengan kecepatan 384 Kbps…:)

  • edward

    saya di solo pinggiran, dulu pakai starone unlimited 125,000.-/bln, kecepatan lumayan rata2 200 kbps, tapi kadang2 juga super lemot, sekarang migrasi ke smart evdo dgn modem hampir 1 juta dgn gratis 100 hari sambungan 3,1 Mbps, tapi nyatanya malah sering putus dan sambungan tidak pernah stabil, sungguh menyebalkan, ada solusi lain yg lebih baik pak? thx.

  • raisa

    masalah modemnya gimana pak? apalagi kalau paki HP jelas terbatas, gmn kalau dishare ke PC?
    info modem murah, kuat dan bagus. trims

  • @Raisa
    Kalau dipakai personal, sendiri saja, HP sudah cukup kok. Itu sudah dishare ke komputer. Karena HP bisa dipake sebagai modem.

    Untuk khusus modem saja, tunggu artikel berikutnya ya…

  • Smart hebat hemat. Pake 50rb aja bisa untuk 30+15 hari. Setiap ngisi voucher 50rb dapat free unlimited akses 15hari. Setelah free nya habis, set ke paket unlimited reguler (153.6 Kbps) 1 bulan (30 hari) yg 45rb. Nah, kan masih sisa 5000, itu di set paket Silver (512 Kbps) selama 1 hari (24 jam). Lumayan lah kalo hanya untuk cek email, cek status FB, browsing, download (biasanya aku tinggal tidur malam). Bukan promo… tapi begitulah kenyataannya…

  • Nambahin share aja ya pak soal koneksi inet. Karena aku dah coba dari speedy, unlimited isat, unlimited xl, dan terakhir (smart) semar mendem di daerah saya (TSA juga pak). Untuk akses inet memang mesti jeli, apalagi kondisi sekarang operator berlomba-lomba menawarkan yang termurah dan terbaik. Awal-awal semua memang lumayan, tapi gak lama saat user sudah mulai banyak, selalu saja ada alasan ini itu, koneksi melambat, komplain gak dibetul2in. Rasanya mereka tidak pernah siap menerima kenyataan kalau orang indonesia selalu nyari yang murah dan bagus :D. Dah gitu CSnya jawabnya lucu2 lagi saat dikomplain. Halah … macam2 pokoknya. Yang penting cari paket yg flexibel, jangan yang pasca, biar sewaktu2 ada masalah bisa langsung di close. Terakhir semar di daerah TSA juga lemot minta ampun, baik pake Silver maupun platinum. Komplain dah berkali-kali tetep gak ada perubahan. Berharap suatu saat kembali normal spt dulu. Bisa melayani dengan baik dan mamuaskan.

  • sabani

    Kalau mau internet murah, cepat dan stabil, pakai aja SPEEDY. Tapi ada triknya lho. Kuncinya adalah join dengan tetangga, misalnya 1 gang/RT. Langganan aja paket Speedy yang unlimited dengan speedy sudah up to 1 Mbps, yaitu paket Familia (dulu nama paketnya Games). Hanya dengan 645 ribu sebulan, kalau kita joinan 10 orang , berarti cuma keluar duit 65 ribu. Murah kan ? Tentu harus dibarengi dengan komitment mekanisme koneksi, apakah yg dibolehkan hanya mac address yg terdaftar, atau gimana, pokoknya diatur, agar tidak ada yg curang

  • @Sabani
    Ya, tapi agak ribet. Spt misalnya bagaimana hubungannya ke sana, pakai kabel utp? Ini ada hubungannya dgn kualitas kalo jarak jauh. Kalo pake wifi, siapa yg bertanggung jwb masalah antena?

    Di kampung, kita sudah melakukan kayak gitu. Bahkan 1 RT. Jarak paling jauh dr server, sekitar 300m.

Leave a Reply

-->
%d bloggers like this: