Rahasia Rejeki (42): Antara Tukang Becak Depan RSI Surabaya

Home / Serial Tulisan / Rahasia Rezeki / Rahasia Rejeki (42): Antara Tukang Becak Depan RSI Surabaya

Tukang becak berlarian itu dalam rangka menjemput penumpang. Mereka berharap dengan menawarkan bahkan sebelum penumpang turun dari kendaraan, maka harapannya dia bisa mendapat penumpang duluan.

Oleh: Mochamad Yusuf*

Bila anda dari selatan Surabaya ke arah kota lewat jalan Ahmad Yani, pasti akan melihat peristiwa menarik. Namun anda harus lewat bawah, tidak naik jembatan tol Wonokromo. Peristiwa ini di depan RSI (Rumah Sakit Islam).

Sesaat sebelum RSI biasanya pengendara akan mengurangi kemacetan. Kebanyakan karena memang macet. Di situ juga ada perlintasan kereta api. Jadi memang harus mengurangi kecepatan, supaya bisa lancar melintasi rel.

Di dekat perlintasan kereta api itu, di sebelah kiri tampak orang-orang berdiri. Kebanyakan memakai topi, caping dan menutupi wajahnya. Mata mereka sepertinya mencari-cari sesuatu di keramaian kendaraan.

Bila ada yang dicari, mereka akan berlarian mengejarnya. Kadang berebut dengan orang lain. Lalu mereka bergelantung di pintu kendaraan, dan menewarkan sesuatu.

Ya, mereka adalah tukang-tukang becak yang menawarkan tumpangan bagi penumpang kendaraan-kendaraan umum. Kendaraan umum ini biasanya kendaraan dari luar kota; Mojokerto dan Sidoarjo. Kendaraan ini biasanya bison, bis kota hijau dan bemo kuning.

Penumpang-penumpang ini biasanya transit untuk berganti kendaraan. Atau turun memakai becak menuju tempat tujuan.

Tukang becak berlarian itu dalam rangka menjemput penumpang. Mereka berharap dengan menawarkan bahkan sebelum penumpang turun dari kendaraan, maka harapannya dia bisa mendapat penumpang duluan. Memang bila ada penumpang yang mau, maka penumpang tadi mengikuti tukang becak menuju becaknya. [TSA, 18/03/2011 subuh]

~~~
Artikel ini bagian dari buku yang saya rencanakan untuk terbit. Rencananya ada 99 artikel yang berkaitan dengan rahasia rejeki. Untuk seri 1 sampai 10, anda bisa membaca secara lengkap di sini. Setelah seri itu, tak ditampilkan secara lengkap. Namun setiap kelipatan seri 5, akan ditampilkan secara lengkap. Jadi pantau terus serial ‘Rahasia Rejeki’.

~~~
*Mochamad Yusuf adalah online analyst, pembicara publik, host radio, pengajar sekaligus praktisi TI di SAM Design. Aktif menulis dan beberapa bukunya telah terbit. Yang terbaru, “Jurus Sakti Memberangus Virus Pada Komputer, Handphone & PDA”. Anda dapat mengikuti aktivitasnya di personal websitenya atau di Facebooknya.

3 Comments

Leave a Reply

-->
%d bloggers like this: