Rahasia Rejeki (53): Ringan Tangan Ringan Rejeki

Home / Serial Tulisan / Rahasia Rezeki / Rahasia Rejeki (53): Ringan Tangan Ringan Rejeki

Ternyata teman-teman sangat hormat dan berterima kasih karena dulu dia ringan tangan. Meski itu bukan tugasnya. Maka mereka mulai mengorder. Lalu dari mulut ke mulut, bisnisnya berkembang dan maju.

Oleh: Mochamad Yusuf*

Dalam sebuah seminar, seorang motivator mengatakan untuk berani mengatakan tidak bila ada permintaan bantuan seseorang. Dengan menolak seperti ini, tidak akan menjadi beban baginya. Sehingga bisa melakukan apa yang bisa dilakukan untuk diri sendiri.

Saya mendengar nasehat seperti ini, mengangguk dan setuju. Karena memang demikian. Karena kita harus melakukan pekerjaan yang bukan untuk kita, karena membantu orang lain, maka hal untuk kita sendiri tak dikerjakan. Sehingga kita rugi sendiri.

Namun teman saya, katakanlah Budi, tidak setuju. Karena kalau kita gampang mengatakan tidak, maka itu menutup kesempatan kita untuk meraih rejeki lebih dalam. Saya yang heran dengan pendapat ini, diam saja. Tak berani menanyakan lebih dalam, karena seminar masih berlangsung.

Setelah seminar selesai, dalam mobil saya menanyakan mengapa dia punya pendapat demikian. “Hmm,… saya dulu juga punya pendapat demikian. Namun sejak adanya kejadian itu, saya mengubah sikap seperti itu.”

Dulu dia kerja di sebuah perusahaan besar. Karyawannya sekitar 1000-an orang. Kantor ini menempati tempat yang luas. Dengan berbagai gedung yang menyatu dengan kantor pusat dan terpisah. Meski semua masih dalam satu persil tanah yang sama.

Di pekerjaan ini dia bekerja sebagai akuntan. Pekerjaan yang sebenarnya relatif tak mobil. Bisa seharian di kamar. Tak perlu keluar-keluar. Keluar hanya waktu istirahat dan pulang.

Dengan pekerjaan ini dia juga jarang bergaul. Karena waktu istirahat pun dia juga makan di ruangan. Karena dia bawa bekal makanan dari rumah. Meski tak bawa bekal pun, kalau pesan tetap dimakan di ruangan. Padahal ada kantin atau ruang makan. [TSA, 20/05/2011 subuh]

~~~
Artikel ini bagian dari buku yang saya rencanakan untuk terbit. Rencananya ada 99 artikel yang berkaitan dengan rahasia rejeki. Untuk seri 1 sampai 10, anda bisa membaca secara lengkap di sini. Setelah seri itu, tak ditampilkan secara lengkap. Namun setiap kelipatan seri 5, akan ditampilkan secara lengkap. Jadi pantau terus serial ‘Rahasia Rejeki’.

~~~
*Mochamad Yusuf adalah online analyst, pembicara publik, host radio, pengajar sekaligus praktisi TI di SAM Design. Aktif menulis dan beberapa bukunya telah terbit. Yang terbaru, “Jurus Sakti Memberangus Virus Pada Komputer, Handphone & PDA”. Anda dapat mengikuti aktivitasnya di personal websitenya atau di Facebooknya.

One Comment

Leave a Reply

-->
%d bloggers like this: